Comscore Tracker

5 Langkah untuk Ubah Hobimu Jadi Ladang Bisnis

Kerja happy, dompet terisi. Gak minat nyoba?

Jakarta, IDN Times - Waktu luang umumnya dimanfaatkan untuk rehat dan menyalurkan hobi, terutama bagi kamu para millennials. Tapi ternyata, hobi bisa dibikin menjadi bukan sekadar hobi lho.

Jika kamu serius menggarap hobi kamu, itu bisa menjadi pemasukan tambahan lho. Bahkan tidak menutup kemungkinan, menjadi pemasukan utama. Bisnis yang didasari hobi punya potensi lebih sukses karena minat kamu yang tinggi dalam menjalankannya.

Bagaimana caranya menjadikan hobi kamu jadi lahan uangmu?

1. Kenali hobimu dengan detail dan mendalam

5 Langkah untuk Ubah Hobimu Jadi Ladang BisnisIlustrasi minum (IDN Times/Dwi Agustiar)

Semua bisnis ada tantangannya, termasuk yang berawal dari hobi. Hal terpenting utama yang harus dilakukan adalah memperdalam pengetahuanmu mengenai hobimu. Pastikan jangan sampai hanya asyik atau seru dilakukan namun tidak punya nilai jual.

Selain itu, tahap ini juga berguna untuk kamu lakukan supaya bisa siap-siap menghadapi jalan-jalan buntu dan berliku dalam menjalankan bisnis berdasarkan hobimu. Jadi biar gak kaget dengan efek atau dampak negatif dari hobimu.

Baca Juga: Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!

2. Pelajari dasar-dasar bisnis terkait hobimu yang berpotensi dikomersialkan

5 Langkah untuk Ubah Hobimu Jadi Ladang BisnisIlustrasi Sepatu (Sneakers) (IDN Times/Mardya Shakti)

Kalau punya lebih dari satu hobi bagaimana? Jangan khawatir, coba bikin daftar saja, tuliskan positif negatifnya. Kira-kira hobi mana yang lebih punya nilai jual sebagai ladang cuan.

Kalau sudah menentukan hobi yang akan "dijual", jangan lupa pelajari bisnis terkait bidang itu ya. Ketahui dasar-dasar bisnis yang menunjang untuk menjalankan hobimu itu. Jangan sampai linglung dalam menjalankannya.

3. Pahami target pasarmu dengan baik

5 Langkah untuk Ubah Hobimu Jadi Ladang BisnisIlustrasi Riset (IDN Times/Arief Rahmat)

Keuntungan yang kamu punya, kamu cukup menguasai hal-hal seputar bidang ini karena minat kamu memang di sini. Jangan lupa kenali dan pahami target pasarmu dengan baik. Mulai dari umur, jenis kelamin, hingga status ekonomi. Penting lho ini.

Selain itu, harus cari tahu juga hal-hal utama apa saja yang kamu butuhkan untuk menjadikan hobi mu sebagai bisnis. Mulai dari tenaga kerja hingga lokasi strategis untuk memulainya.

Meski yang dijadikan ladang cuan adalah hobi, harus tetap profesional ya mengurusnya. Kamu harus siap untuk mengulik bidang ini tidak hanya ketika sedang mood ketika mengerjakan hobi. Karena ini sudah menjadi urusan bisnis, kamu harus konsisten dan disiplin mengerjakan step-step bisnisnya.

4. Coba ajarkan hobimu kepada orang lain

5 Langkah untuk Ubah Hobimu Jadi Ladang BisnisIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Cara paling mudah untuk mulai membisniskan hobi adalah mengajarkan hobi tersebut kepada orang lain. Membuka kelas-kelas sederhana seperti kelas masak atau melukis sesuai hobimu.

Ini juga bisa membuat semakin banyak yang tertarik dengan hobimu, lho. Jadi target pasarmu akan bertambah.

5. Jangan lupa melakukan branding

5 Langkah untuk Ubah Hobimu Jadi Ladang BisnisIlustrasi media sosial (Sukma Shakti/IDN Times)

Millennials pasti fasih dong menggunakan media sosial. Nah, manfaatkan sosial media untuk mempublikasikan bisnis barumu yang tak lain juga hobimu.

Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, jangan lupa untuk melakukan branding. Supaya mudah diingat orang dan jadi pembeda dengan bisnis serupa.

Gimana? Jadi kepikiran gak bikin hobimu jadi ladang bisnis? Tapi gak boleh cepat menyerah ya. Coba terus sampai bisa!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya