Comscore Tracker

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Ini

Tahun 2019 harus lebih hemat!

Bagaimana kondisi keuanganmu tahun di tahun 2018 ini? Lebih baik, stagnan, atau malah memburuk karena pengeluaran mendadak yang tidak terbendung? Tidak bisa dipungkiri bahwa keuangan adalah salah satu yang perlu kamu evaluasi setiap tahunnya. Apalagi di usia muda saat kamu berada di puncak produktivitas. 

Bila kamu merasa keuangan tahun ini tidak banyak perubahan, artinya kamu perlu resolusi finansial yang tepat. Tujuan utamanya supaya kondisi finansialmu aman sepanjang tahun. Untuk itu, kamu bisa coba menerapkan 9 resolusi finansial berikut ini!

1. Kurangi biaya berlangganan yang bikin kamu kurang produktif

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inipexels.com/freestocks.org

Saat ini banyak sekali layanan berlangganan yang bisa kamu ikuti. Mulai dari gym membership, aplikasi musik, aplikasi streaming, internet, media, dan lainnya. Dengan semakin banyaknya layanan berlangganan yang menarik, kamu harus makin bijaksana dalam memilih. 

Rugi kan kalau kamu membayar penuh untuk satu tahun tapi ternyata jarang kamu gunakan? Kamu bisa berhenti berlangganan layanan yang tidak kamu butuhkan dan menggunakan uangnya untuk hal lain.

2. Melunasi cicilan secepatnya

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inipixabay.com/jarmoluk

Kartu kredit memang memudahkan kita dalam berbelanja. Namun bila tidak bijaksana, kartu kredit malah menjadi salah satu pengeluaran terbesar kamu setiap bulannya. Di tahun 2019 ini, sudah saatnya kamu lebih berhati-hati menggunakan kartu kredit.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan segera melunasi hutang kartu kreditmu. Prioritaskan untuk melunasi hutang dengan tagihan dan bunga yang paling tinggi nilainya. Semakin cepat melunasi hutang, kamu akan terhindar dari bunga yang semakin tinggi.

3. Menata ulang lemari pakaian

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Initempest.com

Lemari pakaian adalah gudang uang tersembunyi. Bila kamu meluangkan sedikit waktu untuk menata ulang barang-barang dalam lemari, kamu akan menemukan banyak kejutan disana. Pakaian lama yang masih bagus bisa kamu gunakan lagi, atau bisa juga dijual untuk tambahan pemasukan yang tidak terduga.

4. Tantangan menabung setiap hari

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inird.com

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Pepatah itu tepat sekali untuk membuatmu lebih semangat menabung. Daripada memaksakan diri menabung dalam jumlah banyak namun terasa berat, kamu bisa memulai dengan trik yang simpel, lho!

Caranya, sediakan satu tempat khusus untuk menyimpan uangmu. Boleh berupa celengan lucu atau botol dan kaleng bekas. Lalu tentukan jumlah uang yang ingin kamu masukkan ke dalam celengan itu, 1000, 5000, atau 10000. Setiap kamu menemukan pecahan uang tersebut di dompetmu, masukkanlah ke dalam celengan. Begitu terus setiap hari selama setahun, maka kamu akan terkejut dengan jumlah yang telah kamu kumpulkan.

Baca Juga: Pantangan yang Perlu Dihindari 12 Zodiak Saat Mengatur Keuangan

5. Bawa bekal untuk diri sendiri

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Iniidntimes.com

Makan di restoran memang praktis dan enak, tapi bisa menghabiskan banyak uang bisa dilakukan terus-menerus. Untuk itu, memasak sendiri jadi salah satu resolusi finansial yang penting untuk diterapkan di tahun 2019 ini.

Cobalah untuk memasak sendiri dan membawanya sebagai bekal makan siang. Selain lebih hemat, membawa bekal sendiri juga lebih sehat karena bahan dan proses memasak yang lebih terjamin kebersihannya. 

6. Cari sumber pendapatan tambahan

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inistartupdonut.co.uk

Teknologi yang semakin maju membuatmu lebih mudah mendapat pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi uang. Dengan memanfaatkan internet, kamu bisa memilih pekerjaan sampingan sesuai keterampilanmu. Misalnya, berjualan online, membuat desain, atau menulis artikel.

Semua pekerjaan kecil itu bila dilakukan dengan tekun bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Lumayan kan, untuk membayar tagihan bulanan dan tambahan uang jajan?

7. Investasi kecil-kecilan mulai dari sekarang

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inidnaindia.com

Selagi muda, sebaiknya kamu mulai menyisihkan setidaknya 10% pendapatan untuk investasi. Investasi sangat penting untuk kematangan finansialmu di masa depan. Tidak perlu memaksakan investasi properti bila uangmu tidak cukup. Kamu bisa mulai dengan investasi dengan membeli emas atau saham yang saat ini bisa kamu lakukan lewat aplikasi smartphone.

8. Rencanakan pengeluaran hingga satu tahun ke depan

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inifcfinancial.ie

Ingin liburan, beli mobil dan beli rumah? Untuk memangkas biaya, kamu perlu merencanakannya jauh-jauh hari sehingga kamu punya persiapan finansial yang matang. Dengan rencana yang baik, kamu bisa terhindar dari keinginan belanja barang yang tidak kamu butuhkan. 

Keuntungan lain dari merencanakan pengeluaran, kamu punya peluang mendapatkan paket liburan atau tiket pesawat dengan harga yang jauh lebih murah dibanding membeli saat musim liburan. Asik, kan?

9. Ikut program asuransi

Lebih Hemat di Tahun 2019 dengan Menerapkan 9 Resolusi Finansial Inipixabay.com/jarmoluk

Dengan rencana keuangan yang sempurna, kejadian tak terduga pun bisa menguras tabungan yang sudah kamu siapkan bertahun-tahun. Itulah gunanya asuransi, untuk membantu keuangan di saat tidak terduga. Saat ini produk asuransi sudah banyak tersedia sehingga kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu.

Namun, yang paling utama adalah asuransi kesehatan. Pastikan kamu dan keluarga punya asuransi kesehatan yang siap membantumu bila sewaktu-waktu jatuh sakit. Setelah itu, kamu juga bisa memilih jenis asuransi lain seperti asuransi mobil, properti dan asuransi bisnis. 

Nah, itu 9 resolusi finansial yang bisa kamu terapkan di tahun 2019 nanti. Tentunya akan membantu kamu lebih hemat dan bijaksana dalam membelanjakan uangmu. Siap mencobanya?

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dihilangkan di 2019 untuk Sukses Wujudkan Resolusi

Lina Photo Community Writer Lina

"A mind needs books like a sword needs a whetstone," said Tyrion Lannister

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You