Comscore Tracker

5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shop

Daripada banyak belanja, mending nabung!

Kini, berbelanja menjadi sangat mudah dengan kehadiran internet. Aneka ragam produk bisa kamu temukan via online. Tak perlu datang langsung ke tempat penjual yang cenderung tidak efisien dan merepotkan.

Sayangnya, kemudahan ini justru berujung pada perilaku konsumtif yang bikin orang semakin boros. Buat kamu pecinta belanja di online shop, harus banget mengikuti tips berikut ini!

1. Pikirkan kembali apakah barang yang akan kamu beli adalah kebutuhan atau keinginan

5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shoppexels.com/Olly

Saat memasukkan berbagai barang ke keranjang, kamu harus memikirkan kembali. Apakah barang yang akan kamu beli adalah keinginan atau kebutuhan? Barang yang dibutuhkan, misalnya beras habis, sehingga harus segera dibeli. Sedangkan, keinginan bisa merujuk pada pakaian yang sudah menumpuk di lemari, tetapi kamu masih ingin membeli terus-menerus. 

2. Jangan mudah termakan promo-promo online shop

5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shoppexels.com/Olly

Banyak sekali online shop yang mengadakan promo besar-besaran. Buat kamu yang sering scroll berbagai produk dari online shop, pasti sudah hafal harga aslinya. Biasanya, promo yang tampak besar-besaran, ternyata memiliki selisih harga tidak terlalu jauh dari aslinya. Sebab, diskon diberlakukan, setelah barang dinaikkan harganya. 

3. Bila sangat membutuhkan, coba pilih harga termurah!

5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shoppexels.com/Kaboompics

Bila kamu sangat membutuhkan barang tertentu, maka pilihlah harga termurah. Bandingkan dengan semua online shop yang kamu ketahui. Mungkin barang yang kamu butuhkan harus bersifat primer. Namun, perlu diketahui juga beli barang yang sangat kamu butuhkan tak perlu dalam jumlah terlalu banyak. 

Baca Juga: 5 Tips buat Kamu yang Mau Sukses Bisnis Online Shop

4. Kalau perlu, uninstall aplikasi online shop di ponsel, biar hemat!

5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shoppexels.com/Tofros-com-83191

Tips paling ekstrim, yakni uninstall aplikasinya. Biar kamu tidak lagi melihat banyak produk, lalu berkeinginan membeli. Bila kamu membutuhkan sesuatu, barulah install kembali. Namun, jangan lupa untuk uninstall, agar kamu tidak mudah kalap, saat melihat notifikasi promo online shop

5. Segera pindahkan uang yang kamu punya ke rekening tabungan lainnya

5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shoppexels.com/Picjumbo-com-55570

Untuk kamu yang punya mobile banking BCA, pastinya lebih mudah buat melakukan transaksi pembayaran. Masalahnya, bila kamu hanya punya satu rekening, maka berujung pada cepatnya aliran uang yang keluar. Nah, agar kamu tidak boros, segera pindahkan uang ke rekening lainnya.

#DibikinSimpel kamu tak perlu datang ke cabang BCA, bisa juga membuka rekening di mana pun kamu berada. Bahkan, saat tanggal merah sekali pun, kamu tetap bisa melakukan proses pembukaan rekening baru. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, yakni memastikan spesifikasi ponsel sesuai. Setidaknya, ponsel kamu memiliki OS iOS8 atau Android 4.4. Setelah itu, siapkan beberapa dokumen berikut ini:

  • WNI dan memiliki e-KTP
  • Memiliki alamat e-mail pribadi
  • Foto e-KTP dan tanda tangan dengan kualitas yang baik
  • Foto wajah

Langkah terakhir, CSO akan rekonfirmasi data diri kamu melalui video call. Gampang banget kan #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN?

Ayo kurangi belanja, mending ditabung, deh!

Baca Juga: Begini Cara Praktis Buka Tabungan untuk Para Difabel

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You