Comscore Tracker

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!

Gak cuman selamatkan dunia tapi juga bawa cuan, coba yuk!

Jakarta, IDN Times - Tak lagi menjadi rahasia bahwa millennials dekat dengan keinginan untuk memulai bisnis bahkan dengan ide-ide antimainstream. Kamu salah satunya?

Tahu kah kamu, beberapa ide bisnis ternyata tak hanya bisa mendatangkan cuan, tapi juga bisa menyelamatkan dunia, lho. Umumnya ide bisnis ini bersifat eco-friendly. Nih, 7 ide bisnis yang bisa selamatkan dunia.

1. Bisnis furnitur dari barang bekas

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!IDN Times/Debbie Sutrisno

Sudah bukan lagi informasi baru kalau bisnis membuat furnitur dari barang bekas dapat menyelamatkan dunia. Kamu bisa coba menaikan nilai sebuah barang yang bagi orang sudah tak terpakai lagi dengan ide bisnis ini.

Nah, gak cuman menyelamatkan dunia, barang yang kamu jual, plus ide brilian kamu akan menjadi sangat keren. Lagi cukup tren lho, ide bisnis satu ini.

2. Restoran eco-friendly

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!Instagram/@rjl.co

Ingin banget punya cafe atau restaurant atau tempat makan milikmu sendiri? Konsep eco-friendly sepertinya sangat layak dipertimbangkan.

Eits, gak cuman soal menu makanan, tapi juga sampai ke suasana dan peralatan makan yang dipakai. Banyak lho barang-barang seperti piring, sendok, garpu, hingga sedotan yang kini lebih ramah lingkungan.

Sistem zero waste juga bisa diterapkan disini. Suasana yang eco-friendly juga bisa jadi penarik peminat lho karena bisa jadi lebih instagramable dibanding restoran tetangga.

Baca Juga: Tekuni Usaha Kecil Sang Ibu, Kini Imas Tuai Omzet Besar

3. Secondhand store

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!Koleksi Pre-Loved di HuntStreet.com . 22 November 2019. IDN Times/Geralda Talitha

Mencoba bisnis secondhand store ternyata gak cuman akan menyelamatkan kantong konsumen mu, tapi juga menyelamatkan dunia, lho. Daripada barang layak pakai hanya berakhir menjadi sampah dan sulit diurai, lebih baik dijual kembali bukan?

Ragam barang yang diperdagangkan juga beragam mulai dari aksesoris seperti jam tangan, tas, sepatu, buku hingga baju. Nah, yang suka thrift shopping pasti sudah biasa ya sama metode bisnis satu ini.

4. Organic Catering

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!unsplash.com/Mariana Montes de Oca

Membuka usaha katreng barbahan dasar sumber pangan yang organik juga bisa jadi salah satu opsi untuk dicoba, nih. Ide bisnis satu ini juga tergolong dapat menjadi penyelamat dunia.

Selain menyelamatkan dunia, dengan menerapkan ide bisnis ini, kamu juga bisa membantu petani-petani yang menerapkan pertanian yang organik. Juga sekaligus menyelamatkan kesehatan konsumen kamu.

Baca Juga: Kaos Tie Dye Hits Bisa Jadi Peluang Usaha, Cuma Modal Rp50 Ribu! 

5. Eco-friendly event planner atau event organizer

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!https://cottonstem.com/

Event planner pun organizer jadi salah satu ide bisnis yang cukup banyak digemari millennials. Memang menyenangkan bukan disibukkan untuk mempersiapkan satu acara?

Nah, konsep eco-friendly bisa banget kamu terapkan di event planner atau EO rintisanmu. Ornamen kartu undangan, dan material yang kamu gunakan bisa terbuat dari bahan daur ulang.

Gak cuman menyelamatkan dunia, hasilnya akan terlihat keren dan gak menutup kemungkinan bisa jadi pengeluaranmu lebih murah, lho.

Baca Juga: Agar Tidak Salah Pilih, Yuk Mengenal Partner Bisnis yang Tepat

6. Modifikasi dan bengkel sepeda

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!IDN Times/Larasati Rey

Nah, di masa transisi dalam situasi pandemik ini mendadak kegiatan gowes alias bersepeda kembali menjadi tren ya. Tebak apa ide bisnis yang bisa kamu ambil dari sini?

Yap, buka bengkel sekaligus untuk utak-atik dan modifikasi sepeda agar menjadi lebih keren dan nyaman bisa jadi opsi.

Gak hanya mendukung supaya orang tetap fit dengan bersepeda, kamu juga bantu mengurangi polusi dan menyelamatkan dunia lho jika makin banyak orang yang minat bersepeda saat sepedanya dipoles.

7. Bisnis tote bag pengganti plastik

Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!Ilustrasi Tote Bag (IDN Times/Anata)

Di sejumlah daerah, termasuk DKI Jakarta, penggunaan kantong plastik untuk berbelanja kini sudah di larang. Bagus sih untuk menyelamatkan dunia, tapi masalahnya orang jadi kebingungan nih bawa barang belanjaan pakai apa.

Gak jarang tas belanja terkesan terlalu plan dan tak menarik plus seolah bikin malu dibawa-bawa. Nah, coba ambil celah ini menjadi ide bisnis kamu.

Membuat tote bag keren yang bisa dibawa dengan bangga dan gak malu-maluin sama millennials lainnya saat belanja kayaknya bukan ide buruk kan? Mau coba?

Baca Juga: Mau Mulai Bisnis? Ini 10 Tips Sukses yang Cocok untuk Millennial

Topic:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya