Comscore Tracker

Menguat Tipis, Rupiah Ditutup di Level Rp14.085

Sinyal positif data eksternal kurang didukung data internal

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar (kurs) rupiah ditutup menguat tipis 8 poin atau 0,05 persen terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data Bloomberg, Rabu (24/2/2021) nilai tukar rupiah berada di level Rp14.085 per dolar AS. Pada penutupan sebelumnya, rupiah berada di level Rp14.093 per dolar AS.

"Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi. Namun, ditutup menguat di rentang Rp14.050 - Rp14.100," ungkap analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Vaksinasi Global Bikin Optimistis, Rupiah Menguat di Level Rp14.073

1. Bank sentral berkomitmen menurunkan suku bunga

Menguat Tipis, Rupiah Ditutup di Level Rp14.085jerome Powell (Website/https://knowledge.wharton.upenn.edu/)

Faktor eksternal, kata Ibrahim, Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menegaskan kembali komitmen bank sentral untuk suku bunga rendah dan pembelian obligasi untuk mendukung pemulihan ekonomi AS. Namun, dukungan Fed bisa menjadi faktor negatif jangka panjang bagi greenback.

"Powell juga menepis kekhawatiran bahwa kebijakan moneter yang longgar dapat menyebabkan inflasi dan gelembung keuangan yang telah mendominasi 2021 sejauh skeptisisme tumbuh atas reli saham global," ungkapnya.

2. Penguatan mata uang garuda tertahan

Menguat Tipis, Rupiah Ditutup di Level Rp14.085ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara, faktor internal dipengaruhi oleh keputusan Bank Indonesia untuk kembali menurunkan suku bunga acuan. Namun, penurunan suku bunga BI tidak dibarengi dengan penurunan suku bunga kredit perbankan. Alhasil, apa yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam menurunkan suku bunga tidak berjalan sesuai dengan regulasi yang diinginkan oleh gubernur BI.

"Sinyal positif data eksternal kurang didukung dengan data Internal. Ini yang mengakibatkan penguatan mata uang garuda tertahan," ujarnya.

Baca Juga: BI Sudah Turunkan Suku Bunga, Kapan Bank Turunkan KPR?

3. Nilai tukar rupiah menguat 20 poin pagi tadi

Menguat Tipis, Rupiah Ditutup di Level Rp14.085ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pagi tadi, kurs rupiah dibuka menguat 20 poin atau 0,14 persen terhadap dolar AS Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah berada di level Rp14.073 per dolar AS. Menurut Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, rencana stimulus fiskal besar AS yang akan dirilis di pertengahan Maret membantu penguatan nilai tukar terhadap dolar AS.

"Kemudian, tren penurunan kasus baru COVID-19 dan kemajuan program vaksinasi di dunia maupun di Indonesia juga meningkatkan optimisme pasar," ungkap Ariston.

Baca Juga: Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan, Jadi 3,5 Persen

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya