Comscore Tracker

4 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutang

Belajar jadi manajer untuk dirimu sendiri. Goodbye, debt!

Berhutang dan kehabisan uang tunai sangatlah tidak lucu dan bikin gak nyaman. Di Indonesia, jumlah pengguna kartu kredit meningkat dari tahun ke tahun. Data Bank Indonesia menunjukkan jumlah kartu kredit yang tersebar tahun 2018 sudah meningkat 1 persen dari tahun 2017 mencapai 17,2 juta. Itu artinya minat masyarakat menggunakan kartu kredit selalu bertambah.

Sementara di Amerika, berdasarkan laporan sebuah penelitian,  80 persen orang dewasa sudah terlilit hutang. Bahkan beberapa orang berhutang cukup banyak hingga mereka pensiun.

Hal ini cukup menyeramkan dan semoga kamu tidak mengalaminya. Namun jika pun sudah terlanjur terjadi, yang diperlukan untuk mengurangi hutangmu adalah sebuah keputusan yang bijak. 

Kevin Faber, seorang CEO dan penulis asal Amerika, membagikan tips langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan hari ini juga untuk keluar dari lilitan hutang.

Langkah 1: Tentu saja, hentikan dulu ketergantunganmu pada kartu kredit

4 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutangfamilyresourcesupport.org

Setujukah kamu jika kartu kredit adalah barang yang mudah disalahgunakan? Namun bagaimanapun juga barang ini memang legal sebagai alat pembayaran ketika kamu kehabisan stok uang tunai. Sekali gesek, apapun itu akan menjadi milikmu.

Jadi langkah pertama untuk keluar dari hutang adalah dengan berhenti menggunakan kartu kredit. Kamu bisa berpikir dengan cara ini : setiap kali kamu menggunakan kartu kredit, kamu justru akan menciptakan hutang baru, padahal yang kamu mau selama ini adalah mengurangi hutang, bukan menambah!

Jika kamu merasa tidak nyaman membawa uang tunai kemana-mana kamu dapat menggunakan kartu debit atau menggunakan kartu kredit jenis secure (jenis kartu kredit yang lebih aman karena danamu sudah tersimpan di sana dan otomatis akan terbayar jika sudah habis).

Langkah 2: Coba atur hidupmu dengan pola 50-30-20

4 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutangnbcnews.com

Aturan 50-30-20 ini dapat memudahkan kamu mengatur penghasilan bulananmu agar lebih tepat sasaran. Begini caranya:

  • 50: Gunakan 50 persen dari penghasilan bulananmu untuk biaya tetap seperti sewa, angsuran mobil, internet, dan lain-lain.
  • 30: Gunakan 30 persen dari penghasilan bulananmu untuk biaya tidak tetap seperti kebutuhan dapur, peralatan atau hiburan.
  • 20: Kamu tetap perlu cadangan untuk berjaga-jaga. Gunakan sisanya 20 persen dari penghasilan bulananmu untuk ditabung.

Baca Juga: Awas! Ada Aplikasi Fintech Asal China yang Agresif Saat Tagih Utang 

Langkah 3: Mulai buat anggaranmu sendiri dan yang terpenting adalah patuhilah itu

4 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutangwhichmortgage.ca

Mungkin bagimu ini adalah tahapan paling tidak menyenangkan karena penganggaran atau budgeting ini menyiratkan pertanggungjawaban nyatamu untuk dapat keluar dari hutang. Tetapi tentu saja, sebelumnya kamu harus paham dulu bagaimana caranya.

Cara terbaik untuk memulai penganggaran adalah dengan menghitung-hitung setiap kategori pengeluaranmu dan penghasilanmu dalam enam bulan terakhir. Kemudian hasilnya dibagi enam. Cara ini memberimu informasi berapa rata-rata pengeluaranmu setiap kategori jika dibandingkan dengan penghasilanmu.

Selanjutnya, tandai item yang tidak penting seperti misalnya menonton bioskop, makan diluar atau berbelanja baju. Item yang tidak penting ini adalah pengeluaran yang dapat kamu hentikan karena diluar dari kemampuanmu.

Sekarang saatnya kamu membuat anggaranmu. Kamu bisa menggunakan aturan 50-30-20 pada langkah sebelumnya sebagai panduan lalu patuhilah itu. 

Langkah 4: Buatlah grafik "goodbye debt"

4 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutangdramamilk.com

Akhirnya sampailah pada langkah terakhir yang paling menyenangkan untuk keluar dari lilitan hutang. Kamu ingin melunasi hutang-hutang terburukmu terlebih dulu kan? Jadi coba buatlah daftar hutangmu dari mulai yang terburuk sampai yang terkecil dalam grafikmu. Kemudian silanglah setiap hutang yang telah kamu lunasi. Rasakan bebanmu yang semakin berkurang dan katakan "Goodbye debt".

Itu tadi 4 langkah yang dapat kamu lakukan untuk keluar dari lilitan hutang. Dengan meluangkan waktu mengikuti langkah-langkah ini dan membuat rencana untuk melunasi hutangmu sepenuhnya kamu akan mendapatkan kembali kepercayaan dan harga dirimu. Yang paling penting adalah fakta bahwa kamu bisa menjadi manajer yang baik untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 7 Sikap Tegas Ini Harus Kamu Lakukan pada Teman yang Telat Bayar Utang

Kotik Aptiyas Photo Community Writer Kotik Aptiyas

I am on the hunt for who I've not yet become. Find me on IG @kotikap15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You