Comscore Tracker

5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage 

Jangan sampai boncos!

Jakarta, IDN Times - Menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan ternyata gampang-gampang susah, loh. Bagaimana tidak, beban finansial jadi cukup berat karena ada dua pengeluaran rumah tangga. Oleh sebab itu, perlu perencanaan keuangan yang baik agar cash flow tidak kocar-kacir.

Apa saja yang perlu diperhatikan? Ini dia financial checklist dari CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie.

1. Hitung pengeluaran bulanan untuk mengatur cash flow

5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage pexels.com/Piotr Adamovics

Karena berjauhan, otomatis pengeluaran pun jadi dobel, misalnya gas, listrik, transportasi, dan lain-lain. Oleh sebab itu penting sekali untuk menghitung kebutuhan rumah tangga untuk dua pengeluaran. Dengan masing-masing suami-istri mengetahui akan pengeluaran ini, maka perhitungan cash flow bulanan bisa lebih terukur.

Baca Juga: Cara Atur Keuangan Generasi Sandwich supaya Goals Tetap Tercapai

2. Dana darurat wajib dimiliki

5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage Ilustrasi uang. IDN Times/Ita Malau

Dilansir dari laman pritaghozie.com, dana darurat dan asuransi wajib dimiliki lho. Sebab, keabsenan satu sama lain sebagai pasangan oleh sebab jarak dan waktu dapat diperbantukan dengan dana darurat untuk hal-hal tidak terduga.

Dana darurat di sini juga bisa membantu apabila dengan alasan satu dan lain hal, pendapatan atau income terputus sementara atau tidak mencukupi, maka dana darurat ini bisa dipergunakan untuk keadaan darurat yang membutuhkan dana segera.

3. Tentukan besaran pengeluaran bulanan rutin

5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage Ilustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Pengaturan cash flow dan pengeluaran rutin menjadi lebih ketat. Oleh sebab itu, perhitungkan dengan baik segala pengeluaran agar tidak mudah habis dikarenakan salah perhitungan. Tentukan sejak awal dan buatlah pos-pos keuangan agar kebutuhan dana untuk pengeluaran tertentu bisa terkontrol.

4. Lakukan investasi

5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Lakukanlah investasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengeluaran rutin apa pun, dan bukan sebaliknya. Dengan berinvestasi, walau sekecil apa pun, dana simpanan ini akan terus berkembang. Selain itu, investasi bisa memberikan imbal balik yang baik sehingga akan banyak tujuan keuangan yang bisa tercapai lebih awal.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan bagi Pasangan Muda yang Nantikan Buah Hati

5. Budgetkan khusus untuk biaya pulang dan bertemu keluarga

5 Cara Atur Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage Ilustrasi Long Distance Relationship (IDN Times/Mardya Shakti)

Karena menjalani long distance marriage, jadwal pulang harus benar-benar diperhitungkan. Sebab, ini menyangkut biaya tiket transportasi yang mungkin besar.

Manfaatkanlah tiket promo atau tiket diskon, pesanlah jauh-jauh hari. Karena sebenarnya jadwal pulang ini terjadwalkan, maka pengeluaran untuk tiket seperti ini bisa dicicil dengan menabung atau berinvestasi secara berkala sampai mendapatkan jumlah tertentu yang bisa dipergunakan untuk tiket pulang-pergi.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atur Keuangan Agar Kamu Bisa Liburan setelah Pandemik

Topic:

  • Indiana Malia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya