Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengelola Pendapatan Pas-pasan saat Kuliah, Bisa Nabung!

Usaha terus yuk!

Pendapatan pas-pasan menjadi salah satu kendala mahasiswa saat berkuliah, kebutuhan dan keinginan yang banyak juga akan membuatmu bingung dalam mengaturnya. Untuk itu kamu perlu merencanakan keuangan yang matang ketika berkuliah dan mendapat penghasilan yang pas-pasan.

Bekerja dan kuliah memang tidak mudah, ada banyak sekali rintangan yang perlu kamu hadapi di luar sana. Tetaplah tenang di segala situasi, kamu hanya membutuhkan rencana yang matang untuk mencobanya.

Berikut lima cara mudah kelola pendapatan pas-pasan saat kuliah, apa saja?

1. Beli kebutuhanmu seefektif mungkin

5 Cara Mudah Mengelola Pendapatan Pas-pasan saat Kuliah, Bisa Nabung!unsplash.com/bantersnaps

Hidup memiliki banyak sekali kemungkinan yang tak terduga, namun kamu perlu membatasi itu semua serta memilah mana yang butuh dan hanya keinginan semata.

Sepele dan terlihat sederhana, banyak sekali orang yang selalu boros dan tak cermat dengan apa yang mereka miliki. Untuk itu kamu perlu mengatur dan membatasi dana keluar agar tak menjadi hal yang rumit saat mendapat pemasukan yang cukup.

2. Sempatkan investasi

5 Cara Mudah Mengelola Pendapatan Pas-pasan saat Kuliah, Bisa Nabung!unsplash.com/Felix Rostig

Properti saham dan investasi lainnya dapat kamu coba selagi muda, meski sedang berkuliah kamu wajib tahu bahwa investasi sangat penting bagi masa depanmu. Anak muda perlu melek investasi agar tak kecenderungan menabung namun tak membuahkan hasil.

Meski terlihat rumit, investasi memiliki trik - trik sendiri. Kamu dapat belajar dari blog maupun YouTube dan mencari tahu beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan agar tak salah jalan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

3. Minim pengeluaran

5 Cara Mudah Mengelola Pendapatan Pas-pasan saat Kuliah, Bisa Nabung!unsplash.com/Vince Fleming

Kuliah juga merupakan aspek penting, kamu perlu mencari pendapatan lebih dan bekerja keras membagi waktu kuliah dan bekerja. Tak semua orang memiliki ide untuk berusaha lebih dan mencari waktu senggang untuk berkarya.

Kamu harus meminimalisir sedetail mungkin untuk mengeluarkan dana yang tak penting, kurangi nongkrong dan berteman dengan seseorang hanya untuk menghabiskan waktu bersama. Dirimu perlu perubahan yang membuat hidupmu lebih baik ke depannya.

4. Cari penghasilan sebanyak mungkin

5 Cara Mudah Mengelola Pendapatan Pas-pasan saat Kuliah, Bisa Nabung!unsplash.com/Vil Son

Dunia maya saat ini memiliki banyak sekali peluang yang bisa kamu coba, dengan menjual foto maupun jadi freelancer yang bisa kamu lakukan di mana saja. Tekuni bidangmu dan dalami apa saja yang kamu suka.

Jadikan hal ini pemicu semangatmu untuk terus berkarya dan mencari peluang untuk bekerja dan mendapat sumber penghasilan dari beberapa pekerjaan yang ada. Meski tak mudah dirimu dapat membaginya beberapa waktu dan menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan yang ada.

5. Persiapkan rencana jangka panjang

5 Cara Mudah Mengelola Pendapatan Pas-pasan saat Kuliah, Bisa Nabung!unsplash.com/Ben White

Perencanaan yang cukup akan menjadi hal yang berarti bagi dirimu untuk menyiapkan keuangan yang ada, kamu dapat membaginya ke beberapa keperluan mulai dari keperluan kuliah hingga pribadi.

Buku catatan perlu kamu bawa untuk mengecek apa yang kamu butuhkan bulan ini, simpan struk belanjaan dan jangan sampai kehilangan uang sia-sia. Hal ini penting untuk kamu yang selalu kejar target dan terorganisir setiap harinya.

Tunjukkan bahwa dirimu mampu melakukan semua yang telah kamu sepakati, untuk itu hal-hal kecil dalam pemasukan juga menjadi pembelajaran bagi dirimu. Kamu akan menemukan hidupmu yang lebih baik dengan merencanakan alokasi dana dengan akurat dan stabil.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Gaji Pertama agar Terhindar dari Penyesalan

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya