Comscore Tracker

5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!

Pastikan disiplin dengan aturan ini ya

Kamu yang selama ini minta uang dari orang tua tentu akan sangat senang saat menerima gaji pertama. Hal ini sangatlah wajar karena kerja kerasmu selama satu bulan terbayar sudah. Di saat yang bersamaan, muncul pula keinginan untuk cepat-cepat menghabiskan uang tersebut. Akibatnya, kamu sering merasa kalau gajimu hanya numpang lewat.

Kamu tentu gak mau kalau terus-menerus seperti ini, bukan? Agar kamu yang baru punya penghasilan bisa menghemat, coba lakukan 5 tips berikut.

1. Buat pos-pos pengeluaran dalam satu bulan

5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!unsplash.com/Brad Neathery

Pertama-tama, coba buatkan pos pengeluaran. Pos ini berisi semua perkiraan uang yang akan kamu keluarkan selama satu bulan. Mulai dari uang makan, transportasi, perawatan, hangout, dan kebutuhan lainnya.

Sebagai acuan, tentukan estimasi biaya untuk setiap pos pengeluaran. Sehingga, tidak ada satu biaya pun yang melebihi budget. Kalau sudah seperti ini, keuanganmu dijamin akan tetap terjaga sampai akhir bulan nanti.

2. Ikuti tabungan berjangka

5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!peopleforresearch.co.uk

Nah, bagi yang sulit menabung, kamu bisa mengikuti tabungan berjangka ini. Secara keseluruhan, tabungan berjangka hampir sama seperti menabung pada umumnya. Hanya saja, sistem menabungnya secara auto-debet sehingga jumlah yang ditabung sama setiap bulan.

Tabungan berjangka dijamin akan membuatmu lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Punya uang atau tidak, kamu tetap harus menabung hingga tabungan jatuh tempo.  

3. Kurangi kebiasaaan ‘mengiyakan’ ajakan teman

5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!unsplash.com/Simona Todorova

Sah-sah saja bila mau ‘main’ bersama teman, tapi jangan terlalu sering. Nongkrong bersama teman sangat berisiko terhadap kestabilan keuangan. Setidaknya, kamu harus mengeluarkan Rp100 ribu hanya untuk sekali nongkrong. Ajakan ini masih dari orang yang sama, belum temanmu yang lain.

Sesekali, tidak apa-apa untuk menolak ajakan tersebut dengan cara yang halus agar teman tidak sakit hati saat mendengarnya. Kalau kamu cukup berani, tak ada salahnya untuk mengatakan bila kamu lagi menghemat, sehingga teman bisa memaklumi.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!

4. Pertimbangkan manfaat sebelum membeli barang

5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!unsplash.com/Jacek Dylag

Ingin membeli barang A, B, dan C karena semua barang ini lucu? Eits, tahan dulu! Jangan terlalu bernafsu untuk membeli barang sebelum memikirkan manfaat barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kalau alasannya hanya karena lucu, lebih baik jangan dibeli. Sebab, barang yang lebih lucu dari itu masih sangat banyak di luar sana.

Daripada uangmu habis untuk hal yang kurang berguna, lebih baik tabung uangmu. Saat jumlahnya sudah banyak, kamu bisa gunakan untuk membeli aset yang bisa menjamin kebahagiaanmu di masa mendatang.

5. Jangan tergiur sama yang namanya kartu kredit

5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!mybanktracker.com

Berurusan dengan kartu kredit di awal-awal punya penghasilan sangat tidak dianjurkan. Hal ini akan membuatmu selalu ingin belanja dalam jumlah lebih, sehingga kamu lupa kalau harus hidup hemat setiap bulannya.

Kalaupun ingin punya kartu kredit, tunggulah hingga beberapa bulan kemudian. Saat kamu sudah lebih bisa mengontrol nafsu untuk berbelanja dan menghabiskan gaji. Alhasil, kartu kredit benar-benar memberikan manfaat lebih untuk kesehatan finansialmu.

Semoga dengan tips-tips di atas, kondisi keuanganmu semakin membaik secara perlahan. Good luck!

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya