Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Bisnis bareng Saudara

Yuk, bisnis bareng saudara!

Sekarang ini banyak orang lomba-lomba terjun ke dunia bisnis. Biasanya menggandeng teman atau saudara untuk jadi rekan bisnis sering jadi opsi. Meski nampaknya asik, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan lho biar hubungan personal dan profesional bisa berjalan beriringan.

1. Perencanaan keuangan secara jelas

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Bisnis bareng Saudaraunsplash/rupixen.com

Uang itu sensitif, jangan sampai hal ini mengacaukan hubungan persaudaraan kalian. Buat perencanaan keuangan secara matang, dari mulai modal hingga laba yang didapat. Selain itu pisahkan rekening dari rekening pribadi kalian.

Gak perlu ribet buka rekening di bank, sekarang kamu bisa lho membuka tabungan lewat BCA mobile, #DibikinSimpel aja deh. Selain itu cara ini bisa dilakukan di mana saja, bahkan di tanggal merah sekalipun.

Cara mudahnya, siapkan smartphone dengan Android 4.4 atau iOS 8, pulsa satu kali sms, kuota untuk video call sekitar 5-15 menit. Lalu siapkan e-KTP dan email pribadi. Foto wajah dan e-KTP secara jelas tanpa tertutupi barang apa pun, jangan lupa juga untuk kirimkan foto tanda tangan yang sama dengan e-KTP ya.

Setelah itu kamu bisa verifikasi data via videocall lewat CS Halo BCA pada pukul 06.00 s/d 20.00. #JoinGenerasiSimpel #JoinGenerasiSimpelIDN Simple banget kan?

2. Gak cukup secara verbal, bila perlu buat perjanjian hitam di atas putih

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Bisnis bareng Saudaraunsplash/Helloquence

Jangan hanya membuat kesepakatan secara verbal saja. Ingat, bisnis yang kalian jalani ini sudah masuk ke ranah profesional lho. Jadi pastikan untuk membuat perjanjian hitam di atas putih supaya jelas. Bila perlu tanda tangan lengkap dengan materai dan gunakan saksi.

Baca Juga: 5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh Graduate

3. Bekerja secara profesional dan jangan bawa urusan personal

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Bisnis bareng SaudaraUnsplash/Jeremy C

Kamu dan saudaramu harus membagi secara jelas ranah pribadi dan profesional. Jangan sampai masalah keluarga dibawa saat sedang berbisnis, begitu pula sebaliknya. Bicarakan semuanya secara baik-baik demi mencari solusi.

4. Bagi jobdesc secara adil

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Bisnis bareng SaudaraUnsplash/Crew

Selain membuat kesepakatan, bagi juga jobdesc secara adil dan merata. Pembagian ini penting untuk menegaskan di bidang mana kamu dan saudaramu akan ambil bagian. Misalnya nih, kamu di ranah operasional, sedangkan saudaramu di bidang keuangan. Pembagian secara adil dan jelas juga bakal meminimalisir konflik yang tidak perlu.

5. Lakukan evaluasi secara berkala

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Bisnis bareng SaudaraUnsplash/Christiann Koepke

Seperti bekerja di perusahaan, bisnis kalian juga perlu dievaluasi secara berkala. Evaluasi ini penting untuk meningkatkan mutu kinerja dan membuat bisnis kalian jadi makin produktif. Namun, perlu digarisbawahi bahwa ajang evaluasi jangan dijadikan ajang 'menyerang' saudaramu secara personal ya.

Sudah siap merintis bisnis sendiri bersama saudara? Semoga bisnis kalian makin berkembang ya!

Baca Juga: 5 Jenis Investasi Non Materi Ini Bikin Hidup Jadi Lebih Baik 

Nara Yana Photo Community Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You