Comscore Tracker

Masih Loyo, Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp14.290

Kurs rupiah penutupan sama dengan pembukaan perdagangan pagi

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah 18 poin. Mengutip Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.290 atau melemah 0,12 persen. Kurs rupiah tersebut sama dengan pembukaan perdagangan pagi ini.

Sementara, data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menyebut kurs rupiah hari berada di level Rp14.313.

Baca Juga: Pasar Hindari Aset Berisiko, Rupiah Melemah di Level Rp14.290

1. Pasar masih menghindari aset berisiko

Masih Loyo, Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp14.290Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Pengamat Pasar Keuangan Ariston Tjendra mengatakan pelaku pasar tampak menghindari aset berisiko. Hal itu terlihat dari pelemahan indeks saham Asia yang mengikuti pelemahan indeks saham AS. Faktor tersebut menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini.

"Kekhawatiran pasar terhadap kenaikan inflasi di AS dapat menjadi pemicu aksi hindar risiko. Tapi, di sisi lain indeks dolar AS masih terlihat lemah," kata Ariston kepada IDN Times.

2. Kebijakan Bank Sentral AS tidak mengubah kebijakan pelonggaran moneter

Masih Loyo, Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp14.290Ilustrasi dolar AS ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Selain itu, pasar masih menganggap Bank Sentral AS tidak akan mengubah kebijakan pelonggaran moneternya dalam waktu dekat. Sebab, data tenaga kerja AS belum menunjukkan pemulihan seperti sebelum pandemik. Hal ini bisa menahan pelemahan rupiah tidak dalam.

Menurut dia, pelaku pasar menantikan notulen rapat kebijakan moneter AS yang akan dirilis dini hari nanti. "Pasar masih ingin mengonfirmasi sikap bank sentral terhadap kenaikan laju inflasi di AS saat ini, apakah ada sinyal pengetatan moneter atau tidak," katanya.

Baca Juga: Wah, Perusahaan Milik Miliarder Hong Kong Fokus Investasi di Indonesia

3. Kurs rupiah menguat 10 poin pada perdagangan kemarin

Masih Loyo, Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp14.290Ilustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Pada perdagangan Selasa kemarin, nilai tukar rupiah menguat 10 poin atau 0,07 persen ke level Rp14.272 per dolar Amerika Serikat (AS). Pada penutupan hari sebelumnya, rupiah berada di level Rp14.282 per dolar AS, sementara pada pembukaan pagi ini rupiah berada di level Rp14.300 per dolar AS.

Baca Juga: Apa Kabar Pasar Bunga Rawa Belong selama Ramadan Kedua saat Pandemik?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya