Comscore Tracker

5 Tips Agar Bisa Mapan Secara Finansial, Siap Sambut Sukses Lebih Awal

Yuk, persiapkan dari sekarang!

Salah satu penentu kesuksesan biasanya dinilai dari kemapanan finansial seseorang. Siapa sih yang tidak ingin menjadi mapan?

Eits, tapi keinginan menjadi orang yang mapan secara finansial bukan hanya jadi suatu angan-angan ya! Pastikan kamu memang benar-benar ingin mencapainya. Tidak terlalu sulit kok, ini nih lima tips yang harus jadi strategimu dalam meraihnya.

Simak yuk!

1. Bebas dari jeratan utang

5 Tips Agar Bisa Mapan Secara Finansial, Siap Sambut Sukses Lebih Awalunsplash.com/@cdubo

Lilitan utang adalah tanda seseorang memiliki kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena tidak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran, membuat seseorang terpaksa meminjam uang orang lain sebagai gantinya.

Membiasakan diri dengan berutang bukanlah hal yang baik. Karena kebiasaan berutang hanya akan menambah beban pengeluaran pada pemasukan berikutnya. Alangkah lebih baik jika merasa cukup dan mau meminimalisir pengeluaran agar lebih hemat.

2. Memiliki lebih dari satu sumber penghasilan

5 Tips Agar Bisa Mapan Secara Finansial, Siap Sambut Sukses Lebih Awalunsplash.com/@adeolueletu

Orang yang mapan dalam kondisi keuangannya memiliki banyak cadangan dari berbagai sumber pundi-pundi uang. Tidak hanya bekerja pada satu pekerjaan, melainkan juga giat mencari pekerjaan sampingan yang bisa menambah pemasukannya.

Biasanya selain bekerja sebagai karyawan dibarengi juga dengan berbisnis atau menggeluti profesi sampingan lainnya. Jadi ketika salah satu sumber penghasilanmu tersendat atau kurang, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan uang dari penghasilan lainnya.

Baca Juga: Mudah Kok, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Masa Depan

3. Punya manajemen keuangan yang tegas

5 Tips Agar Bisa Mapan Secara Finansial, Siap Sambut Sukses Lebih Awalunsplash.com/Cathryn Lavery

Disiplin harusnya diterapkan dalam semua aspek kehidupan. Pun, dalam pengelolaan keuangan pribadi, ada baiknya untuk tegas dan memiliki manajemen yang baik. Kamu bisa memulainya dengan tidak menyepelekan uang receh, karena jika dikumpulkan uang receh bisa bernilai besar.

Jangan pula terlalu mudah mengeluarkan uang tanpa tujuan dan dasar yang jelas. Pastikan kamu tahu ke mana saja uangmu kamu keluarkan dan dari mana saja uangmu datang. Harus ada pencatatan yang jelas dan mendetail agar kamu bisa tahu arus keuanganmu.

4. Jarang membeli barang atau mengeluarkan uang

5 Tips Agar Bisa Mapan Secara Finansial, Siap Sambut Sukses Lebih Awalunsplash.com/@clemono2

Orang yang mapan bukan berarti harus memiliki gaya hidup serba mewah. Karena kekayaan tidak harus ditunjukkan dengan gaya hidup berlebihan. Justru orang yang mapan harusnya lebih hati-hati mengendalikan keuangannya.

Hidup sederhana di tengah kemapanan itu jauh lebih baik karena kemapanan diperoleh dari kebijaksanaan dalam menyikapi pengeluaran. 

Tekanlah pengeluaranmu dengan membatasi diri dari membeli atau membayar sesuatu yang memang tidak kamu butuhkan. Pastikan kamu mendahulukan kebutuhan, kemudian mempertimbangkan berbagai keinginan yang kamu mau.

5. Sudah memiliki inventasi

5 Tips Agar Bisa Mapan Secara Finansial, Siap Sambut Sukses Lebih Awalunsplash.com/@f7photo

Investasi bukan dalam bentuk uang saja kok! Kalau kamu cerdas, kamu harusnya sudah mempersiapkan investasi yang bisa menjadi bekal keuanganmu ke depannya. Banyak kok jenis investasi yang bisa kamu siapkan misalnya, investasi pendidikan, kesehatan, rumah, dan sebagainya.

Intinya, pilihlah jenis investasi yang bernilai penting dan memiliki manfaat untuk jangka panjang sehingga bisa menjadi modal berhargamu di masa depan nantinya.

Itulah tadi lima tips agar bisa menjadi pribadi yang mapan secara finansial. Yuk, mulai terapkan dari sekarang agar kamu siap menyambut kesuksesanmu lebih awal!

Baca Juga: 5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru yang Bikin Hidupmu Jadi Lebih Makmur

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya