Saldo Nasabah Kacau Balau, EconAc: Bank Mandiri Bisa Disanksi

Bank Mandiri bisa ditinggal nasabah?

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia (EconAc) Ronny P Sasmita mengatakan jika kejadian yang dialami bank Mandiri kemarin cukup mengkhawatirkan untuk dunia perbankan di Indonesia.

“Bank terbesar di negeri ini, ternyata bisa mengalami ganguan seperti itu. Bahkan dari pemberitaan yang beredar, banyak nasabah yang mengadukan pengurangan saldo,” kata Ronny kepada IDN Times, Minggu (21/7).

Layanan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengalami eror atau gangguan teknis pada Sabtu (20/7). Gangguan ini membuat sejumlah nasabahnya panik. Pasalnya, ada nasabah yang saldo di rekening mereka mendadak bertambah hingga puluhan juta rupiah. Ada pula nasabah yang saldo di dalam rekeningnya raib tak bersisa.

Baca Juga: Punya Anggaran Besar untuk IT, Kenapa Sistem Bank Mandiri Masih Eror?

1. Kejadian serupa bisa menimpa bank kecil

Saldo Nasabah Kacau Balau, EconAc: Bank Mandiri Bisa DisanksiANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Gangguan teknis yang menyebabkan kekacauan pada saldo rekening nasabah Mandiri, dinilainya merupakan hal yang fatal bagi sebuah bank BUMN sekelas Mandiri. “Kalau bank terbesar saja bisa demikian, bagaimana dengan bank lain yang lebih kecil dibanding Mandiri,” kata Rony yang berpendapat hal serupa sangat mungkin dialami bank kecil.

2. Bank Mandiri harus menjelaskan duduk perkaranya agar tidak ditinggal nasabah

Saldo Nasabah Kacau Balau, EconAc: Bank Mandiri Bisa DisanksiANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Melihat hal itu, besar kemungkinan nasabah “kabur” dari Bank Mandiri karena kecewa. Pihak Mandiri menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena ada masalah dalam saat proses pemeliharaan sistem. Ronny menyarankan Bank Mandiri bisa menjelaskan duduk perkaranya untuk dapat dipercaya kembali oleh nasabahnya.

“Mandiri harus menjelaskan kepada publik duduk perkaranya. Dan melakukan aksi pengembalian kepercayaan publik dengan mengganti semua jenis kerugian nasabah akibat kejadian itu,” ujar Ronny.

3. Bank Mandiri bisa disanksi

Saldo Nasabah Kacau Balau, EconAc: Bank Mandiri Bisa Disanksi(Keterangan informasi di papan mesin ATM Mandiri di area Bekasi Timur) IDN Times/Hana Adi

Meski, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas telah menjelaskan masalah yang terjadi karena eror dalam sistem perpindahan data bank pelat merah tersebut, namun menurut Ronny bank Mandiri bisa disanksi oleh instansi terkait jika terbukti melanggar hukum.

“Tapi jika ada celah pelanggaran hukum, saya pikir Bank Mandiri juga layak disanksi. Apakah oleh BI, OJK, atau lembaga otoritatif terkait,” ujarnya.

Baca Juga: Panik Saldo Mandiri Rp0, Nasabah Bersitegang dengan Customer Service

4. Sanksi berupa denda

Saldo Nasabah Kacau Balau, EconAc: Bank Mandiri Bisa DisanksiIDN Times/Feny Maulia Agustin

Sebagaimana logika bisnis, kata Rony, tentu jika ada unsur merugikan konsumen, perlu ada sanksi. Sanksi itu bisa berupa denda secara korporasi atau denda untuk diberikan kepada nasabah yang dirugikan.

“Saya pikir juga diperlukan, agar ke depan semua perbankan di sini aware dengan kejadian kemarin,” pungkasnya.

Baca Juga: Gangguan Sistem Bank Mandiri, OJK: Itu Hal yang Biasa

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You