Comscore Tracker

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kaya

Jangan boros-boros guys...

Uang membantu kita menjalani kehidupan dan impian, selama kita memiliki penghasilan yang besar dan tidak terlalu banyak menghabiskannya. Karena itu, sebagian besar dari kita sibuk menyeimbangkan pengeluaran pribadi dan pemasukan untuk memastikan bisa memiliki rumah dan makanan yang layak dimakan setiap hari.

Ada pula yang tidak bisa mengatur keuangan dan hidup disetir oleh gaji dan tagihan kartu kredit mereka. Meski penghasilan dan pekerjaan seseorang sama, namun pengelolaan keuanganlah yang akan menentukan keadaan ekonominya.

Umumnya orang-orang yang kaya raya sangat mampu mengelola keuangan mereka dengan baik dan bijak, seperti beberapa aturan keuangan yang sering mereka terapkan di bawah ini.

1. Aturan 24 jam

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayafq.co.nz

Orang-orang kaya terbiasa dengan  aturan 24 jam. Mereka mungkin jarang berpikir dua kali untuk membeli barang mahal, tetapi mereka akan memberikan waktu sehari sebelum benar-benar mengambil keputusan.

Pembelian impulsif terjadi dari pemicu emosional dan sering kali tidak perlu. Tanyakan pada diri sendiri mengenai keinginan dan kebutuhanmu sehingga kamu tidak akan terlalu banyak berbelanja.

2. Bayar tunai

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayaflickr.com

Kadang hidup tanpa uang tunai baik untuk dompet kamu tetapi itu akan sama saja jika kamu menggunakan tagihan kartu kredit. Orang yang strategis akan lebih memilih menghabiskan uang secara tunai daripada menggunakan kartu, terutama untuk pembelian yang lebih kecil.

Orang kaya hidup dengan kebiasaan menjauhkan diri dari hutang sebanyak mungkin. Kamu bisa mulai membayar makananmu secara tunai dan menghindari pengunaan kartu kredit untuk mengawasi pengeluaranmu.

3. Tetapkan anggaran dan patuhi

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayathebalance.com

Ini terdengar klise tetapi menetapkan anggaran yang jelas pada hari gajian kamu dan berpegang teguh pada itu akan membantu kamu menghemat banyak uang. Kamu bisa mencoba mengaudit sendiri pendapatan vs. pengeluaranmu. Coba anggarkan dengan aturan 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan lain dan 20% untuk tabungan.

4. Membelanjakan uang pada hal-hal yang lebih bermanfaat

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayalbb.in

Kamu tidak perlu sengsara untuk menghemat uang. Orang kaya berbelanja hal-hal yang menjamin investasi jangka panjang. Melakukan pembelian yang membantu dan berkontribusi pada pekerjaannya saat ini, atau menambah daya penghasilan secara keseluruhan adalah baik.

Contohnya jika kamu seorang pekerja kantor kamu bisa berbelanja pakaian kantor, laptop yang bagus, atau mobil yang handal.

5. Tidak ragu menggunakan layanan yang bisa menghemat waktu

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayatechinasia.com

Orang kaya biasanya tidak menghindari diri dari membelanjakan uang pada layanan yang dapat menghemat waktu dan penderitaan mental mereka. Mereka fokus pada investasi daripada pengeluaran. Seperti membawa barang belanjaan ke rumah, menggunakan layanan binatu, atau menyewa apartemen untuk tetap dekat dengan pekerjaan yang bisa menambah waktu berkualitas bagi hidup.

Hal-hal ini mungkin lebih mahal tetapi itu akan memberi banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat bahagia.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Penting

6. Mendahulukan tagihan

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayahighlights.com

Orang kaya memahami pengeluaran tetap yang harus dia bayar dengan segera. Ini adalah salah satu hal yang dilakukan oleh mereka yang pandai mengelola keuangan. Dengan aturan membayar tagihan tepat waktu melalui sistem otomatis sehingga mereka memiliki pandangan yang jelas tentang bagaimana menghabiskan sisa uang mereka.

7. Membuat daftar belanja bulanan

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayaopachef.com

Tentunya hampir semua orang menyukai kegiatan belanja. Namun, membeli barang diskon tidak selalu sama dengan menghemat uang. Meskipun menguntungkan, pada akhirnya itu akan membuat kamu menghabiskan lebih dari yang seharusnya karena membeli barang-barang yang bahkan tidak kamu butuhkan.

Orang yang mahir dengan uang menyarankan untuk merencanakan daftar belanjaan terlebih dahulu dan menjadwalkan pembelian besar sehingga bisa mendapatkan penawaran yang bagus.

8. Berinvestasi pada sesuatu yang membuat bahagia

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayaredmondpie.com

Membeli barang-barang yang membuat kamu bahagia akan itu menambah gairah hobimu dan itu tidak apa-apa. Orang kaya lebih banyak bekerja keras dan juga bermain lebih sering bermain. Mereka memastikan untuk mencintai apa yang mereka lakukan dan berinvestasi dalam hal-hal yang membuat mereka bahagia.

Jika kamu menyukai astronomi atau dunia rasi bintang, membeli sebuah teleskop tidak apa-apa selama tabungan kamu memungkinkan dan bisa membuatmu benar-benar bahagia.

9. Mengumpulkan uang sisa kembalian

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayablogs.oracle.com

Banyak orang membenci uang receh. Setelah kamu menjatuhkan koin dari dalam saku atau tasmu misalnya, mungkin kamu lebih memilih untuk melupakannya. Padahal, setiap rupiah uang yang kamu simpan dapat menjadi tabungan yang menumpuk dan bisa kamu gunakan.

Mulai sekarang simpanlah uang sisa belanjamu dan gunakan kembali untuk membeli secangkir kopi atau camilan agar pengeluaran harian kamu menjadi lebih minin.

10. Memperbaiki sebelum membuang

10 Aturan Keuangan yang Biasa Dilakukan Orang-orang Kayaviennawurstelstand.com

Selain suka berinvestasi, orang kaya juga akan lebih banyak mepertimbangkan diri sebelum membeli barang baru. Mereka lebih suka memperbaiki mesin dan gadget saat rusak sebelum memasukkannya ke tempat sampah.

Memperbaiki hal-hal yang memang masih bisa diperbaiki akan menghemat uang dan juga melestarikan lingkungan karena itu sama seperti mendaur ulang.

So guys, itu tadi beberapa tips menghemat uang yang biasa dilakukan orang-orang kaya. Apa kamu punya tips lain yang bisa membantu kamu mengahadapi krisis keuangan? Bagi tipsnya di komentar ya!

Baca Juga: 5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahun

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You