Comscore Tracker

Mau Belajar Investasi Saham Gratis? Ini Cara Ikut Sekolah Pasar Modal

Sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya!

Jakarta, IDN Times - Berinvestasi di instrumen saham ternyata gak bisa sembarangan lho. Kamu harus belajar mulai hal-hal yang paling mendasar. Dengan begitu, kamu bisa membeli saham sesuai tujuan keuangan, bukan sekadar ikut-ikutan.

Kalau kamu bingung harus mulai dari mana, jangan khawatir guys. Selain banyak membaca terkait investasi, kamu juga bisa belajar lewat sekolah pasar modal. Berikut langkah-langkahnya.

Baca Juga: 5 Tips Penting Investasi Saham untuk Para Pemula, Seperti Apa?

1. Lakukan pendaftaran di website sekolah pasar modal

Mau Belajar Investasi Saham Gratis? Ini Cara Ikut Sekolah Pasar ModalIlustrasi saham (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sekolah pasar modal dibagi dalam 3 level. Kalau kamu masih pemula banget, pilih level 1. Lakukan pendaftaran melalui http://sekolahpasarmodal.idx.co.id dengan mengisi data secara benar dan lengkap.

Untuk mendapatkan bukti pendaftaran, kamu harus melakukan konfirmasi pendaftaran dengan cara mengakses tautan konfirmasi yang terdapat dalam email jawaban yang dikirim kepada alamat email yang digunakan untuk pendaftaran. Simpan dalam bentuk file pdf atau cetak bukti pendaftaran.

2. Lengkapi dokumen saat hari H pelaksanaan sekolah pasar modal

Mau Belajar Investasi Saham Gratis? Ini Cara Ikut Sekolah Pasar ModalIlustrasi saham (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Pastikan kamu membawa dan menunjukkan dokumen bukti pendaftaran, bukti transfer, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto kopi buku tabungan pribadi yang berlaku untuk melakukan registrasi ulang pada saat hari pelaksanaan. Tetapi karena sekarang masih pandemik COVID-19, pelaksanaan SPM dilakukan secara daring.

Baca Juga: 5 Hal tentang Investasi Syariah yang Perlu Diketahui Investor Pemula

3. Tunjukkan bukti kepesertaan investor efek kalau kamu mendaftar di level 2

Mau Belajar Investasi Saham Gratis? Ini Cara Ikut Sekolah Pasar ModalKaryawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Khusus untuk peserta level 2, tunjukkan kartu AKSES atau dokumen lainnya yang dapat membuktikan bahwa peserta adalah seorang investor Efek. Jika nomor KTP dalam bukti pendaftaran berbeda dengan dokumen KTP yang dibawa dan ditunjukkan pada saat registrasi ulang, BEI berhak membatalkan keikutsertaan peserta.

Selain itu, kamu hanya dapat melakukan satu kali pendaftaran untuk program, level dan kota yang sama dalam satu tahun periode pelaksanaan sekolah pasar modal.

Baca Juga: Mengenal RDN, Rekening Wajib Para Investor Saham

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya