Comscore Tracker

Terapkan 5 Kebiasaan Ini agar Keuangan Kamu Tetap Stabil

Penting banget menjaga kestabilan keuangan kamu, lho!

Membahas soal uang memang hal yang sangat krusial karena di era sekarang uang menjadi hal yang vital. Uang seakan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi setiap individu. Menjaga kestabilan keuangan sangat penting, terlebih di saat pandemi seperti ini. Ini dilakukan agar tidak terjadi permasalahan dengan keuangan kamu, lho.

Untuk itu baca ulasan di bawah ini, yuk! Agar tau apa yang harus diterapkan untuk menjaga kestabilan keuangan kamu!

1. Rajin menabung

Terapkan 5 Kebiasaan Ini agar Keuangan Kamu Tetap StabilPerson Putting Coin in a Piggy Bank (pexel.com/Maitree Rimthong)

Tujuan menabung pada setiap orang berbeda-beda, salah satunya adalah ketika ingin membeli sesuatu tetapi uangnya belum cukup saat itu sehingga harus menabung agar uangnya cepat terkumpul. 

Menabung bebas dilakukan dengan cara apa saja tergantung nyamannya kalian. Namun, alangkah lebih baik dan lebih aman menabung langsung di bank karena dengan menabung di bank uang kalian akan lebih aman dan tidak perlu was-was hilang. Rajin menabung perlu diterapkan sejak kecil agar kelak dewasa kalian sudah terbiasa menyisihkan sebagian uang kalian untuk keperluan mendesak. 

2. Membeli barang secukupnya

Terapkan 5 Kebiasaan Ini agar Keuangan Kamu Tetap StabilWoman Wearing Distressed Jeans (pexels.com/ Porapak Apichodilok)

Kebutuhan harus tetap terpenuhi selama hidup. Namun, kalian harus tetap mengatur kebutuhan yang perlu diprioritaskan dan tidak. Belanja terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kestabilan keuangan kalian. Tanpa disadari kalian telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang yang mungkin saja bukan prioritas. 

Lakukan riset, mana kebutuhan yang utama dan perlu diprioritaskan dahulu. Biasanya keperluan utama harus selalu dipenuhi agar dapat menunjang kehidupan kalian. Jika sudah dan masih tersisa cukup, kalian dapat membeli barang atau kebutuhan tambahan secukupnya untuk menunjang kebutuhan utama tadi. Tetap perhatikan seberapa uang yang kalian miliki, ya. Selebihnya, sisihkan uang kalian meskipun sedikit untuk kebutuhan lainnya yang mungkin saja bisa terjadi secara tiba-tiba. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabil

3. Hindari pinjaman online meskipun terdesak

Terapkan 5 Kebiasaan Ini agar Keuangan Kamu Tetap StabilPerson Holding 10 Euro Bill (pexels.com/cottonbro)

Apabila sedang butuh sesuatu dan tidak memiliki cukup uang, sebaiknya tahan dulu untuk hal itu. Apalagi sampai harus melakukan pinjaman-pinjaman seperti pinjaman online yang perlu dihindari. Karena dengan melakukan pinjaman online terlebih ilegal yang tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) akan dikenakan bunga atau riba yang cukup besar sehingga akan memberatkan sang peminjam.

Hindari melakukan pinjaman online apa pun alasannya karena akan mengganggu kestabilan keuangan kalian. Kalian harus mengembalikan sejumlah uang yang kalian pinjam tepat sebelum jatuh tempo, jika tidak maka bunga akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Apabila terus-menerus seperti itu, maka akan mengganggu kestabilan uang kalian. Kalian perlu membayar lebih untuk mengembalikan uang pinjaman tadi. Oleh karena itu, lebih baik menabung untuk membeli sesuatu atau bersabar terlebih dahulu sampai uang kalian cukup untuk membeli sesuatu daripada melakukan pinjaman online. 

4. Berinvestasi

Terapkan 5 Kebiasaan Ini agar Keuangan Kamu Tetap StabilClose-up of Coin (pexels.com/Michael Steinberg)

Berinvestasi bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan keuangan kalian. Mulailah berinvestasi meskipun sedikit. Karena dengan berinvestasi secara tidak langsung kalian telah menabung dalam bentuk barang bernilai.

Berinvestasi yang sering orang gunakan adalah emas atau perhiasan. Karena emas memiliki nilai jual yang tinggi dan tidak akan mengalami penurunan harga. Kalian dapat bergaya dengan menggunakan perhiasan emas sekaligus berinvestasi, lho!

5. Melakukan usaha sampingan

Terapkan 5 Kebiasaan Ini agar Keuangan Kamu Tetap StabilPerson Using Laptop Computer (pexels.com/Burst)

Membuka usaha sampingan tidak ada salahnya untuk menambah keuangan kalian, lho! Mulailah membuka usaha sampingan dari yang kecil dulu apabila berjalan lancar dan sudah menemukan target pasar, kalian dapat menambah modalnya. Berjualan online merupakan ide yang menarik untuk dilakukan.

Di saat pandemi seperti ini, berjualan online menjadi hal yang biasa dilakukan karena terbatasnya masyarakat untuk keluar rumah. Kalian cukup memasang iklan di status atau mengirim broadcast kepada teman-teman atau saudara kalian terlebih dahulu untuk memperkenalkan apa yang kalian jual. Ini bisa menjaga kestabilan keuangan kalian dengan menambah pemasukan dari hasil berjuala online. 

Mengontrol keuangan susah-susah gampang tergantung bagaimana kita mengelolanya. Melakukan kegiatan di atas dapat menjaga bahkan menambah keuangan kalian, lho! Jangan sampai mengalami besar pengeluaran daripada pemasukan. Lakukan hal-hal yang berguna untuk menjaga kestabilan keuangan kalian. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan pada kalian, ya!

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bikin Keuangan Tidak Stabil, Gajian Numpang Lewat

LUKMAN RIZKI MUHTADIN Photo Writer LUKMAN RIZKI MUHTADIN

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya