Comscore Tracker

Rupiah Menguat Tipis di Level Rp14.602 

Kurs rupiah besok kemungkinan dibuka berfluktuasi

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup menguat tipis 2 poin. Dilansir dari Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.602 atau menguat 0,02 persen. Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi.

"Namun ditutup melemah di rentang Rp14.590-Rp14.635," ujar Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Hari Kedua Ramadan, Rupiah Melemah di Level Rp14.615

1. Perkembangan peta zona risiko COVID-19 jadi sentimen

Rupiah Menguat Tipis di Level Rp14.602 Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut Ibrahim, salah satu sentimen adalah perkembangan peta zonasi risiko COVID-19. Kenaikan jumlah daerah zona merah terjadi dalam 2 minggu berturut-turut. Sementara, zona oranye terlihat meningkat pada minggu ini.

"Peningkatan ini terjadi karena daerah zona oranye berpindah ke zona merah, sementara daerah zona kuning berpindah ke zona oranye," katanya.

2. Penanganan COVID-19 bergantung pada perilaku masyarakat

Rupiah Menguat Tipis di Level Rp14.602 Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Ibrahim mengatakan, perkembangan penanganan COVID-19 di Indonesia bergantung pada perilaku masyarakat dalam menerapkan perubahan perilaku. Perkembangan penanganan COVID-19 bersifat dinamis, sehingga diperlukan kerja sama dua belah pihak.

"Secara prinsip, perkembangan positif dalam penanganan harus diikuti dengan upaya pengendalian yang konsisten terhadap pandemik COVID-19. Dengan upaya mengetatkan disiplin protokol kesehatan dan mengeluarkan kebijakan yang mengantisipasi, dan menghadapi perkembangan negatif dengan mengevaluasi program perubahan perilaku serta kebijakan yang diterapkan," kata dia.

Baca Juga: MUI Tegaskan Vaksinasi Tidak Batalkan Puasa Ramadan

3. Rupiah melemah 10 poin pada perdagangan pagi tadi

Rupiah Menguat Tipis di Level Rp14.602 Ilustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Pagi tadi, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah 10 poin. Mengutip data Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.615 atau melemah 0,07 persen.

Sementara, pada perdagangan kemarin, rupiah ditutup melemah 10 poin. Mengutip data Bloomberg, rupiah berada di level Rp14.605.

Baca Juga: Kenali 8 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya