Comscore Tracker

5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19

Jangan keburu panik, kendalikan keuanganmu dengan ini!

Saat ini sebagian besar warga Indonesia lebih memilih beraktivitas dari rumah. Bagi mereka pegawai yang mempunyai penghasilan tetap, mungkin work from home tidak banyak memengaruhi pemasukan mereka.

Namun, bagi mereka yang sumber pendapatannya dari luar rumah pasti merasakan dampaknya. Maka dari itu, berikut 5 cara mengelola keuangan bagi kamu yang sedang mencona work from home, dan harus bijak terhadap uang.

1. Prioritaskan kebutuhan primer setidaknya selama 1 minggu ke depan

5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19pixabay.com/stevepb

Jika kamu masih mempunyai uang baik itu sisa gaji atau tabungan darurat, maka belilah dulu kebutuhan primer, seperti makanan dan multivitamin. Beli bahan makanan yang bisa tahan lama dan kuat ditaruh kulkas. Pastikan persediaan makanan kamu kuat sampai 1 minggu ke depan ya. Agar, di sela-sela minggu itu kamu bisa mempersiapkan uang belanja di minggu depannya. 

2. Jangan kalap belanja walau sedang WFH, tahan dan lebih bijak

5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19pixabay/gonghuimin468

Sudah banyak beredar di internet banyak orang yang akhirnya jadi makan melulu ketika berada di rumah. Gak masalah sih, namun tetap ya kamu harus bijaksana dalam berbelanja. Apalagi jika kamu tidak ada jaminan gaji tetap. Sehingga, kamu harus tetap berbelanja sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. 

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Pandai dalam Mengelola Keuangan Pribadi   

3. Bagi freelancer gunakan tabungan darurat untuk bertahan sementara

5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19pixabay.com/JESHOOTS-com

Khusus bagi kamu yang merupakan freelancer, bisa jadi kamu was-was sekarang. Pemasukan pun mulai berkurang. Maka dari itu penting kamu menyiapkan tabungan darurat untuk menghadapi masa seperti saat ini. Setidaknya kamu bisa bertahan selama beberapa minggu, sebelum akhirnya kamu mencari cara agar menemukan job yang bisa menyambung hidup kamu. 

4. Bagi entrepreneur lakukan usaha dari rumah dan tetap menghubungi customer

5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19pixabay.com/Mediamodifier

Selanjutnya bagi entrepreneur, mau gak mau kamu mungkin harus bekerja dari rumah. Bagi kamu yang memiliki toko pun, pengunjung sudah sedikit karena orang kini takut keluar rumah. Biar gak habis pelanggan, kamu bisa terapkan sistem jemput bola. Tawarkan kepada pelanggan kamu bahwa kamu siap mengantar bila mereka ingin belanja dari toko kamu. Ya mau gimana lagi, walaupun sedang terjadi wabah corona, tagihan listrik dan air tetap jalan, bukan?

5. Tekanlah pengeluaran yang bisa disesuaikan

5 Cara Mengelola Keuangan Dasar di Tengah Pandemik COVID-19pixabay.com/un-perfekt

Nah, tentunya di masa saat ini kita harus mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa ditekan. Mungkin karena tidak perlu keluar rumah, kamu tak perlu beli kuota internet dulu, cukup gunakan Wi-Fi yang tersedia di rumah. Pokoknya kamu harus pintar-pintar meminimalkan pengeluaran untuk saat ini. 

Nah itu guys, 5 cara mengelola keuangan saat lagi di masa sulit saat ini. Semoga penyebaran virus Covid-19 ini bisa cepat berlalu ya agar hidup kita kembali normal dan bisa beraktifitas lebih leluasa lagi. 

Baca Juga: COVID-19: 5 Tips Bijak Mengelola Keuangan Bagi Karyawan selama Wabah

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya