Comscore Tracker

5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! 

Lebih cepat berinvestasi akan lebih baik 

Berkembangnya teknologi semakin mendukung kemudahan seseorang untuk bisa berinvestasi. Jika dulu berinvestasi reksa dana harus datang langsung ke bank, kini semua bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Kemudahan ini yang membuat tidak ada lagi alasan untuk tidak berinvestasi terutama bagi pemula, dan investasi yang paling sesuai untuk para millenials pemula adalah dengan reksa dana.

Berikut ini adalah lima alasan kenapa reksa dana adalah pilihan investasi paling tepat untuk pemula.

1. Semua orang butuh investasi untuk mengatasi inflasi 

5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! unsplash.com/Stephen D

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua memang dituntut untuk memiliki sebuah investasi. Hal ini dikarenakan nilai mata uang yang terus mengalami inflasi.

Artinya, nilai uang yang kamu anggap banyak saat ini, bisa menjadi tidak terlalu bernilai di kemudian hari. Sehingga kamu harus memastikan uangmu terus bertumbuh dan nilainya tetap meningkat. Salah satu caranya adalah dengan menginvestasikan uangmu di reksa dana.

2. Tidak semua orang punya waktu luang untuk mengurus uangnya 

5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! pexels.com/rawpexel

Alasan kedua mengapa reksa dana adalah investasi yang tepat untuk pemula adalah karena tidak semua orang punya banyak waktu luang. Ada sebagian orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengelola keuangannya.

Sementara dengan reksa dana kamu bisa berinvestasi tanpa harus ribet mengurus dan mengawasi uangmu setiap waktunya karena dikelola oleh manajer investasi.

Baca Juga: Tips Mudah Berinvestasi di Reksa Dana Buat Kamu yang Masih Pemula

3. Uangmu akan dikelola oleh manajer investasi 

5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! pexels.com/Lukas

Uang yang kamu investasikan di reksa dana akan dikelola oleh seorang manajer investasi. Kamu hanya perlu memilih manajer investasi mana yang kamu percaya untuk mengelola uangmu.

Ada banyak pilihan manajer investasi terpercaya yang telah mengelola dana hingga triliyunan. Selebihnya, kamu hanya perlu menabung rutin dan biarkan uangmu bertumbuh dengan dikelola oleh manajer investasi pilihanmu.

4. Pilihan produk beragam sesuai profil risiko keuanganmu 

5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! unsplash.com/Austin Distel

Sebelum kamu menginvestasikan uang di reksa dana, kamu bisa membaca dan melihat profil risiko mana yang sesuai denganmu. Sebagai contoh, jika ingin risiko yang rendah maka akan diikuti pula dengan keuntungan yang rendah. Dan sebaliknya risiko tinggi akan diikuti pula dengan keuntungan yang tinggi.

Kamu bisa memilih reksa dana pasar uang untuk risiko rendah dan reksa dana saham untuk risiko tinggi. Untuk risiko sedang kamu bisa memilih reksa dana pendapatan tetap atau obligasi. Semua kembali lagi pada kadar toleransimu dalam menghadapi sebuah risiko.

5. Bisa dimulai dengan nominal yang kecil 

5 Alasan Investasi Reksa Dana Paling Pas untuk Pemula, Dijamin Cuan! pixabay.com/nattanan23

Salah satu hal yang paling menarik dari investasi di reksa dana adalah modal awal yang terjangkau. Ada beberapa aplikasi investasi yang menawarkan untuk berinvestasi dari Rp100 ribu, bahkan hanya dengan modal Rp10 ribu saja.

Kamu sudah bisa mulai menabung di reksa dana pasar uang dengan nominal tersebut. Menabung secara rutin pastinya akan membuat uangmu bertumbuh karena umumnya nilainya akan selalu naik meski kecil.

 

Nah, itulah lima alasan investasi reksa dana adalah investasi yang paling pas untuk pemula. Jadi, tunggu apa lagi, segera berinvestasi untuk memenuhi tujuan keuanganmu!

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Kamu Memulai Investasi Reksa Dana

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya