Comscore Tracker

Terbitkan Dua Obligasi, CIMB Niaga Tawarkan Kupon Hingga 8,6 Persen 

Pencatatan di Bursa Efek Indonesia dijadwalkan 20 Desember

Jakarta, IDN Times - PT CIMB Niaga menerbitkan dua obligasi kepada masyarakat, yaitu Obligasi Berkelanjutan III Tahap I dan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan I Tahap I.

Nominal penawaran umum Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Tahun 2019 minimal sebesar Rp1 triliun. Penerbitan obligasi tersebut merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan III Bank CIMB Niaga dengan target dana sebesar Rp6 triliun.

"Dana yang diperoleh seluruhnya akan digunakan untuk meningkatkan pendanaan dalam mendukung pertumbuhan kredit CIMB Niaga. Obligasi tersebut ditawarkan dengan tenor 370 hari, 2 tahun, 3 tahun dan 5 tahun," ungkap Direktur Strategy and Finance CIMB Niaga, Lee Kai Kwong di Jakarta, Senin (18/11).

1. Obligasi subordinasi diterbitkan minimal Rp100 miliar

Terbitkan Dua Obligasi, CIMB Niaga Tawarkan Kupon Hingga 8,6 Persen Public Expose Bank CIMB Niaga (IDN Times/Indiana Malia)

Kwong menjelaskan, penawaran umum Obligasi Subordinasi Berkelanjutan I Tahap I diterbitkan minimal Rp100 miliar. Menurut dia, penerbitan obligasi ini merupakan strategi perseroan untuk memperpanjang tenor pendanaan 5 sampai 7 tahun dalam rangka mendukung pertumbuhan kredit. Selain itu, inisiatif ini juga dilakukan untuk memenuhi POJK Nomor 14/POJK.03/2017 terkait Rencana Aksi (Recovery Plan) guna menjaga ketahanan permodalan.

“Kami berharap obligasi tersebut menarik minat para investor dan akan mendorong pertumbuhan positif bisnis CIMB Niaga ke depan,” kata Lee Kai Kwong.

Baca Juga: Presdir CIMB Niaga: Kenaikan Transaksi Go-Mobile Hampir 100 Persen

2. CIMB Niaga menawarkan kupon hingga 8,6 persen

Terbitkan Dua Obligasi, CIMB Niaga Tawarkan Kupon Hingga 8,6 Persen Ilustrasi. (IDN Times/Mela Hapsari)

Untuk obligasi berlanjutan III, CIMB Niaga menawarkan kupon 6-6,75 persen bagi investor di Seri A dengan tenor 370 hari. Sementara, kupon bagi pemegang Seri B yang bertenor 2 tahun adalah 6,50-7,25 persen.

Pemegang obligasi seri C mendapatkan tawaran kupon 7-7,75 persen. Sementara, pemegang obligasi tenor terpanjang atau 5 tahun akan mendapat kupon antara 7,40-8,15 persen.

"Bagi investor di obligasi subordinasi, besaran kupon yang ditawarkan 7,75 persen-8,50 persen untuk jangka 5 tahun dan 7,85 persen-8,60 persen di seri B dengan jangka waktu 7 tahun," jelasnya.

3. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia dijadwalkan 20 Desember 2019

Terbitkan Dua Obligasi, CIMB Niaga Tawarkan Kupon Hingga 8,6 Persen ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

CIMB Niaga menunjuk empat perusahaan sebagai penjamin emisi dalam penerbitan Obligasi dan Obligasi Subordinasi ini. Keempat perusahaan tersebut yaitu PT BCA Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas. Bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Permata.

Perseroan menjadwalkan masa bookbuilding Obligasi dan Obligasi Subordinasi tersebut pada 18–29 November 2019 dan penjatahan pada 17 Desember 2019. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada 20 Desember 2019.   

 

Baca Juga: Kinerja Kian Kinclong, Laba Bersih CIMB Niaga Rp2,68 Triliun 

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You