Comscore Tracker

Aktiva Tetap: Pengertian dan Jenisnya

Apa itu aktiva tetap?

Seringkali orang bertanya-tanya tentang apa itu aktiva tetap? Mungkin kamu adalah salah satu orang yang juga memiliki pertanyaan yang serupa. Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang digunakan dalam operasi perusahaan.

Aktiva ini dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai ataupun dibangun lebih dahulu. Selain itu, aktiva tetap tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan. Pastinya memiliki masa manfaat kurang lebih satu tahun.

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu aktiva tetap, kamu juga perlu mengetahui jenis aset atau jenis aktiva tetap. Berikut ini beberapa info tentang aktiva tetap.

1. Aktiva tetap dalam bentuk tanah

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaIlustrasi Kaya Raya. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jenis aktiva tetap yang pertama adalah aset dalam bentuk tanah. Ada beberapa aset dalam bentuk tanah yang termasuk apa itu aktiva tetap. Seperti tanah untuk parkir, halaman, lapangan, gedung ataupun tanah yang memiliki kegunaan untuk suatu instansi atau perusahaan.

2. Aktiva tetap dalam bentuk bangunan

Aktiva Tetap: Pengertian dan Jenisnya(IDN Times/Aditya Pratama)

Sedangkan jenis kedua aktiva tetap yaitu dalam bentuk bangunan. Seperti bangunan yang dapat berfungsi sebagai tempat strategis dan operasional perusahaan untuk menjalankan usaha. Seperti bangunan toko, pabrik, kantor, toko dan lain sebagainya.

3. Aktiva tetap dalam bentuk mesin

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaIDN Times/Helmi Shemi

Jenis aktiva tetap selanjutnya yaitu dalam bentuk mesin. Mesin termasuk salah satu peralatan penting yang bersangkutan dengan usaha ataupun diri pengusaha. Mesin termasuk aktiva tetap yang bisa menunjang proses pekerjaan kamu agar produktivitas usaha di instansi atau perusahaan kamu baik. Contoh mesin ini seperti printer, fotocopy, dan lain sebagainya.

4. Aktiva tetap dalam bentuk bendaraan pihak perusahaan

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaIlustrasi mobil (IDN Times/Umi Kalsum)

Kendaraan yang dimiliki pihak perusahaan merupakan salah satu jenis aktiva tetap. Kendaraan pihak perusahaan pada umumnya berupa mobil, motor dan truk. Yang nantinya akan bermanfaat sebagai fasilitas penting untuk transportasi perusahaan.

5. Aktiva tetap dalam bentuk barang-barang peralatan

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaUnsplash/Andrew Neel

Jenis aktiva tetap yang lain yang memiliki manfaat jangka waktu panjang atau kurang lebih satu tahun adalah barang-barang peralatan yang ada di instansi atau perusahaan. Barang-barang peralatan ini pada umumnya berupa kursi, meja, AC, laptop atau komputer dan juga beberapa furniture lainnya.

6. Aktiva tetap dalam bentuk inventaris

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaFreepik

Selain itu juga terdapat inventaris yang menjadi salah satu jenis apa itu aktiva tetap. Peralatan inventaris ini bisa berupa alat-alat besar dan memiliki peranan penting untuk berlangsungnya kegiatan usaha di perusahaan atau instansi tersebut. Contoh inventaris jenis aktiva tetap adalah inventaris pabrik, inventaris kantor, inventaris laboratorium, inventaris gudang dan lain sebagainya.

7. Aktiva tetap dalam bentuk prasarana

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaIDN Times/Surya Aditya

Aktiva tetap yang terakhir pada ulasan ini adalah dalam bentuk prasarana. Pada umumnya, sebuah instansi atau perusahaan akan membuat klasifikasi khusus untuk membuat prasarana. Contoh prasarana yang mudah diketahui oleh umum adalah jembatan, jalan, roil, pagar dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan ataupun jalan yang perusahaan tempuh untuk memperoleh apa itu aktiva tetap.

8. Melakukan pembelian secara tunai

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaPexels/Rawpixel

Suatu Perusahaan dapat melakukan pembelian aset ataupun apa itu aktiva tetap dari pihak instansi atau perusahaan lain. Dengan catatan pembukuan sesuai dengan jumlah besar uang ataupun dana yang akan dipakai. Jumlah besar uang yang dipakai sudah termasuk semua biaya yang pihak tersebut butuhkan selama pembangunan aktiva tetap sampai dengan selesai.

9. Melakukan pembelian secara angsuran

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaIlustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada cara memperoleh aset jenis aktiva tetap yang kedua ini, kamu bisa melakukan pembelian secara angsuran atau dicicil. Dengan catatan mengecualikan biaya bunga dan laba atau perolehan dari aktiva tetap tersebut.

10. Melakukan pertukaran barang atau barter dengan jenis aktiva tetap yang lain

Aktiva Tetap: Pengertian dan Jenisnya

Cara memperoleh aktiva tetap yang selanjutnya adalah dengan cara melakukan pertukaran barang atau barter. Jika barang pertukaran tersebut nilai atau harganya ada yang kurang, kekurangan tersebut bisa dibayarkan menggunakan pembayaran secara tunai.

11. Melakukan hibah

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaGoogle

Cara yang selanjutnya adalah melalui proses hibah atau hadiah. Untuk proses pencatatan laba atau perolehannya, bisa menggunakan harga yang ada di pasaran aktiva tetap tersebut.

Baca Juga: Aktiva Produktif Bermasalah: Pengertian dan Kategorinya

12. Membuat secara mandiri

Aktiva Tetap: Pengertian dan JenisnyaUnsplash.com/nullplus

Cara perolehan apa itu aktiva tetap yang terakhir adalah dengan membuatnya secara mandiri. Seperti memiliki ladang tanah, membangun gedung dan mengisi peralatan kantor yang dilakukan oleh pihak instansi atau perusahaan itu sendiri.

Baca Juga: Aktiva Setara Kas: Pengertian dan Jenisnya 

Perlu kamu ketahui, bahwa aktiva tetap adalah salah satu jenis aktiva atau aset yang memiliki wujud nyata. Aset dengan jenis aktiva tetap ini bisa berupa salah satu hal yang berbentuk untuk siap pakai, dibangun atau dibuat. 

Aset ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi pemiliknya dalam jangka waktu yang panjang atau juga lebih dari satu tahun. Selain itu, aktiva tetap juga bisa kamu artikan dengan suatu aset yang tidak bertujuan untuk diperjual belikan oleh pihak instansi atau perusahaan.

Bagaimana, apakah kamu sudah memahami apa itu aktiva sangat lancar? Selain itu kamu juga dapat mengetahui cara menghitung dan jenis dari aktiva sangat lancar. Demikian ulasan singkat mengenai apa itu aktiva tetap, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Aktiva Setara Kas: Pengertian dan Jenisnya 

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya