Comscore Tracker

Investor Jauhi Aset Berisiko, Rupiah Melemah di Level Rp14.605 

Mata uang rupiah besok kemungkinan dibuka berfluktuasi

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah 10 poin. Mengutip data Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.605. Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi.

"Namun ditutup melemah di rentang Rp14.590-Rp14.630," ujar Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Rupiah Melemah di Level Rp14.612 pada Selasa Pagi 

1. Investor menjauh dari aset berisiko

Investor Jauhi Aset Berisiko, Rupiah Melemah di Level Rp14.605 Ilustrasi Dollar (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Menurut Ibrahim, meningkatnya harapan pemulihan ekonomi yang cepat dari COVID-19 berdampak terhadap imbal hasil treasury. Hal itu membuat investor menjauh dari aset beresiko.

"Imbal hasil obligasi tetap sedikit lebih tinggi setelah lelang obligasi tenor 3 dan 10 tahun pada hari Selasa menarik permintaan yang layak. Obligasi 30 tahun akan dilelang di kemudian hari," jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, data inflasi AS yang sangat diantisipasi dan komentar dari Federal Reserve AS berfungsi untuk meningkatkan harapan pemulihan lebih tinggi.

2. Penurunan kasus positif COVID-19 menenangkan pasar

Investor Jauhi Aset Berisiko, Rupiah Melemah di Level Rp14.605 Ilustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Faktor internal, lanjut Ibrahim, penurunan kasus positif COVID-19 dalam beberapa minggu terakhir semakin menenangkan pasar. PPKM Skala Mikro menjadi landasan penurunan COVID-19. 

"Apalagi lebaran bulan depan masyarakat tidak bisa pulang kampung atau mudik. Apa yang dilakukan oleh pemerintah merupakan strategi guna menahan laju COVID-19 di saat mendekati lebaran," kata Ibrahim.

Baca Juga: Hari Keuangan Nasional, Sejarah Lahirnya Mata Uang Indonesia

3. Rupiah melemah 30 poin pada perdagangan kemarin

Investor Jauhi Aset Berisiko, Rupiah Melemah di Level Rp14.605 Ilustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Pada akhir perdagangan kemarin, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah 30 poin atau 0,21 persen. Dilansir dari Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.595.

Sementara, pagi tadi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah 20 poin. Mengutip data Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.612 atau melemah 0,12 persen.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Habiskan Uang untuk Hal yang Gak Penting

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya