Comscore Tracker

Penting Banget, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun

Yuk, mulai dipersiapkan dari sekarang

Dana pensiun biasanya disiapkan dalam waktu yang panjang, misalnya dalam jangka sepuluh atau lima belas tahun. Tentu saja, akan ada tujuan jangka pendek dan menengah di tengah-tengah persiapan dana pensiun yang terkesan lebih urgent.

Padahal, di periode tersebut harusnya seseorang sudah memiliki aset dalam jumlah besar dan bisa menghasilkan. So guys, berikut ini beberapa alasan lain mengapa kamu harus lebih memperhatikan dana pensiun.

1. Saat pensiun kamu tidak lagi mempunyai penghasilan

Penting Banget, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiununsplash.com/@eepeng

Di masa pensiun, sudah seharusnya kamu tidak lagi bekerja. Meskipun ada di antara kamu yang ingin tetap bekerja setelah masa pensiun datang, tetapi alasan kamu bekerja seharusnya tidak lagi untuk mencari sesuap nasi.

Artinya, di periode tersebut kamu harus sudah memiliki aset yang bisa menghasilkan uang sehingga jika kamu ingin bekerja adalah untuk kesenanganmu sendiri.

2. Biaya hidup akan naik karena inflasi

Penting Banget, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiunfogwillandjones.com

Dalam tiga tahun terakhir, data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa inflasi di Indonesia kira-kira sekitar 5% per tahunnya. Menggunakan asumsi tersebut, jika kamu saat ini berusia tiga puluh tahunan dan biaya hidupnya sekitar Rp2 juta per bulan, nanti di usia pensiun biaya hidup kamu menjadi setara dengan Rp6,7 juta per bulan. Artinya ini perlu perhatian khusus, kamu harus segera mempersiapkan dana masa depan.

Baca Juga: 5 Metode Menabung Paling Ampuh, Meski Gaji Pas-pasan!

3. Kebutuhan biaya pensiun yang besar

Penting Banget, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiununsplash.com/@agent_illustrateur

Apakah gaya hidup kamu saat ini bisa bisa tetap kamu pertahankan? Saat masa pensiun nanti, akan beda sekali cara hidup yang kamu lakukan dibandingkan dengan masa di mana orang tuamu atau kakek dan nenekmu pensiun saat ini. Jika di masa pensiun orang tua saat ini banyak sekali yang senang melakukan traveling, bagaimana dengan masa pensiunmu nanti?

4. Mencegah sandwich generation

Penting Banget, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiuncrescerefiglialtrui.typepad.com

Sandwich generation adalah istilah bagi orang yang sibuk bekerja keras demi mendukung hidup orang tuannya yang sudah pensiun, sekaligus menyokong kehidupannya sendiri atau anaknya yang masih kecil.

Sehingga dia terjepit di tengah-tengah seperti roti lapis (sandwich). Karena itu, agar hal ini tidak terulang kembali, kamu perlu mempersiapkan dana pensiun, sehingga anak-anakmu nanti tidak menjadi sandwich generation.

5. Memanfaatkan compound interest

Penting Banget, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiununsplash.com/@adeolueletu

Compound interest adalah hasil investasi yang terus bergulung. Sehingga, jika kamu berinvestasi sejak muda dan uang yang investasi tersebut terus bergulung bersama hasilnya, maka, setoran yang kecil-kecil, suatu hari akan jadi jumlah yang besar dan bisa menjadi modal untuk menghasilkan aset yang dapat menghasilkan dana pensiun untukmu.

Nah itulah beberapa alasan mengapa dana pensiun penting untuk dipersiapkan. Jadi, apa kamu masih tidak ingin membahas soal dana pensiun?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Berinvestasi Meski Gajimu Gak Gede

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You