Comscore Tracker

PT STAR AM Gandeng Bank Sinarmas Distribusi Produk Reksa Dana

Melonjaknya minat masyarakat berinvestasi di pasar modal

Jakarta, IDN Times -  PT Surya Timur Alam Raya (STAR) Asset Management mengembangkan jalur distribusi melalui Agen Penjual Reksa Dana (APERD) yang kredibel di Indonesia. Caranya, menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) distribusi produk reksa dana.

Kerja sama ini dilakukan merujuk melonjaknya minat masyarakat berinvestasi di pasar modal dan tren investasi. Itu memicu STAR Asset Management memperluas akses masyarakat untuk dapat berinvestasi pada instrumen reksa dana.

1. Dukung pertumbuhan inklusi keuangan di pasar modal

PT STAR AM Gandeng Bank Sinarmas Distribusi Produk Reksa Danaunsplash.com/austin distel

Direktur Utama Bank Sinarmas, Frenky Tirtowijoyo mengatakan, pihaknya pihaknya bersama STAR AM memberikan kontribusi mendukung pertumbuhan inklusi keuangan di pasar modal dengan menawarkan pengalaman berinvestasi reksa dana terbaik bagi investor, untuk retail maupun profesional.

Menurut Frenky, reksa dana terproteksi ini merupakan pilihan terbaik untuk investasi jangka menengah karena potensi imbal balik menarik dengan memaksimalkan rencana keuangan yang mapan di masa depan dan dikelola oleh manajer investasi yang profesional di bidangnya.

Direktur Bisnis Bank Sinarmas, Miko Andidjaja menambahkan, melalui kerja sama ini, nasabah dari Bank Sinarmas dapat dengan mudah mengembangkan dana melalui instrument reksa dana berkualitas ditawarkan oleh STAR AM. Salah satunya adalah STAR Protected XVIII, produk Reksa Dana Terproteksi yang baru saja diluncurkan 30 Agustus 2022.

STAR Protected XVIII merupakan Reksa Dana Terproteksi dikelola oleh STAR AM dengan indikasi imbal hasil sebesar 6 per per tahun yang dibayarkan setiap 3 bulan. Nasabah STAR Protected XVIII dapat melakukan penjualan kembali unit penyertaannya setelah 1 tahun 3 bulan sejak tanggal emisi dan akan jatuh tempo pada 24 Mei 2025. Selain itu, pokok investasi terproteksi 100% dan dapat dicairkan sesuai dengan tanggal pelunasan parsial dan akhir dengan tetap memperhatikan risiko-risiko investasi.

2. Sesuai bagi nasabah high net worth income

PT STAR AM Gandeng Bank Sinarmas Distribusi Produk Reksa DanaFoto oleh Alexander Mils dari Pexels

Miko menjelaskan, sebagai investor juga memiliki kesempatan untuk memperoleh hasil investasi relatif lebih tinggi dibandingkan dengan produk konvensional. Sebagai catatan, Reksa Dana Terproteksi (RDT) merupakan jenis produk reksa dana yang akan memberikan mekanisme proteksi terhadap pokok investasi investor hingga jatuh tempo, selama tidak terjadi risiko investasi dan investor tidak melakukan penjualan kembali sebelum maturity date.

Chief Marketing Officer STAR Asset Management, Hanif Mantiq mengatakan, RDT STAR Protected XVIII ini merupakan reksa dana sesuai bagi nasabah HNWI (High net worth income) Bank Sinarmas yang ingin melakukan diversifikasi portofolio investasinya namun tetap mendapatkan imbal hasil yang menarik dan risiko berkurangnya nilaipokok investasi yang terjaga.

Mekanisme proteksi RDT STAR Protected XVIII dilakukan melalui investasi pada underlying asset berupa obligasi berkelanjutan I Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry tahap II tahun 2022 seri B yang telah mendapatkan rating idA dari Pefindo dan Obligasi Berkelanjutan III Adhi Karya Tahap III Tahun 2022 Seri A yang juga mendapat rating idA- dari Pefindo.

"Pada hari peluncuran, RST STAR Protected XVIII berhasil membukukan dana kelolaan sebesar 203,1 miliar dari 222 nasabah HNWI Bank Sinarmas," papar Hanif.

3. Bantu nasabah mengembangkan portofolio dan mencapai tujuan investasi

PT STAR AM Gandeng Bank Sinarmas Distribusi Produk Reksa DanaIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Reita Farianti, Chief Executive Office STAR AM, menyampaikan, kerja sama ini sejalan dengan misi STAR AM menyediakan ragam pilihan produk investasi dapat membantu nasabah mengembangkan portofolio dan mencapai tujuan investasinya. Ia optimistis, menggandeng Bank Sinarmas, STAR AM sebagai manajer investasi yang memiliki tim investasi yang kredible dan berpengalaman di Industri Pasar Modal, dapat memberikan manfaat terbaik dan keunggulan berinvestasi pada reksa dana kepada masyarakat secara lebih luas khususnya dalam memenuhi kebutuhan perencanaan investasi nasabah secara jangka panjang.

Ia menambahkan, kerja sama dengan Bank Sinarmas ini menunjukkan kesiapan STAR AM selaku manajer investasi dan kredibilitas produk-produknya yang terjaga sehingga dapat menggandeng bank sebagai salah satu jalur distribusi. "Tentunya izin yang diberikan OJK kepada STAR AM terkait kerjasama dengan bank sebagai jalur distribusi ini, akan mendukung strategi kami dalam membesarkan dan memperluas mitra distribusi produk kami melalui channel APERD baik perbankan, sekuritas maupun fintech,” urainya.

Hingga saat ini STAR Asset Management telah bekerjasama dengan 14 APERD termasuk Bank Sinarmas dan telah mencatatkan Total AUM Reksa Dana dan KPD sebesar Rp14,2 triliun per 30 September 2022. Pertumbuhan ini cukup signifikan jika dibandingkan posisi AUM di akhir tahun 2021 yaitu sebesar Rp7,9 triliun.

Baca Juga: Dear Investor, Ini 5 Tips Optimalkan Reksa Dana saat Resesi

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya