Comscore Tracker

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hemat

Calon anak kos mari merapat

Dalam mencari ilmu banyak yang berminat untuk pergi ke tempat yang jauh. Hal ini dilakukan untuk menambah pengalaman atau sekadar mencari suasana baru. Atau bahkan banyak pekerja yang terpaksa karena tuntutan pekerjaan.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja di luar kota, umumnya orang Indonesia akan tinggal di indekos atau kos. Tinggal di kota orang juga banyak tantangannya, lho. Tantangan yang paling umum adalah mengatur keuangan. Nah, bagaimana cara mengatur keuangan cara anak kos?

1. Cari tempat kos yang tidak terlalu mahal tapi tetap nyaman

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/kaboompics .com

Ini adalah poin penting untuk hidup hemat ketika jauh dari keluarga. Biasanya tempat kos yang memiliki harga sedikit miring berada lumayan jauh dari kampus atau tempat strategis. Namun, tetap direkomendasikan untuk mencari tempat kos seperti ini karena harga yang ditawarkan bisa setengah dari harga kos yang berada di tempat strategis atau dekat kampus. Bayangkan kamu bisa menghemat 50% biaya tempat tinggalmu hanya dengan mengorbankan sedikit waktu untuk berjalan kaki, lumayan kan.

Nah dengan begitu selain bisa mengurangi pengeluaranmu, kamu jadi bisa olahraga kecil dengan jalan kaki saat berangkat dan pulang. Tapi, tetap utamakan kenyamanan dan keamananmu, ya.

2. Cari kos yang menyediakan dapur

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/one shot

Poin selanjutnya adalah mencari tempat kos yang mempunyai fasilitas dapur. Sebagai anak kos, untuk menghemat pengeluaran harus masak sendiri setidaknya untuk sarapan dan makan malam. Pengeluaran akan sangat membengkak jika kamu terus-menerus beli makanan dari luar. Jadi, sediakan rice cooker di kos, ya.

Untuk lebih hemat lagi, kamu dapat memasak lauk yang memiliki umur simpan panjang. Jadi, selain dapat menghemat uang kamu juga dapat menghemat waktu karena tidak perlu masak setiap hari. Bahan-bahan masakan kamu juga harus dipastikan akan tahan lama.

3. Cuci baju sendiri

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/Daria Sannikova

Sebagai anak kos, usahakan untuk tidak menggunakan jasa laundry. Mencuci baju sendiri akan jauh lebih hemat. Selain itu, juga bisa melatih untuk lebih mandiri dan itung-itung sebagai olahraga. Meski harga untuk cuci laundry cukup murah, tapi jika terus-menerus harganya bisa lumayan, lho.

Baca Juga: 5 Hal Efektif yang Dapat Dilakukan Agar Kamu Terbiasa Menghemat Uang

4. Hindari nongkrong yang tidak penting

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/Daria Shevtsova

Sesekali nongkrong dengan teman-teman memang perlu untuk menghindari stres atau jenuh. Tapi, jika nongkrong setiap hari atau terlalu sering juga tidak baik untuk kantong. Bahkan kadang biaya untuk sekali nongkrong bisa untuk makan 3 hari.

Jadi, hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti itu. Jangan sampai hanya karena terlalu sering menuruti gaya hidup sampai kesusahan di akhir bulan, ya.

5. Cari kegiatan yang bermanfaat

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/Burst

Untuk mengisi waktu luangmu, kamu bisa mencari kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Kamu dapat membaca buku dengan mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan sangat luas, lho. Ada banyak pengetahuan yang tidak kamu ketahui di dalamnya. Jadi, manfaatkan waktumu untuk menambah ilmu pengetahuan.

Untuk mahasiswa, kamu bisa mengikuti UKM yang sesuai dengan hobimu. Kamu juga bisa mengisi waktu dengan bergabung ke organisasi atau kepanitiaan sehingga juga bisa menambah teman. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam waktu luang, jadi jangan malas untuk memanfaatkannya dengan baik.

6. Untuk yang suka jajan, beli snack kiloan

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/Lina Kivaka

Untuk yang suka jajan, membeli snack kiloan bisa menghemat banyak uang, lho. Tenang, kamu tidak wajib membeli dalam ukuran kilogram, kamu bisa membelinya dalam ukuran 100 atau 200 gram. Harganya juga jauh lebih murah dengan snack bermerek, tapi rasanya tak kalah enak, lho.

Toko snack kiloan ini sudah banyak di pinggir-pinggir jalan. Jadi, tidak perlu repot mencarinya. 

7. Bangun hubungan baik dengan orang-orang sekitar

7 Tips Ini Wajib Diketahui Calon Anak Kos yang Mau Hidup Hematpexels/Andrea Piacquadio

Mungkin terdengar aneh ya, tapi membangun hubungan baik juga sangat penting. Kamu bisa berkenalan dengan teman kos sebelah, pemilik kos, atau pemilik warung langganan. Nah, dengan begitu mereka biasanya akan memberi tahu tempat belanja paling murah, makanan enak, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga jadi punya teman patungan jika ingin membeli sesuatu seperti camilan agar lebih hemat.

Mau kos atau tidak, belajar lebih hemat akan membantumu untuk lebih cermat dalam menata keuangan. Daripada boros, mendingan hemat kan? Kamu masih bisa mengalokasikan uangmu untuk keperluan yang bermanfaat.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tunda

Nur Laila Ramadhana Photo Writer Nur Laila Ramadhana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya