Comscore Tracker

3 Tips Mengelola Finansial agar Ibadah Haji Gak Sekadar Lagi Mimpi

Pilih paket haji, dana pendaftaran, dan instrumen investasi

Jakarta, IDN Times - Beribadah haji merupakan salah satu rukun Islam. Untuk menunaikan ibadah tersebut, tentu dibutuhkan persiapan finansial yang matang. Meskipun dana ibadah haji terhitung besar, bukan tidak mungkin kamu bisa mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci lho.

Berikut tiga tips perencanaan dana haji dari CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie.

1. Tentukan jenis paket haji

3 Tips Mengelola Finansial agar Ibadah Haji Gak Sekadar Lagi MimpiSuasana Masjidil Haram, Makkah di musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Saat ini, kita dapat memilih untuk mendaftar paket haji reguler dan haji khusus. Kedua jenis paket ini tetap menggunakan kuota dari pemerintah.

Perbedaannya, terletak pada fasilitas jemaah haji selama di tanah suci, dan tentu saja konsekuensi ada pada biaya. Sesuaikan paket haji dengan kemampuan finansialmu, ya!

Baca Juga: 6 Tips Jitu Kelola Keuangan bagi Freelancer

2. Persiapkan dana pendaftaran haji

3 Tips Mengelola Finansial agar Ibadah Haji Gak Sekadar Lagi MimpiIDN Times/Uni Lubis

Hal terpenting sebetulnya adalah mendapatkan nomor porsi kuota haji. Jadi, target utama kita adalah mengumpulkan dana Rp25 juta untuk haji reguler, dan US$ 4000 untuk haji khusus.

Jadi, target pertama adalah segera mengumpulkan uang Rp25 juta untuk mendaftar haji agar dapat kuota. Nah, sisa biaya bisa dibayar sembari menunggu pemanggilan haji.

Baca Juga: Panduan Mengelola Keuangan dalam Bisnis Kamu

3. Kelola dana untuk pelunasan

3 Tips Mengelola Finansial agar Ibadah Haji Gak Sekadar Lagi MimpiIDN Times/Uni Lubis

Setelah mendapatkan nomor kuota, kamu akan mengetahui estimasi tahun keberangkatan. Jika masih di atas lima tahun, investasi adalah jalan terbaik. Kamu bisa gunakan emas atau pun reksa dana campuran syariah sebagai sarana berinvestasi.

Apabila kamu memilih haji khusus, Prita menyarankan, untuk menyimpan dana dalam mata uang USD agar fluktuasi nilai tukar tidak terlalu memengaruhi kebutuhan biaya haji kamu.

Nah, kalau kamu mau menghitung simulasi berapa sih yang harus ditabung setiap bulan untuk bisa mulai mendaftar, bisa coba kalkulatornya di situs zapfinance.co.id.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Finansial sebelum Kamu Beli Mobil

Topic:

  • Indiana Malia
  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya