Comscore Tracker

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabungan

Hari gini masih belum punya tabungan rekening?

Menabung adalah suatu kegiatan positif dalam hal keuangan yaitu menyimpan sebagian hartanya dalam hal ini adalah uang, ke dalam sebuah akun tabungan rekening pribadi. Tapi sebagian orang banyak masih belum sadar akan pentingnya sebuah tabungan rekening bank dalam kehidupan pribadi.

Sebagian dari mereka masih nyaman menaruh hartanya dalam sebuah lemari brankas, atau bahkan di tempat rahasia pribadi. Susah dan ribetnya proses pembukaan tabungan rekening bank, membuat sebagian orang malas membuat tabungan keuangan, dan memilih menyimpan hartanya dengan cara tradisional.

Padahal jika hal ini diteruskan, akan banyak hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan lho. Berikut 5 risiko yang terjadi jika kamu tidak punya tabungan rekening.

1. Keuangan yang boros

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening TabunganPixabay/derneuemann

Malam minggu sudah tiba, kekasih hati mengajak kencan di malam minggu. Namun saat lihat uang di dompet sudah kosong. Tidak terasa uang gajian numpang lewat begitu saja.

Begitulah sebagian potret kehidupan yang terjadi jika tidak punya tabungan rekening. Padahal tabungan mempunyai fungsi mengajarkan kamu untuk berhemat. Kamu akan terbiasa mengatur keuangan kamu dengan mudah.

Seperti, memisahkan pengeluaran konsumtif, dengan keuangan yang ditabung. Kalau sudah punya tabungan pasti kamu akan hemat, dan doi bisa kamu ajak kencan tiap malam minggu.

2. Rawan hilang atau dicuri

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening TabunganUnsplash/Rye Jessen

Niatnya sih ingin jadi Crazy Rich Asian, tapi menyimpan uangnya masih dengan cara tradisional, di dompet. Bukannya malah makin kaya, tapi uang hilang karena dicuri orang. Menaruh uang di lemari brankas di rumah bisa saja  terkena musibah kebakaran atau kebanjiran, dan uangnya tidak bisa terselamatkan. Gagal deh jadi orang kaya.

Menaruh uang di Tabungan rekening berfungsi juga untuk keamanan. Harta yang kamu simpan di tabungan, akan aman dan jauh dari sasaran target kriminal pencurian. Dengan menaruh uang di tabungan kamu akan menjadi kaya tanpa khawatir saldomu hilang dicuri orang atau terkena musibah.

3. Ribet saat bertransaksi

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening TabunganIDN Times/Helmi Shemi

Kebayang gak sih, beli barang seharga puluhan Juta Rupiah, terus pakai uang tunai setumpuk, lalu ditambah pecahan koin. Pasti ribet sekali ya saat transaksinya. Sudah capek-capek bawa uang tunai yang banyak di tas atau dompet. Terus kemungkinan uang hilang atau dicuri juga bisa terjadi.

Solusinya adalah taruhlah uangnya di tabungan pribadi. Lalu Bank mengeluarkan kartu debit ATM yang berfungsi untuk memudahkan kita untuk bertransaksi di toko. Jadi tidak perlu lagi bawa uang tunai ya dari rumah!

Baca Juga: 5 Keunggulan Ini Bakal Buat Kamu Betah Menggunakan BCA Keyboard

4. Sering berhutang dalam keadaan darurat

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening TabunganIDN Times/Arief Rahmat

Seseorang yang tidak memiliki tabungan akan mempunyai sifat boros, karena uang yang ada di kantung, dompet, atau brankas di rumah akan mudah cepat habis karena tidak terkontrolnya pengeluaran. Sifat manusia idealnya jika lihat uang, inginnya selalu dipakai atau dihabiskan.

Hal ini berdampak saat kamu mengalami keadaan darurat. Seperti sakit, terkena musibah, dan lain-lain. Jalan keluarnya adalah berutang untuk masalah yang dihadapinya. Peran penting tabungan juga bermaanfat untuk keadaan darurat.

Ketika sudah teratur menyisihkan keuangan di tabungan pribadi, saat musibah datang kamu tidak akan bingung, karena tinggal mengambil uang di tabungan pribadi. Jadi tidak perlu berutang ya.

5. Susah membeli barang impian

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabunganpixabay,com/jake

Setiap orang pasti punya barang impian yang ingin dimilikinya. Tapi apakah bisa barang impianmu bisa dibeli, jika kamu saja tidak punya tabungan? Pasti disaat gajian keluar, pengeluaranmu akan tidak terkontrol dan sadar uang sudah menipis. Alhasil tidak jadi membeli barang impian.

Dengan memiliki tabungan rekening, kamu akan menyisihkan sebagian gaji kamu untuk ditabung dengan tujuan membeli barang impian kamu. Bisa dengan mengikuti program tabungan berjangka dari bank.

Nah, itu adalah 5 risiko yang terjadi jika kamu tidak memiliki tabungan rekening. Rugi banget pastinya jika tidak punya tabungan rekening. Padahal di zaman serba simpel seperti sekarang ini, membuka rekening tabungan sangat sekali mudah. Mau tahu caranya?

5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabunganbca.co.id

Bank BCA sekarang memungkinkan kamu bisa membuka tabungan di mana saja, bahkan di tanggal merah sekalipun. Karena sudah #DibikinSimpel, caranya hanya unduh aplikasi BCA Mobile di smartphone kamu lalu pilih fitur Pembukaan Rekening Baru. Sebelum itu pastikan nomor yang digunakan belum pernah dipakai untuk mendaftar pembukaan rekening BCA Mobile.

Setelah itu siapkan dokumen data diri kamu seperti E-KTP, email, lalu ikuti langkah berikutnya untuk foto dokumennya, dan terakhir tanda tangan sesuai E-KTP. Pastikan gambar yang diambil atau difoto tidak buram. Setelah itu verifikasikan data kamu melalui video call dengan customer service HALO BCA. Proses pembukaan rekening pun sudah selesai.

Nah, mudah banget membuka rekening tabungan di BCA Mobile kan? Jadilah bagian dari #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN.

Baca Juga: Begini Cara Praktis Buka Tabungan untuk Para Difabel

M Sandy N Photo Community Writer M Sandy N

Blogger - Suka main games Console Nintendo dan Playstation -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You