Comscore Tracker

5 Akibat Buruk jika Kamu Tak Punya Rencana Keuangan dalam Hidup

Tanpa rencana keuangan, risiko badai finansial mengintai

Dalam merencanakan keuangan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dalam jangka panjang, misalnya mempunyai rumah dan tabungan pensiun. Selain itu, perlu juga menentukan tujuan dalam jangka menengah, misalnya membeli kendaraan, tabungan pernikahan dan lainnya. Setelah menentukan target tujuan, kita harus menentukan biaya alokasi untuk masing-masing target tersebut. Hal ini dapat menghindarkan kita dari menggunakan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Dalam hidup, semua orang harus memiliki rencana keuangan untuk menjamin masa depannya. Terdapat beberapa dampak buruk jika kamu tak punya rencana keuangan yang nantinya akan menyusahkan dirimu sendiri. Apa saja? Simak artikel berikut ini, ya.

1. Kamu gak punya kontrol pengeluaran tiap bulan

5 Akibat Buruk jika Kamu Tak Punya Rencana Keuangan dalam Hidupilustrasi seorang yang boros (pixabay.com/Gonghuimin468)

Ketika kamu memiliki rencana keuangan yang jelas, maka sesaat setelah mendapatkan uang gaji kamu akan mengalokasikan sebagian uang tersebut ke pos-pos kebutuhan yang seharusnya. Contohnya, 20 persen dari gaji akan dialokasikan untuk tabungan rumah, 30% gaji untuk tabungan kendaraan dan pernikahan, 5 persen untuk dana darurat, dan lain sebagainya. Sisanya, baru akan digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Lain halnya jika kamu tak memiliki rencana keuangan dalam hidup. Sesaat setelah menerima gaji, kamu akan merasa memiliki banyak uang namun tak merasa memiliki kebutuhan di masa mendatang karena tak punya target yang ingin dicapai. Bisa jadi kamu akan menghabiskan seluruh gajimu untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat.

2. Pengeluaran yang tak terkontrol membuat keuanganmu jauh dari kata stabil

5 Akibat Buruk jika Kamu Tak Punya Rencana Keuangan dalam Hidupilustrasi kehabisan uang (pixabay.com/Chronomarchie)

Jika menuruti keinginan, maka sebanyak apa pun penghasilan yang kita dapatkan tak akan cukup karena pada dasarnya manusia memiliki sifat yang tak pernah merasa puas. Jika dahulu kita membeli barang berdasarkan fungsinya, saat merasa memiliki uang muncul keinginan membeli barang berdasarkan merek ternama. Gaya hidup mahal seperti ini membuat kita mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya.

Keadaan ini membuat kita tak bisa menabung. Padahal, semakin bertambahnya umur kebutuhan hidup semakin banyak dengan nominal yang makin besar. Jika tak memiliki perencanaan sejak awal, akan tiba pada saat kita membutuhkan banyak biaya namun tak memiliki persiapan berupa tabungan. Semua ini karena sifat boros dan tak ada kontrol pengeluaran selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus punya kontrol untuk meredam keinginan-keinginan duniawi yang sifatnya tidak penting.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orangtua Millennial dalam Merencanakan Keuangan 

3. Tak punya rencana keuangan berarti mempertaruhkan masa depanmu sendiri

5 Akibat Buruk jika Kamu Tak Punya Rencana Keuangan dalam Hidupilustrasi masa tua (pixabay.com/Geralt)

Pada dasarnya, menyusun rencana keuangan berarti mempersiapkan masa depan untuk mencapai hidup dengan keadaan finansial yang baik. Sebagai kaum pekerja, akan tiba saat di mana kita tak lagi menerima gaji. Saat memasuki masa pensiun, yang kita butuhkan adalah tempat tinggal milik sendiri, tabungan pensiun untuk menyokong kebutuhan hidup dan juga tabungan kesehatan.

Untuk memberi jaminan kehidupan di masa tua, kita membutuhkan persiapan yang tak sebentar. Disiplin menabung bertahun-tahun, memahami prioritas dalam hidup, mengabaikan keinginan yang kurang penting dan masih banyak lagi yang harus dilakukan. Sekali lagi, langkah awal untuk mempersiapkannya adalah dengan menyusun rencana keuangan dari sekarang.

4. Kamu gak akan pernah mencapai goals keuangan dalam hidup

5 Akibat Buruk jika Kamu Tak Punya Rencana Keuangan dalam Hidupilustrasi pria kaya (unsplash.com/Shane)

Goals atau tujuan keuangan hanya dapat dicapai dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang. Tujuan keuangan sangat berperan dalam menentukan gaya hidup kita. Semakin tinggi tujuan yang ditentukan, kita akan berusaha menjadi pribadi dengan gaya hidup yang semakin minimalis demi tercapainya tujuan tersebut.

Hal ini berbeda dengan orang yang tak punya goals dan rencana keuangan. Ibarat berjalan tanpa tujuan, keadaan ini membuat seseorang diam di tempat dan tak membawa dirinya ke mana pun. Jangan sampai kamu menjadi orang yang seperti itu, ya.

5. Berisiko terkena badai finansial, ujung-ujungnya terjerat utang

5 Akibat Buruk jika Kamu Tak Punya Rencana Keuangan dalam Hidupilustrasi pria yang sedang kebingungan (unsplash.com/Steve Mushero)

Hidup memang bersifat dinamis dan tak terduga. Kita tak bisa menebak apa yang akan terjadi di hari esok. Sering kali kita dihadapkan pada kejadian tak terduga yang membutuhkan biaya besar, misalnya terjadi musibah kecelakaan, sakit ataupun rusaknya barang-barang berharga. Semua hal tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Dalam perencanaan keuangan, kita mengenal dana darurat. Dana inilah yang akan dipakai untuk digunakan pada hal-hal mendesak dan tak terduga. Jika kamu tak memiliki dana darurat, kemungkinan besar kamu akan berutang untuk mendapatkan uang dengan cepat. Hal ini akan semakin mempersulit keuanganmu, karena selain harus membayar biaya pokok, kamu juga dibebani dengan bunga yang bertambah setiap bulannya.

Demikian beberapa akibat buruk jika kamu tak memiliki rencana keuangan dalam hidup. Dalam jangka panjang, dampak tersebut sangat merugikan hidupmu. Jika kamu belum menyusun rencana keuangan yang jelas, yuk segera miliki agar hidupmu lebih aman dan terproteksi secara finansial.

Baca Juga: 5 Kiat Hidup dengan Finansial Stabil, Mesti Bijak Atur Uang!

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya