Comscore Tracker

5 Fakta Bitcoin, Mata Uang Kripto Paling Terkenal di Dunia

Siapa sih yang belum tau bitcoin? 

10 tahun yang lalu masyarakat belum begitu mengenal tentang mata uang kripto. Namun, sekarang kepopuleran mata uang kripto melonjak sejak mata uang kripto dipakai beramai-ramai sebagai salah satu bentuk investasi masa depan. Berbagai mata uang kripto lahir dalam 10 tahun terakhir seperti bitcoin, ethereum, dogecoin, binance coin dan lain-lain.

Bitcoin menjadi mata uang kripto paling populer di kalangan masyarakat awam. Bitcoin bukanlah mata uang kripto paling mahal sedunia. Namun, kepopuleran bitcoin membuat namanya sering sekali disangkut-pautkan sebagai pelopor mata uang kripto di dunia. Ada beberapa fakta tentang Bitcoin yang mungkin baru kamu tahu.

1. Nilai keseluruhan bitcoin mencapai hampir Rp13.580 triliun 

5 Fakta Bitcoin, Mata Uang Kripto Paling Terkenal di Duniailustrasi pasar mata uang ( https://unsplash.com/@executium)

Bitcoin sekarang memang bukan mata uang kripto paling mahal. Namun, ketenaran bitcoin membuat orang-orang percaya bahwa harga bitcoin akan lebih stabil dibanding mata uang kripto lainnya.

Sejak diciptakannya bitcoin di tahun 2009, nilai total pasar bitcoin sekarang menyentuh 907 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp13.580 triliun. Nilai sebesar itu hampir 7 kali lipat nilai APBN Negara Indonesia tahun 2021.

2. Pencipta bitcoin masih misterius hingga saat ini 

5 Fakta Bitcoin, Mata Uang Kripto Paling Terkenal di Duniailustrasi misterius (https://unsplash.com/@zayyerrn)

Bitcoin pertama kali diciptakan tahun 2009 oleh seseorang yang mengatasnamakan dirinya Satoshi Nakamoto. Namun, orang-orang tidak percaya bahwa nama tersebut adalah benar-benar nama pencipta bitcoin.

Hingga saat ini, kemisteriusan Satoshi masih tertutup rapat. Orang-orang hanya bisa mempergunakan bitcoin tapi belum bisa mengetahui sosok asli pencipta bitcoin.

Baca Juga: El Salvador Akan Bangun Kota Bitcoin dan Rilis Bitcoin Bond

3. Negara yang pertama kali menggunakan bitcoin 

5 Fakta Bitcoin, Mata Uang Kripto Paling Terkenal di Duniailustrasi globe (https://unsplash.com/@kylejglenn)

El Salvador menjadi negara pertama yang resmi menggunakan bitcoin. Tidak hanya menggunakan bitcoin, pemerintahan El Salvador secara terang-terangan menambang bitcoin di saat negara lain masih ragu menggunakan uang mata kripto.

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, memerintahkan perusahan listrik milik negara untuk menambang bitcoin menggunakan sumber energi vulkanik. El Salvador memiliki 20 gunung berapi yang digunakan sebagai sumber energi masyarakatnya.

4. Harga per koin hampir menyentuh Rp1 Miliar

5 Fakta Bitcoin, Mata Uang Kripto Paling Terkenal di Duniamata uang (https://unsplash.com/@mkaminski)

Pada 10 November 2021, bitcoin menyentuh harga tertinggi sepanjang masa dengan nilai sekitar 69.000 dolar Amerika atau Rp966 juta, kurang Rp34 juta untuk mencapai nilai Rp1 miliar. Pada saat menyentuh harga tertinggi tersebut, total nilai pasar bitcoin mencapai 3 triliun dolar AS.

5. 90 persen dari total bitcoin telah ditambang  

5 Fakta Bitcoin, Mata Uang Kripto Paling Terkenal di Dunianilai tukar mata uang (https://unsplash.com/@executium)

Dilansir Bockchain, pada Desember 2021, 90 persen dari total keseluruhan bitcoin telah ditambang. Sisanya diperkirakan tidak bisa ditambang hingga tahun 2140.

Hingga waktu yang belum ditentukan, penambangan bitcoin akan semakin sulit. Kenaikan harga bitcoin hanya akan diramaikan oleh aktivitas jual beli bitcoin saja.

 

Seiring dengan populernya bitcoin, banyak pula mata uang kripto lainnya yang ikut populer. Diperkirakan ada sekitar 16.000 lebih mata uang kripto yang ada di pasar. Itu artinya hampir 21 mata uang kripto lahir tiap harinya.

Dengan banyaknya orang yang memanfaatkan mata uang kripto sebagai salah satu bentuk investasi, maka naik pula harga-harga kripto di pasaran. Namun, apakah mata uang kripto akan bertahan dalam jangka waktu yang lama?

Baca Juga: Cara Pakai Saldo Sisa di Dompet Kripto Biar Gak Sia-sia

Mohamad Teguh Photo Writer Mohamad Teguh

https://teguhgetuk.wordpress.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya