Comscore Tracker

Tutup 10 Cabang, Ini Cara Artha Graha Lakukan Efisiensi

AGI akan bekerja sama dengan fintech

Jakarta, IDN Times - PT. Bank Artha Graha Internasional Tbk (AGI) menutup 10 cabang pada 2019 lantaran sepinya transaksi nasabah. Direktur PT Bank Artha Graha Internasional Tbk. Anas Latief mengatakan, pihaknya memusatkan transaksi di cabang tertentu.

"Tapi semua lengkap di satu tempat karena kami harap lebih banyak nasabah bertransaksi digital," ungkap Anas di Jakarta, Kamis (10/10).

1. Bank Artha Graha melakukan efisiensi karyawan

Tutup 10 Cabang, Ini Cara Artha Graha Lakukan EfisiensiIDN Times/Indiana Malia

Anas mengatakan, AGI hingga saat ini masih terus melakukan evaluasi. Efisiensi karyawan juga dilakukan, namun bukan berarti dirumahkan.

"Maksudnya mengurangi (karyawan) seperti itu, tapi targetnya itu bisa kami switch ke depan. Jadi targetnya orang yang tadinya kerja di belakang, sekarang kami switch untuk jadi marketing. Sehingga kami bisa masuk penetrasi pasar lebih luas, terutama ke millennial," tuturnya.

2. Bank Artha Graha akan menutup 10 cabang pada 2020

Tutup 10 Cabang, Ini Cara Artha Graha Lakukan EfisiensiIDN Times/Indiana Malia

AGI saat ini berjumlah 95 kantor. Pada 2020, kata Anas, kurang lebih 10 cabang juga akan ditutup. Menurut dia, efisiensi dilakukan dari sisi operasional. Semua karyawan back office akan dipindahkan ke front office. Lantaran digeser ke marketing, biaya operasional untuk pengembangan teknologi pun diakuinya meningkat.

"Iya mau tidak mau (biaya meningkat), itu tidak bisa dihindari," katanya.

3. AGI menyasar nasabah millennial dan karyawan perusahaan

Tutup 10 Cabang, Ini Cara Artha Graha Lakukan EfisiensiIDN Times/Indiana Malia

Selain menyasar nasabah millennial, AGI juga menargetkan karyawan. Misalnya, dalam hal penggajian, AGI akan bekerja sama dengan perusahaan.

"Jadi kalau mereka bayar gaji ke karyawan bisa melalui internet banking, tak perlu ke satu-satu karyawan. Kalau untuk melayani sistem penggajian karyawan saja itu sudah sangat mudah," kata Anas.

4. AGI akan bekerja sama dengan fintech

Tutup 10 Cabang, Ini Cara Artha Graha Lakukan EfisiensiIDN Times/Indiana Malia

Menghadapi gempuran e-wallet, AGI berencana untuk bekerja sama dengan fintech terkait penyaluran pembiayaan. Hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan sistem.

"Sudah dan ada yang baru mau berjalan, kembangkan sistem, beberapa sudah tanda tangan kesepakatan," kata Anas.

Baca Juga: Buka Cabang Berkonsep Kafe, Bank Artha Graha Targetkan 50 Ribu Nasabah

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You