Comscore Tracker

Anggaran Tetap: Pengertian dan Penyusunannya

Apa itu anggaran tetap?

Anggaran tetap (fixed budget) adalah anggaran yang diberikan untuk keleluasaan pengeluaran yang diperlukan dan tidak bisa lebih meskipun kegiatan berubah.

Penyusunan anggaran merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan perusahaan dalam memulai periode yang baru. Anggaran akan membantu perusahaan menentukan berbagai strategi yang dilakukan untuk mencapai target pada setiap periode. 

Biasanya anggaran akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan penting, termasuk dalam mengambil kebijakan. Anggaran tetap menjadi salah satu jenis anggaran yang lazim digunakan oleh perusahaan, baik perusahaan kecil maupun yang sudah berskala besar.

Baca Juga: Anggaran Kas, Pengertian, Jenis dan Fungsinya

1. Pengertian anggaran tetap

Anggaran Tetap:  Pengertian dan PenyusunannyaIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) anggaran tetap adalah anggaran yang tidak akan diubah atau tidak akan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi selama tahun anggaran tersebut berlaku (fixed budget). 

Pernyataan di atas dengan jelas menunjukkan bahwa anggaran tetap tidak akan mengalami perubahan apapun selama masa penggunaannya (tahun tertentu), meskipun berbagai perkembangan sangat mungkin terjadi di tahun tersebut. 

Anggaran tetap adalah anggaran yang memperlihatkan angka dalam berbagai kapasitas yang diinginkan oleh perusahaan. Di dalam anggaran ini biasanya akan dibuat sejumlah dana cadangan yang kelak bisa digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi tertentu yang tidak terduga di dalam keuangan. 

Pada umumnya anggaran tetap seperti ini hanya digunakan oleh perusahaan yang sudah berpengalaman dan memiliki kondisi keuangan yang cenderung stabil. Perusahaan-perusahaan seperti ini biasanya sudah memiliki target dan juga strategi yang tepat di dalam menjalankan bisnis mereka. 

Sedangkan perusahaan-perusahaan baru biasanya cenderung menggunakan anggaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi atau kemungkinan - kemungkinan yang dihadapi oleh perusahaan selama periode tertentu. 

Di dalam prakteknya, anggaran tetap biasanya digunakan untuk lini-lini perusahaan yang berkaitan dengan penjualan, bagian produksi maupun berbagai bagian lainnya yang memakai determinasi angka tertentu dalam menjalankan tugasnya pada perusahaan. 

Aktivitas di berbagai lini tersebut biasanya sudah ditetapkan berdasarkan keputusan manajemen perusahaan. Artinya, keputusan ini bukanlah sebuah keputusan yang berasal dari bagian penjualan maupun bagian produksi di dalam perusahaan tersebut. 

Bagian penjualan dan bagian produksi hanya menerima anggaran yang sudah jadi dan menjalankannya sesuai dengan arahan dari pihak manajemen. Hal inilah yang memungkinkan tidak terjadinya perubahan di dalam anggaran tetap itu sendiri.

Baca Juga: Anggaran Modal : Pengertian, Jenis dan Contohnya 

2. Pengertian anggaran menurut para ahli

Anggaran Tetap:  Pengertian dan Penyusunannyaanggaran

Ada beberapa pendapat para ahli terkait anggaran, berikut ini adalah beberapa di antaranya : 

Siegel (2000)
Anggaran adalah titik utama dari seluruh tahap perencanaan dan juga pengendalian.  

Garrison dan Noreen (2000)
Anggaran merupakan rencana rinci tentang pendapatan dan juga pemanfaatan sumber daya keuangan serta berbagai sumber daya yang lainnya dalam perusahaan untuk periode tertentu. 

Welsch, Hilton dan Gordon (2000)
Anggaran merupakan sebuah perencanaan serta pengendalian keuntungan (penganggaran) yang diartikan sebagai sebuah tahap yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan berbagai fungsi perencanaan serta pengendalian perusahaan dengan cara yang efektif. 

Nafarin (2000)
Anggaran merupakan sebuah rencana keuangan periodik yang dibuat menggunakan berbagai program yang sudah ditetapkan sejak awal. Anggaran ini juga menjadi rencana tertulis terkait berbagai rencana sebuah perusahaan yang dinyatakan dalam kuantitatif dan biasanya dalam bentuk nominal tertentu untuk periode tertentu. 

Baca Juga: Sri Mulyani Minta Anggaran Kemenkeu 2022 Naik Rp992 Miliar

3. Penyusunan anggaran tetap dilakukan oleh pihak manajemen

Anggaran Tetap:  Pengertian dan PenyusunannyaIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Penerapan anggaran tetap di dalam perusahaan cukup banyak dilakukan, terutama oleh perusahaan yang sudah stabil dan memiliki pengalaman. Anggaran tetap merupakan anggaran yang tidak mengalami perubahan di dalam penerapannya.

Di dalam prakteknya, anggaran tetap bukanlah anggaran yang disusun atau diajukan oleh lini yang bersangkutan atau berkepentingan untuk menjalaninya. Namun sebaliknya, anggaran tetap ini akan disusun langsung oleh manajemen perusahaan itu sendiri. 

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya