Comscore Tracker

Mau Melek Pasar Modal? Ini Aplikasi Belajar Saham buat Investor Pemula

Mudah digunakan oleh investor pemula hingga berpengalaman

Jakarta, IDN Times - Ada bermacam-macam cara belajar bagi mereka yang baru mulai berinventasi. Salah satunya melalui platform e-learning pasar modal pertama di Indonesia yang diluncurkan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Platform yang diberi nama Trimegah E-Learning (TELL) tersebut diklaim dapat memudahkan investor dan calon investor mempelajari pasar modal.

"Platform ini mempertegas komitmen Trimegah untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap pasar modal," kata Direktur Utama Trimegah, Stephanus Turangan di Jakarta, Rabu (30/10).

1. Indeks literasi pasar modal masih terendah secara sektoral

Mau Melek Pasar Modal? Ini Aplikasi Belajar Saham buat Investor PemulaDok.IDN Times

Stephanus mengatakan, Indeks Literasi Pasar Modal memang mengalami peningkatan. Namun, secara sektoral, Pasar Modal mencatat Indeks Literasi yang terendah dibandingkan dengan sektor-sektor keuangan lainnya.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016 menunjukkan Indeks Literasi Pasar Modal mencapai 4,40 persen. Hal itu jauh di bawah Indeks Literasi Keuangan secara keseluruhan yang mencapai 29,66 persen.

“Pemahaman mengenai pasar modal dapat secara signifikan ditingkatkan melalui perluasan akses terhadap informasi. Digitalisasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup saat ini. Sebagai pelaku industri, kami terus berinovasi dalam edukasi literasi pasar modal kepada masyarakat dengan membangun capital market e-learning platform ini," kata Stephanus.

Baca Juga: Berinvestasi Lebih Mudah dengan Aplikasi Bibit, Pas Buat Pemula! 

2. Platform TELL mudah digunakan oleh investor pemula hingga berpengalaman

Mau Melek Pasar Modal? Ini Aplikasi Belajar Saham buat Investor PemulaANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dia melanjutkan, TELL hadir untuk memberikan platform pembelajaran yang mudah, terstruktur dan menyeluruh, terlepas dari batasan geografis dan waktu. Platform TELL didesain untuk dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, baik oleh investor pemula maupun investor yang berpengalaman, mulai dari Gen X sampai millennial.

"Melalui strategi ini, kami berharap dapat mendorong minat para calon investor, terutama millennial melek teknologi, untuk lebih memahami dan mengetahui seluk beluk pasar modal dan produk-produk investasi di pasar modal. Upaya ini juga turut mendukung perusahaan publik menyampaikan informasi mengenai bisnis dan strateginya kepada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas”, tambahnya.

3. TELL menghadirkan pembelajaran lewat streaming video

Mau Melek Pasar Modal? Ini Aplikasi Belajar Saham buat Investor PemulaANTARA FOTO/Reno Esnir

TELL menghadirkan pembelajaran terstruktur melalui 6 kategori yang dimiliki, yaitu Basic Learning, Technical Analysis, Investment Ideas, Company Visit, Inspiration, dan Company Profile. Selain itu, TELL juga menawarkan kemudahan dan kenyamanan belajar melalui streaming video. Pengguna dapat mengakses berbagai materi terkait pasar modal, serta ragam informasi terkait perusahaan terbuka dan manager investasi di Indonesia.

"Saat ini, TELL tersedia dalam versi desktop. Dalam waktu dekat, platform e-learning ini akan tersedia pula di aplikasi ponsel," ujarnya.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Millennial Harus Berinvestasi dalam Bentuk Emas

Topic:

  • Indiana Malia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya