Comscore Tracker

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!

Cocok banget buat para millenials

Berbicara masalah keuangan tak lepas dari yang namanya pendapatan dan pengeluaran. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, kebanyakan orang kesulitan mengontrol kondisi keuangannya. Jika tak bijak dalam mengatur keuangan, bisa-bisa kewalahan sendiri dengan kondisi keuangan yang tak terkontrol.

Namun tenang, Raditya Dika yang dikenal melek masalah finansial ini membagikan tips penting buat mengatur keuanganmu. Yuk, simak tujuh tipsnya berikut ini!

1. Belilah barang untuk dirimu sendiri, bukan untuk mengesankan orang lain 

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!unsplash.com/Modern Affliction

Membeli barang sejatinya adalah untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Ketika tujuanmu membeli barang bukan untuk kebutuhan, maka itu adalah hal yang sia-sia. Belilah barang yang akan benar-benar dipakai, bukan untuk mengesankan orang lain.

Jangan pula membeli barang karena sedang trend, barang edisi terbatas yang diincar banyak orang dan sebagainya. Ini akan membuat keuanganmu terjaga dan dapat menghindari pengeluaran yang tidak penting.

2. Pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan 

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!pexels.com/Gustavo Fring

Ini adalah pepatah lama yang sebenarnya setiap orang sudah pernah mendengarnya. Tetapi pada praktiknya tidak semua orang mampu melakukannya. Hal ini yang sebenarnya mampu membuat seseorang menjadi boros. Setiap pemasukan yang didapat terasa cepat sekali habis tanpa tersisa untuk ditabung atau pun diinvestasikan.

Usahakan pula saat berbelanja itu sendirian, jangan bersama teman. Hal ini untuk menghindari hasutan teman dan godaan dari lingkungan yang membuatmu membeli hal yang tidak diperlukan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan ala Zodiak Virgo, Patut Banget Dicontoh Nih!

3. Berinvestasilah sesegera mungkin 

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!pixabay.com/nattanan23

Investasi itu berteman baik dengan waktu, artinya semakin lama kamu berinvestasi maka akan semakin kamu merasakan manfaatnya. Investasi tidak sama seperti tabungan yang bisa diambil sewaktu-waktu. Ada jangka waktu cukup lama dari sebuah investasi agar tujuan keuanganmu tercapai.

Misal dengan menginvestasikan uangmu di saham karena dalam 10 tahun ke depan kamu berencana untuk membeli sebuah rumah atau menikah. Maka uang yang kamu investasikan tersebut akan tumbuh sampai tujuan investasimu tercapai.

4. Biasakan membeli barang dengan uang tunai 

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!unsplash.com/Sharon Mccutcheo

Memang terdengar kuno di zaman yang sudah cashless seperti saat ini. Tetapi faktanya menggunakan uang tunai akan membuatmu menjadi lebih hemat. Karena menurut penelitian ketika kamu membayar sesuatu dengan uang tunai, maka rasa sakitnya sama seperti rasa sakit fisik.

Maksudnya adalah kamu akan merasa sakit saat melihat banyaknya lembar uang yang kamu keluarkan. Rasanya tidak rela melepaskan uang yang sudah kamu kumpulkan susah payah dan dikeluarkan dengan mudahnya.

5. Fokus terus untuk menambah penghasilan 

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!pexels.com/Maitree R

Ketika kamu merasa pengeluaranmu cukup banyak, maka fokuslah untuk menambah penghasilan. Jangan terlalu berfokus pada mengurangi pengeluaran sementara penghasilanmu masih segitu-segitu saja.

Kamu bisa gunakan kemampuan yang kamu miliki untuk menambah penghasilan. Jangan hanya mengandalkan gaji yang kamu terima, kembangkan dirimu dan cari apa keahlian lainmu.

6. Jangan berutang dan jangan memberi utang

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!unsplash.com/Clay Banks

Penting sekali untuk sebisa mungkin tidak terjebak dengan utang terutama kartu kredit. Kalaupun harus berutang, gunakanlah pada aset yang nilainya terus bertumbuh. Seperti properti, tanah, membuka usaha dan sebagainya.

Dan jangan memberikan utang secara cuma-cuma kepada orang lain. Usahakan ada sesuatu yang bisa dilakukan orang tersebut ketika meminjam uang darimu. Misal dengan bekerja denganmu atau hal lain yang menjadi kesepakatan.

7. Saat membeli barang pikirkan cost per use-nya 

7 Tips Penting Mengatur Keuangan ala Raditya Dika, Finansial Terjamin!unsplash.com/Kelly Sikkema

Hitung pengeluaranmu terhadap sesuatu barang secara rinci. Seperti berapa jumlah biaya yang akan dihabiskan setiap kali memakai barang tersebut. Lebih baik membeli barang yang mahal sekalian tetapi bisa dipakai sangat lama, ketimbang membeli barang dengan harga biasa namun dipakai sebentar sudah rusak dan harus beli lagi.

Nah, sudah jelas bukan betapa pentingnya mengatur keuangan agar kondisi finansialmu terkontrol. Kamu bisa prakitkkan sebelum terlambat, selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Sisi Positifnya Kalau Kamu Mandiri Secara Finansial, Penting!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya