Comscore Tracker

Kenali Uang Elektronik, Sistem Pembayaran Paling Cocok Buat Millennials

Keren banget pokoknya

Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia tentu berpengaruh terhadap sistem pembayaran yang mereka anut. Jika dulu berbelanja harus menggunakan uang tunai, trennya kini berubah. Masyarakat tak perlu lagi repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena bisa memanfaatkan uang elektronik. 

Uang elektronik sendiri merupakan alat tukar pembayaran yang sah dan diakui oleh bank Indonesia. Pada dasarnya, uang digital ini tak berbeda dengan uang tunai. Hanya saja, penggunaannya melibatkan jaringan internet dan sistem penyimpanan uang.

Masyarakat yang ingin menggunakannya harus melakukan top-up saldo dari rekening bank yang dimilikinya.

1. Miliki segudang keunggulan

Kenali Uang Elektronik, Sistem Pembayaran Paling Cocok Buat Millennialsestonianworld.com

Ada beberapa keunggulan dalam penggunaan uang elektronik. Pertama, penggunanya akan dimudahkan dalam melakukan transaksi karena tak perlu repot membawa uang tunai. Dengan begitu, transaksi keuangan pun akan lebih aman. 

Selain itu, sistem ini bisa menghindarkan dari paktik pembayaran yang tak sesuai peraturan bank Indonesia. Salah satu contohnya adalah penggunaan permen sebagai uang kembalian. Sebab, dengan uang elektronik tak mengenal adanya kembalian.

Keunggulan lain dari uang elektronik adalah dampaknya secara makro. Penggunaan uang digital akan membuat perbankan bisa menekan biaya pengelolaan kas tunai. Sementara itu, bank sentral juga bisa menghemat biaya cetak dan distribusi uang. 

Keuntungan selanjutnya adalah sistem pencatatan transaksi akan semakin mudah dan transparan. Ini akan membuat sirkulasi uang dalam perekonomian dapat berlangsung secara lebih cepat. 

2. Didukung penuh oleh Bank Indonesia

Kenali Uang Elektronik, Sistem Pembayaran Paling Cocok Buat Millennialszedtalk.com

Bank Indonesia sendiri sangat mendukung sistem pembayaran ini. Bahkan, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai pada 14 Agustus 2014 lalu. Tujuannya adalah mendorong penggunaan uang elektronik sehingga transaksi keuangan lebih efektif.

3. TCASH, salah satu solusi pembayaran kaum millennials

Kenali Uang Elektronik, Sistem Pembayaran Paling Cocok Buat Millennialsdigitalpayment.telkomsel.com

Sebagai regulator, bank Indonesia telah menerbitkan izin pada beberapa penyedia uang elektronik. Salah satunya adalah Telkomsel. Perusahaan telekomunikasi ini memiliki satu produk uang elektronik yang diberi nama TCASH. 

Produk ini sangat cocok untuk gaya hidup kaum millennials yang serba simpel. Kamu tak perlu ribet bawa uang tunai. Mau nonton, makan, belanja, tinggal bawa hape dan scan.

Kuncoro Photo Community Writer Kuncoro

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You