Comscore Tracker

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!

Hutang produktif kok, gak bakal rugi-rugi amat...

Mendapatkan pekerjaan di luar kota pastinya banyak tantangan yang harus dihadapi. Harus hidup mandiri, mengatur keuangan untuk kebutuhan pribadi, memberi untuk keluarga di rumah, dan menabung.

Bagi yang sudah merantau lebih dari 2 tahun mungkin punya impian untuk memiliki rumah di tanah rantau, tapi kebimbangan sering melanda karena berbagai hal. Berikut 6 hal yang bisa bikin kamu mantap untuk segera ajukan KPR, simak ya!

1. Daripada sewa kos atau apartemen

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!unsplash.com/@kredit

Daripada setiap bulan harus mengeluarkan uang untuk bayar sewa kost atau apartemen, mending alihkan itu ke cicilan rumah. Gak jauh beda kok harganya, misalnya kos di Jabodetabek saja kisarannya Rp700 ribu sampai Rp2 juta, sedangkan cicilan rumah dimulai dari Rp1 jutaan untuk yang subsidi dan Rp2 jutaan untuk yang non subsidi. 

2. Bentuk investasi

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!unsplash.com/@tierramallorca

Mungkin kamu memang belum memutuskan untuk tinggal di tempat rantau selamanya, tapi jika sampai bertahun-tahun cuma sewa tempat tinggal. Sayang rasanya mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak dimiliki, coba buka pikiran bahwa rumah bisa jadi ladang investasi masa depan meski tidak kita tinggali. Bisa disewakan kembali, dibuat usaha kostan, atau over kredit dengan harga yang gak bakal bikin rugi.

Baca Juga: Inspirasi Rumah KPR dengan LB 65m, Ada Dapur Terbuka Merangkap Taman

3. Ingat, harga rumah selalu naik

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!Unsplash.com/@brenoassis

Dari tahun ke tahun, harga properti termasuk rumah yang subsidi maupun non subsidi sudah pasti naik, entah itu berapa persen yang jelas makin mahal. Kalau sekarang ada biaya tapi masih suka menunda atau masih dalam keraguan, tapi akhirnya tetap mengambil rumah di tahun berikut-berikutnya, apa gak akan nyesel tuh?

4. Biar kerja ada hasilnya

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!unsplash.com/@scottwebb

Bagi pekerja yang jauh dari orang tua, mungkin akan sulit mengatur isi dompet. Ajakan hangout dari teman yang gak ada habisnya, godaan gadget baru, sampai habis di pinjam orang. Nah, daripada uang gaji kamu tidak jelas larinya ke mana dan selalu saja habis. Menyicil rumah salah satu solusinya, kamu jadi punya tabungan masa depan dan sadar saat ingin menghamburkan uang dengan cuma-cuma.

5. Sebagai motivasi kerja

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!unsplash.com/@kredit

Kalau sudah ada tanggungan rumah gini, yang tadinya kerja seadanya yang penting tugas selesai, atau malas lembur, bisa merubah kamu jadi lebih rajin. Kamu bisa jadi lebih semangat melakukan improvement di tempat kerja dan peluang naik jabatan terlihat sangat menantang untuk diraih. 

6. Peluang di acc bank lebih besar

6 Alasan Penting Pekerja Rantau Perlu Mengajukan KPR, Jangan Ditunda!unsplash.com/@tierramallorca

Saat bekerja, maksimalkan status kepegawaian kamu. Syarat pengajuan KPR salah satunya adalah memiliki penghasilan tetap. Akan lebih mudah prosesnya jika sekarang apalagi kalau kamu tidak punya cicilan sama sekali di luar sana, bank akan lebih menyukai calon nasabah seperti ini dan tentunya bakal acc pengajuan KPR kamu.

Itulah 6 hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk membeli rumah kredit di tempat rantau, tapi tetap pikirkan matang-matang ya sebelum ambil keputusan ini.

Baca Juga: Renovasi Rumah KPR dengan Dapur Outdoor, Ajaib!

Nazhifatun Nurul Photo Community Writer Nazhifatun Nurul

-just write to express anything-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Indra Zakaria

Just For You