Comscore Tracker

5 Cara Jitu Biar Kamu Bisa Menikah dengan Biaya Sendiri

Gak perlu mewah kok, yang penting sakral

Menikah adalah momen yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Oleh sebab itu, banyak orang yang mempersiapkan momen bahagia ini semaksimal mungkin. Namun kadang banyak orang yang terjebak untuk mengalokasikan dana secara habis-habisan. Padahal sebenarnya kalian boleh saja hanya menggelar acara pernikahan sederhana, karena yang paling penting itu kehidupan setelah pernikahan, bukan resepsinya.

Lantas cara apa sih yang bisa diterapkan supaya bisa membiayai pernikahanmu sendiri? Coba deh lakukan lima tips berikut ini.

1. Tetapkan niat dalam menabung, pisahkan rekening tabungan menikah dengan rekening untuk kebutuhan

5 Cara Jitu Biar Kamu Bisa Menikah dengan Biaya SendiriUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Kamu dan pasangan harus benar-benar niat untuk menyisihkan dana. Mulai sekarang kurangi kegiatan menghambur-hamburkan uang deh. Bila perlu buat dua rekening secara terpisah, satu rekening untuk pengeluaran harian dan satunya lagi rekening khusus menabung.

Tenang, gak perlu takut ribet membuka rekening di bank, karena kamu sekarang bisa membuka tabungan di BCA mobile, #DibikinSimpel aja deh. Selain itu cara ini bisa dilakukan di mana saja, bahkan di tanggal merah sekalipun.

Cara mudahnya, siapkan smartphone dengan Android 4.4 atau iOS 8, pulsa satu kali sms, kuota untuk video call sekitar 5-15 menit. Lalu siapkan e-KTP dan email pribadi. Foto wajah dan e-KTP secara jelas tanpa tertutupi barang apa pun, jangan lupa juga untuk kirimkan foto tanda tangan yang sama dengan e-KTP ya.

Setelah itu kamu bisa verifikasi data via videocall lewat CS Halo BCA pada pukul 06.00 s/d 20.00. #JoinGenerasiSimpel #JoinGenerasiSimpelIDN Simple banget kan buka rekening di BCA?

2. Jangan tergoda undang banyak tamu, tekan budget dengan cara mengundang orang terdekat saja

5 Cara Jitu Biar Kamu Bisa Menikah dengan Biaya SendiriUnsplash.com/Mitchell Orr

Seringnya banyak pasangan terjebak dengan mengundang banyak tamu. Karena merasa segan atau gak enak, akhirnya banyak tamu yang gak dikenal turut datang. Padahal, ini salah satu penyebab budget menikah membengkak.

Coba deh, mulai sekarang lebih selektif dalam menentukan tamu undangan. Catat nama sahabat atau keluarga yang memang benar-benar berkontribusi terhadap kebahagiaan kalian.

3. Pangkas budget yang gak terlalu penting, kalau perlu bikin diy sendiri

5 Cara Jitu Biar Kamu Bisa Menikah dengan Biaya SendiriUnsplash.com/Samantha Gades

Rundingkan dengan pasangan kira-kira apa sih hal yang berkaitan dengan pernikahan yang bisa disiapkan sendiri? Misalnya saja gunakan website desain gratis seperti Canva untuk mendesain undangan pernikahan.

Atau bisa juga membuat barang-barang diy untuk souvenir. Memang sedikit ribet, tapi cara ini bisa memupuk kekompakanmu dan pasangan untuk saling berbagi tanggung jawab.

Baca Juga: Hilang Kartu ATM? Mulai Go Cardless Pakai Fitur Terbaru BCA Mobile!

4. Cicil barang-barang seserahan tiap bulan setelah kalian menerima gaji

5 Cara Jitu Biar Kamu Bisa Menikah dengan Biaya SendiriUnsplash.com/Annie Spratt

Mencicil membeli barang seserahan bisa jadi cara supaya kamu merasa lebih ringan. Kamu juga harus jeli melihat promo atau diskon. Misalnya saja di momen diskon kemerdekaan, kamu bisa membeli sepatu dan alat makeup yang bakal berguna untuk seserahan pernikahan beberapa bulan ke depan.

5. Yang penting itu resmi di depan negara dan agama, untuk pesta bisa ditunda setelah kalian benar-benar ada dana

5 Cara Jitu Biar Kamu Bisa Menikah dengan Biaya Sendiriunsplash.com/Sweet Ice Cream Photography

Sebenarnya yang perlu diubah adalah mindset kalian dan keluarga. Ingat bahwa di dalam pernikahan itu yang terpenting resmi di depan agama dan negara. Untuk pesta pernikahannya bisa diselenggarakan nanti jika memang kalian ada dana lebih.

Punya tips jitu lainnya? Coba deh share di kolom komentar!

Baca Juga: Mau Investasi? Yuk, Pelajari Tabungan Emas

Olivia Erwima Photo Writer Olivia Erwima

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya