Comscore Tracker

5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depan

Siapa tahun depan bisa nyicil rumah, AMIN!

Tingginya gaya hidup sekarang ini membuat salah satu penyebab anak muda sekarang susah menabung. Padahal di masa depan, ada banyak kebutuhan yang wajib kamu pikirkan, salah satunya yang paling sulit dijangkau adalah rumah. Jika kamu termasuk salah satu orang yang kewalahan dalam keuangan di tahun 2018 ini, maka kamu perlu baca artikel satu ini. 

1. Langkah 1: Catat semua keuanganmu

5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depanunsplash.com/freestocks.org

Baik itu pengeluaran, pendapatan, peminjaman, dan sebagainya, setiap hari wajib kamu catat. Sekarang ini, ada banyak aplikasi yang bisa membantumu mencatat keuangan. Kamu tinggal memasukkan uang yang kamu terima atau keluarkan, kemudian kasih keterangan untuk apa uang tersebut. Dengan mencatat juga, di akhir bulan kamu bisa tahu uangmu habis paling banyak untuk apa dan bagian mana yang bisa dikurangi untuk ditabung.

2. Langkah 2: Selalu bagi rata semua gajimu di awal bulan

5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depanunsplash.com/Artem Bali

Jika sudah terima gaji, jangan langsung hedon dan membelanjakan hal yang ingin kamu beli. Ada cara untuk membagi rata gaji yang kamu terima itu. Bayangkanlah gajimu itu 100%, maka harus kamu bagi menjadi:

  • 10-15% untuk disumbangkan (untuk zakat, persembahan, atau ke orang yang membutuhkan)
  • 30% untuk membayar hutang
  • 40-50% untuk kebutuhan sehari-hari
  • 10-15% sisanya untuk ditabung (lebih banyak lebih baik)

Kira-kira bakal cukup atau tidak sih? Semuanya bisa cukup, tergantung pada dirimu masing-masing. Jika memang kamu masih menuruti keinginan diri untuk hedon, maka bisa jadi kamu tidak punya tabungan hingga akhir bulan.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda-Tanda Keuangan Kamu Bermasalah

3. Langkah 3: Mulailah menabung, setiap awal bulan

5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depanunsplash.com/rawpixel

Ya, jangan menabung di akhir bulan. Karena jika dalam satu bulan kamu merasa uangmu masih banyak, kamu akan cenderung menghabiskannya. Dari 15% yang disisihkan untuk menabung, tabunglah di awal bulan. Jika di akhir bulan nanti masih ada sisa, masukkan juga ke tabungan jangan dibelanjakan.

Kalau kamu termasuk orang yang susah menabung, mulailah menabung dari jumlah kecil yang terus ditambah setiap bulannya. Sedikit demi sedikit, nanti lama-lama bisa menjadi bukit. Jika kamu terapkan ini dengan teratur, dijamin kamu bakal kaget dengan jumlah uangmu tabunganmu di akhir 2019 nanti.

4. Langkah 4: Carilah cara lain untuk mendapatkan uang tambahan

5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depanunsplash.com/Joshua Rodriguez

Di zaman modern ini, sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Mulai dari freelance, pekerja lepasan, hingga menjual barang lewat online. Setiap uang tambahan yang kamu dapatkan, jadikan sebagai bonus untuk kebutuhanmu sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa menabung lebih besar di awal bulan dari uang gajimu yang tetap.

5. Langkah 5: Jangan biarkan uangmu menganggur, langsung rencanakan masa depanmu

5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depanunsplash.com/Marten Bjork

Melihat uang tabungan yang mendadak bisa banyak, siapa yang tak senang? Hati-hati, hal ini bisa memicumu untuk belanja besar lho. Jika uang sudah cukup siap, mulailah rencanakan masa depanmu. Mulai dari hal yang paling simpel, misalnya membuka asuransi kesehatan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Sudah ada asuransi kesehatan, mulailah ambil cicilan untuk membeli rumah. Sekarang ini sudah banyak bank yang menyediakan KPR untuk para millennial, dengan bunga yang lebih kecil dan jangka waktu yang lama. Jika sudah ada itu semua, mulailah berpikir untuk mengambil jaminan hari tua. Hal ini menjamin supaya di masa tua nanti, kamu sudah ada tabungan jadi tak perlu kerja terlalu keras.

Susah gak itu semua dilakukan? Memang susah, tapi itulah namanya jadi dewasa. Kalau kamu tak mulai sekarang, sampai di usia tua nanti kamu masih terus menyelesaikan hutangmu tanpa jaminan apapun. Padahal, usia tua nanti itu waktunya kamu menikmati hidup bersama keluargamu lho.

Baca Juga: 5 Pelajaran Penting Tentang Keuangan yang Jarang Orang Tahu

Liem Ling Photo Verified Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You