Comscore Tracker

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerja

Jangan boros, masih ada esok hari

Gaji mungkin adalah hal yang paling dinantikan oleh kamu yang baru saja memasuki dunia kerja. Pasti kamu sudah banyak hal yang ingin kamu beli dengan gajimu itu. Tapi ingat sudah seharusnya kamu bijaksana dalam menggunakan uang yang kamu hasilkan dengan kerja kerasmu itu. Jangan biarkan uang yang sudah kamu peroleh dengan susah payah itu habis begitu saja tanpa ada manfaat yang berarti.

1. Pisahkan sebagian gajimu untuk berbagai kebutuhan

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerjabenefitspro.com

Pisahkan sebagian gajimu untuk kebutuhan sehari-harimu untuk satu bulan kedepan. Misalnya buat anggaran masing-masing untuk biaya kost, ongkos, makan, dan pulsa. Segera bayarkan hal-hal yang paling penting ketika kamu mendapatkan gaji.

Untuk anggaran makan dan ongkos, ada baiknya kamu pisahkan dalam jangka mingguan agar kamu lebih mudah mengaturnya. Tak lupa kamu sisihkan juga untuk dana tak terduga ya.

2. Sisihkan untuk orangtuamu

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerjahttp://www.talkgeo.com

Kamu mampu bekerja saat ini tidak terlepas dari peranan orangtuamu bukan? Untuk itu ada baiknya kamu sisihkan sebagian gajimu untuk orangtuamu. mereka pasti merasa diringankan dengan pemberian darimu.

Kalaupun orangtuamu berkecukupan dan tidak mau diberikan uang, kamu bisa membelikan kado atau sekedar makan bersama di luar bersama. Pasti orangtuamu akan senang karena merasa diperhatikan oleh kamu.

3. Makan tak melulu harus mahal

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia KerjaUnsplash.com/pablomerchanm

Kamu harus komitmen dengan jumlah uang yang sudah kamu anggarkan untuk makan dalam sebulan. Jangan sampai uangnya sudah habis sebelum gajian. Sebaiknya kamu makan di tempat yang biasa-biasa saja, yang penting makanannya bersih dan sehat itu sudah cukup untuk mencukupi asupan kamu.

Tapi bukan berarti kamu tidak boleh makan enak di restauran mahal. Asal tidak terlalu sering, kamu masih boleh kok makan enak sambil bersosialisasi dengan temanmu.

Baca Juga: 5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depan

4. Jangan lupa menabung

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerjapexels.com/maitree rimthong

Mungkin kamu bosan dengan yang satu ini karena sejak kecil kamu sudah diajarkan untuk menabung. Tapi diingetin lagi nih karena pada kenyataannya, pasti masih banyak yang belum menabung kan?

Kalau bisa buat akun tabungan baru yang khusus untuk menabung. Ada beberapa bank di Indonesia yang menyediakan Tabunganku, yaitu tabungan dengan biaya administrasi bulanan yang sangat rendah atau malah tanpa biaya administrasi sama sekali. Pas banget kan buat menabung?

5. Jangan demam gadget

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia KerjaUnsplash/rawpixel

Memiliki gadget keluaran terbaru dengan segala fitur kerennya mungkin memiliki kebanggaan tersendiri buat kamu. Tapi perlu diingat, teknologi merupakan hal yang sangat cepat berkembang. Tak heran hanya dalam beberapa bulan sudah muncul gadget keluaran baru.

Tapi pikirkan matang-matang sebelum membeli gadget. Apakah betul-betul kamu membutuhkan gadget tersebut atau hanya keinginan semata? Perlu diingat pula bahwa harga gadget itu tidak murah lho guys.

6. Jangan lihat-lihat online shop

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia KerjaUnsplash/Kobu Agency

Pernah gak sih kalian jadi tergiur membeli barang setelah kamu liat di online shop, tapi setelah barang sampai kamu berpikir sebenarnya kamu gak butuh-butuh banget barang itu. Nah itulah the power of online shop. Tipsnya kamu boleh lihat online shop saat kamu memang sudah tau mau beli barang apa, lalu fokus sama barang itu saja.

7. Ingat kembali tujuan besar dalam hidupmu

7 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia KerjaUnsplash/Tinh Khuong

Alih-alih membeli barang-barang yang kurang bermanfaat, lebih baik kamu ingat lagi tujuan besar dalam hidupmu terutama yang membutuhkan banyak biaya. Melanjutkan pendidikan, membeli rumah, membuka usaha, membeli kendaraan, menaikhajikan orang tua, menikah, dan banyak hal yang kamu inginkan kelak pada kenyataanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan mengingat tujuan besar dalam hidupmu pasti kamu akan memakai uang kamu lebih bijaksana bukan?

Gaji pertama bolehlah dibelikan sesuatu untuk mengingat hasil usahamu. Tapi untuk gaji-gaji selanjutnya, jangan lupa ditabung ya!

Baca Juga: 5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahun

Nina karenia Photo Community Writer Nina karenia

Pecinta seni, musik dan fashion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You