Comscore Tracker

Buku Tabungan: Pengertian dan Fungsinya

Apa itu buku tabungan?

Menabung adalah hal yang sudah ada sejak dulu meskipun cara melakukannya berbeda dengan sekarang ini. Cara menabung berubah dari zaman ke zaman. Dalam sistem bank, menabung dilakukan dengan menggunakan buku tabungan.

Apa itu buku tabungan? Buku ini hanya akan dikeluarkan oleh pihak bank dengan mencantumkan jumlah saldo dari pemiliknya rekening. Buku tabungan tidak dapat dipindahtangankan atau disalahgunakan. Sebab, untuk mengaksesnya diperlukan identitas secara fisik.

Baca Juga: Bank Tabungan Bersama: Pengertian dan Fungsinya

1. Pengertian buku tabungan

Buku Tabungan: Pengertian dan Fungsinya(IDN Times/Aditya Pratama)

Buku tabungan adalah bukti kepemilikan tabungan serta sebagai alat untuk menyimpan uang secara modern. Semua nasabah yang sudah melakukan pendaftaran rekening akan diberikan buku tabungan serta ATM untuk melakukan transaksi.

Pada buku tabungan, terdapat identitas pemilik serta mutasi keseluruhan transaksi yang dilakukan. Hal itu akan diketahui jika pemilik rekening melakukan transaksi dengan tabungan (bukan ATM) di bank, di mana pihak bank mencetak setiap transaksinya.

Baca Juga: Bank Tabungan: Pengertian dan Jenisnya 

2. Jenis-jenis tabungan

Buku Tabungan: Pengertian dan FungsinyaPexels.com/Karolina Grabowska

Hampir semua orang memiliki buku tabungan. Buku tabungan mempunyai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Terdapat empat jenis tabungan yang secara umum digunakan oleh para nasabah, yakni:

Tabungan Konvensional
Jenis tabungan yang banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Kemudahan dalam memperoleh jenis tabungan ini, membuat masyarakat lebih banyak yang mengajukannya. Proses untuk membuka rekening hingga jadi bentuk tabungan jenis ini pun sangat cepat.

Tabungan Berjangka
Ini bukan pilihan kebanyakan orang karena perlu mengikuti aturan khusus dalam proses pengambilan uang. Jika memilih tabungan berjangka, kamu tidak bisa melakukan pengambilan setiap waktu karena harus menyesuaikan dengan jadwal yang sudah disepakati.

Tabungan Anak
Ternyata ada juga tabungan khusus untuk anak. Jenis ini memungkinkan anak bisa menabung dengan setoran yang ringan. Anak akan diberikan buku tabungan beserta kartu ATM yang mana mempunyai gambaran desain menarik. Meskipun tabungannya untuk anak, namun juga terdapat fasilitas m-banking ataupun i-banking sehingga anak bisa mempelajarinya.

Tabungan Giro
Jenis tabungan khusus ini biasanya digunakan oleh mereka yang mempunyai usaha. Jenis tersebut bisa mempermudah orang untuk melakukan transaksi bisnisnya. Secara umum tabungan giro dimiliki oleh perusahaan karena mereka mempunyai bisnis. Dengan begitu, setiap transaksi tidak menggunakan rekening pribadi melainkan dengan giro.

Baca Juga: Daftar 12 Tabungan Haji Terbaik di Indonesia yang Bisa Kamu Pilih 

3. Fungsi buku tabungan

Buku Tabungan: Pengertian dan Fungsinya(IDN Times/Aditya Pratama)

Buku tabungan mempunyai manfaat dalam penggunaannya, mengingat hampir setiap lapisan masyarakat telah menggunakannya kini. Terdapat lima fungsi utama nasabah memiliki buku tabungan, yakni:

Sebagai identitas diri

Buku tabungan bisa dimanfaatkan seperti halnya KTP untuk mengetahui identitas diri seseorang. Setiap transaksi yang telah dilakukan itu merefleksikan diri dari pemiliknya tabungan.

Jika setiap transaksi menunjukkan jenis buku baik, maka kepribadian pemilik juga baik, begitu pun sebaliknya, apabila menunjukkan buku tampak buruk, kepribadiannya juga buruk. Sehingga hal ini akan mempengaruhi pinjaman kredit kepada bank ataupun KPR.

Syarat utama pengajuan kredit

Buku tabungan juga sebagai layanan bank yang memudahkan kamu melakukan pengajuan kredit baik pinjaman bank atau KPR. Bahkan sekarang ini buku tabungan menjadi syarat utama untuk mengajukan KPR.

Pihak bank akan melakukan pengecekan terhadap kondisi keuangan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Jika transaksinya lancar maka mudah saja mengajukan kredit tersebut, begitu pun sebaliknya.

Persyaratan administrasi pajak tahunan

Tabungan selalu berkaitan dengan pembayaran pajak, dimana buku tabungan dijadikan salah satu syarat pelaporan tahunan. Sehingga membuat semua orang harus memiliki dokumen penting ini untuk pajak tahunan.

Dalam lapor pajak, kamu akan dimintai salinan dari buku tabungan selama 1 tahun. Gunanya untuk syarat administrasi dan melihat perjalanan transaksi yang kamu lakukan sebagai pemilik.

Memudahkan pemilik untuk megnalisis kondisi keuangan

Setiap rincian uang baik itu keluar maupun masuk dapat dianalisis semuanya. Dengan demikian, kita bisa mengatur uang yang ada di dalam tabungan dengan baik.

Sebab, dalam buku tabungan selalu terdapat perincian sehingga catatan transaksi tidak mungkin terlewat. Hal itu untuk memudahkan para nasabah melakukan pengecekan secara detail.

Memudahkan pengajuan kartu kredit

Kartu kredit biasanya digunakan untuk melakukan transaksi menjual ataupun membeli. Penggunaan kartu kredit menyenangkan nasabah karena banyaknya promo, diskon atau cashback yang ditawarkan.

Syarat dan prosedur mengganti buku tabungan

Apa buku tabungan artinya dapat diganti dengan yang baru? Jawabannya adalah tentu saja bisa. Apabila buku tabungan mengalami kerusakan, pindah alamat, atau bahkan hilang, kamu dapat mengajukan penggantian buku pada bank.

Mengurus buku tabungan harus dilakukan sendiri tanpa diwakilkan atau memberi kuasa. Datanglah pada kantor yang sama dengan kantor saat membuka rekening. Inilah beberapa persyaratan yang harus dibawa saat mengurus buku tabungan:

  1. Membawa kartu identitas seperti KTP, Paspor ataupun SIM.
  2. Membawa buku tabungan yang rusak dan kartu ATM.

Bagaimana udah tau kan apa itu buku tabungan dan fungsinya? Jika belum memiliki buku tabungan, buruan bikin ya karena sangat bermanfaat terutama untuk mengecek transaksimu dan mengatur perencana keuangan kamu. 

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya