Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjang

Baik untuk kestabilan kondisi finansialmu

Memiliki kondisi finansial yang matang perlu dipersiapkan sedini mungkin. Namun tak semua orang menyadarinya dengan memiliki literasi keuangan yang baik.

Banyak yang berpikir bagaimana memiliki uang dan hidup untuk saat ini saja. Literasi keuangan yang baik akan membuat seseorang sadar akan tujuan keuangan di masa depan dan bagaimana cara dirinya mempersiapkannya.

Berikut ini merupakan lima hal yang menandakan bahwa kamu sudah memiliki literasi keuangan yang baik untuk tujuan keuangan jangka panjang.

1. Memiliki investasi untuk tujuan keuangan tertentu

5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjangunsplash.com/Austin Distel

Seperti yang diketahui bahwa investasi itu penting dan waktu adalah teman terbaik dalam berinvestasi. Jadi, sebelum berinvestasi pastikan dulu tujuan keuangan apa yang ingin kamu raih. Investasi bisa dilakukan dengan membeli saham, reksadana, deposito, emas dan sebagainya.

Seperti misalnya, kamu berinvestasi dalam lima tahun agar bisa memiliki kendaraan, merenovasi rumah atau menikah. Jika kamu sudah bisa menentukan tujuan keuanganmu untuk masa depan berarti kamu sudah memiliki literasi keuangan yang baik. 

2. Memiliki rekening dana darurat atau asuransi

5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjangunsplash.com/Michael Longmire

Memiliki anggaran khusus untuk keperluan darurat juga sangat penting. Dana darurat diperuntukan ketika ada hal-hal atau kejadian mendadak yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang. Kamu tidak tau kapan suatu hal datang menimpa dan mau tidak mau kamu harus siap menerimanya.

Memiliki dana darurat adalah salah satu bentuk persiapan nyata. Selain itu, kamu juga bisa lebih menjaminnya dengan memiliki asuransi. Baik asuransi jiwa, kendaraan, pendidikan dan sebagainya.

Baca Juga: Mau Pensiun Muda? Ini Tips Persiapkan Finansial Aman Sampai Tua

3. Ada rekening khusus tabungan

5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjangpexels.com/Maitree R

Selain dana darurat, asuransi dan juga investasi jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung. Kamu harus memiliki rekening khusus yang diperuntukkan untuk tabungan.

Biarkan danamu disimpan di bank dan berkembang dengan suku bunga tiap bulannya. Sehingga, bisa kamu gunakan sebagai self-reward sewaktu-waktu ketika tabunganmu sudah terkumpul banyak.

4. Mengelola pengeluaran dengan jelas

5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjangunsplash.com/Sharon Mccutcheo

Jangan lupa untuk mengelola pengeluaran dengan jelas di setiap bulannya. Alokasikan dana untuk keperluan belanja bulanan, membayar tagihan, dan bersenang-senang. Kamu harus tetap pada peraturan yang kamu buat sendiri agar kamu tidak pusing dengan kondisi keuanganmu.

Jangan tergoda dengan pengeluaran dan kondisi keuangan orang lain. Tetap fokus pada apa yang kamu miliki, dan atur sedimikian rupa agar semua tetap terpenuhi.

5. Tidak memiliki hutang ataupun cicilan

5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjangunsplash.com/Tierra Mallorca

Defini dari bebas secara ekonomi salah satunya adalah dengan tidak memiliki hutang atau cicilan. Ketika kamu ingin membeli barang mewah dengan dana yang sangat besar pastikan untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Persiapkan keuangan dengan cara berinvestasi dan hindarilah kredit.

Kredit hanya akan membuatmu semakin berat untuk melunasinya karena kebanyakan bunganya terlalu tinggi. Selain itu juga janga waktunya sangat panjang, jika ditotalkan maka pengeluarannya bisa lebih besar dibanding dengan membeli secara tunai.

 

Itulah lima hal yang menandakan kamu sudah memiliki kondisi keuangan yang stabil untuk jangka panjang. Dengan begitu, kamu bisa lebih santai di masa depan.

Baca Juga: 6 Strategi Simpel Mengatur Keuangan dengan Cara yang Benar  

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya