Comscore Tracker

5 Strategi Berbisnis Online yang Bisa Diterapkan Selama Wabah COVID-19

Biar penjualan tidak turun drastis, nih guys!

Wabah COVID-19 yang terjadi diberbagai negara memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis. Banyak para pelaku bisnis yang mengeluhkan penurunan omset yang drastis. Selama social distancing, minat pembeli turun dan penjualan produk terganggu. Perlu adanya solusi yang tepat agar bisa bertahan dalam bisnis. 

Para pelaku bisnis harus mengubah strategi agar bisa beradaptasi dengan situasi sulit ini. Cara menarik pelanggan tidak boleh mengabaikan kepedulian dan tanggungjawab terhadap wabah COVID-19 yang terjadi. Dalam kondisi seperti ini, berikut strategi bisnis secara online yang bisa diterapkan selama wabah COVID-19.

1. Berikan diskon dengan kode khusus

5 Strategi Berbisnis Online yang Bisa Diterapkan Selama Wabah COVID-19Pexels.com/Andrea Piacquadio

Memberikan diskon khusus selama wabah Covid-19 dapat memperbaiki penjualan produk yang menurun. Diskon yang diberikan diharapkan bisa menarik pelanggan saat social distancing berlangsung. Biar lebih menarik, buat kode khusus yang bertemakan wabah Covid-19 agar mudah dikenal orang. 

Kode yang dibuat harus menunjukkan kepedulian bisnismu terhadap wabah COVID-19 yang sedang melanda. Kamu bisa menggunakan kode "DIRUMAHAJA", "STAYATHOME" atau "BELANJADIRUMAHAJA". Kode yang dipilih harus berisi edukasi positif, ya.

2. Berikan pengiriman gratis untuk pelanggan

5 Strategi Berbisnis Online yang Bisa Diterapkan Selama Wabah COVID-19Unsplash.com/Bench Accounting

Saat semua orang melakukan aktivitas di rumah, barang yang dibutuhkan lebih baik dibeli dengan pengiriman gratis. Berikan promo pengiriman gratis yang menarik agar pelanggan berkunjung ke toko online-mu. Tetapkan syarat pesanan yang mudah untuk pelanggan menikmati pengiriman gratis. 

Meskipun dianggap sepele, pengiriman gratis dapat dimanfaatkan untuk memberi bonus kecil pada pelanggan. Semua orang yang membeli barangmu akan merasa diberi kemudahan ditengah wabah COVID-19 yang sedang berlangsung.

Baca Juga: 7 Kesalahan Langkah Millennial Selalu Gagal Berbisnis

3. Galang donasi dengan penjualan produk

5 Strategi Berbisnis Online yang Bisa Diterapkan Selama Wabah COVID-19Freepik.com/Freepik

Saatnya bisnismu memberikan kontribusi kecil terkait wabah virus corona dengan menggalang donasi. Pengumpulan donasi bisa mengangkat nama baik bisnis dan menarik kepercayaan pelanggan. Selain itu, penggalangan dana dapat menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap musibah.

Kamu bisa menarik donasi langsung dari pelanggan atau menjual produkmu dengan persentase penghasilan yang disumbangkan secara langsung. Dengan membeli barangmu, pelanggan yang membeli bisa sekaligus berdonasi baik untuk keperluan medis maupun masyarakat.   

4. Promosi lewat konten pencegahan pandemik

5 Strategi Berbisnis Online yang Bisa Diterapkan Selama Wabah COVID-19Pexels.com/Cotton Bro

Bisnis perlu memanfaatkan media sosial sebagai wadah promo dengan konten-konten yang menarik. Perbaiki konten media sosial dengan menambahkan konten-konten positif terkait wabah virus corona. Buatlah konten semenarik mungkin yang berisi ajakan hidup sehat dan pencegahan penularan COVID-19.

Konten bisa berisi gambar atau video yang mengedukasi pelanggan agar bersama-sama melawan pandemik. Situasi ini bisa meningkatkan kepercayaan publik terhadap bisnis yang digeluti.  

5. Jual produk dengan paket khusus

5 Strategi Berbisnis Online yang Bisa Diterapkan Selama Wabah COVID-19Pexels.com/Pixabay

Memberlakukan paket khusus sangat tepat untuk diterapkan akhir-akhir ini. Selama social distancing, barang yang dijual per paket akan lebih menarik dan bermanfaat. Buatlah packaging paket yang menarik dengan kertas ucapan yang bertema social distancing

Kirim pula paket barang yang menarik untuk para petugas di garda terdepan yang menangani wabah COVID-19. Disamping menyemangati mereka dalam bekerja, paket yang dikirimkan bisa dijadikan promo bisnis, lho. 

Nah, strategi bisnis ini sangat diperlukan agar bisa beradaptasi dengan situasi terkini. Bisnis bukan hanya keuntungan, namun bagaimana menarik kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu di tengah wabah COVID-19.

Baca Juga: Dijamin Laris, 7 Cara Online Shop Kamu Banjir Orderan di Instagram

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Seorang manusia yang biasa-biasa saja, namun hobinya menulis artikel. Keren banget kan hobinya? Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya