Comscore Tracker

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet Dulu

Beruntunglah kalian yang sudah hidup di zaman serba canggih

Sudah enggak bisa dipungkiri lagi kalau teknologi sangat-sangat membantu kehidupan manusia saat ini. Pasalnya, semua lini kehidupan #DibikinSimpel dengan keberadaan teknologi. Tentu menjadi sangat berbeda bila dibandingkan dengan zaman dulu saat belum ada teknologi yang mumpuni.

Misalnya saja teknologi dalam hal pesan makanan. Kalau dulu, kita cuma bisa pesan makanan melalui panggilan telepon. Tapi sekarang pesan makanan cukup dengan sentuhan jari di smartphone. Jadi buat pesan makanan pun bisa di mana saja. Terus tinggal tunggu untuk diantarkan.

Kemudahan yang sama saat ini juga dirasakan oleh kita ketika akan membuka rekening tabungan. Rasanya sangat berbeda kalau dibandingkan dengan zaman dulu ketika teknologi belum terlalu berkembang seperti saat ini.

Sebelum bicara soal kemudahannya, kamu perlu tahu seribet apa dulu saat mau membuka rekening tabungan.

1. Sulitnya mencari informasi

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet DuluPexels.com/Moose Photos

Untuk bisa mendapatkan informasi sebelum internet benar-benar familiar digunakan seperti sekarang ini enggak mudah lho. Makanya dulu itu masih ada buku telepon super tebal Yellow Pages yang berisikan nomor-nomor telepon penting. Mulai dari telepon rumah sakit, perusahaan, hotel, sampai bank.

Dan kalau kita mau buka rekening tabungan, sudah pasti kita perlu mencari informasi. Mulai dari prosedur pendaftaran, alamat bank cabang pembantu terdekat, hingga dokumen yang perlu dipersiapkan. Dan untuk bisa mendapatkan informasi semacam itu, pastinya kita harus menghubungi ke bank terkait, ‘kan?

Bayangin saja kalau dulu kita masih harus menelpon bank untuk menanyakan semua itu. Pasti enggak akan mudah karena telepon bank pun pasti sibuk. Jadi, sekali dua kali menelpon pun belum tentu langsung terjawab. Sementara sudah pasti ada banyak orang yang menghubungi bank untuk mencari berbagai informasi.

2. Bolak-balik melengkapi dokumen

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet DuluPexels.com/Crypto Photography

Karena mencari informasi tidak semudah sekarang, jadi enggak heran kalau dulu banyak yang harus bolak-balik ke bank untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan saat akan membuka rekening baru. Biasanya sih pihak security sudah akan memberi tahu apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan.

Tapi justru biasanya banyak yang menyadari kalau masih ada dokumen yang kurang ketika diberi penjelasan oleh pihak security. Sehingga terpaksa mereka pun harus kembali lagi untuk melengkapi dokumen.

Selain dokumen, biasanya kendala yang dihadapi oleh calon nasabah dalam membuka rekening adalah persyaratan. Karena ada juga beberapa bank yang mewajibkan calon nasabah untuk memiliki telepon rumah dari perusahaan tertentu. Sehingga bagi yang enggak memiliki pun otomatis enggak bisa untuk membuka rekening tabungan.

3. Harus datang pagi menuju bank untuk membuka rekening

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet DuluPexels.com/Thgusstavo Santana

Ketika mau membuka rekening tabungan sudah pasti kita diharuskan untuk datang ke kantor cabang pembantu bank terdekat. Persoalannya, yang memiliki urusan dengan bank bukan hanya satu-dua orang, tapi puluhan bahkan ratusan per harinya. Selain itu, bank pun hanya beroperasi di hari kerja dengan jam buka yang relatif pendek.

Karena itu, enggak heran kalau kemudian calon nasabah akan rela datang sepagi mungkin ke bank agar tidak perlu berlama-lama mengantre. Bahkan, kalau perlu calon nasabah sudah datang sebelum bank buka. Artinya, mau enggak mau calon nasabah harus berjibaku bangun lebih pagi hanya untuk membuka rekening tabungan. Kalau begini sudah pasti mengorbankan waktu istirahat.

Baca Juga: Mau Investasi? Yuk, Pelajari Tabungan Emas

4. Mengantre hingga berjam-jam

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet DuluPexels.com/freestock.org

Kenyataannya, enggak ada yang tahu apa saja yang bisa terjadi selama di perjalanan menuju bank. Barangkali ban motor kempis atau bocor, terjadi kemacetan panjang yang enggak biasa, atau bangun kesiangan. Sehingga mau enggak mau pun calon nasabah masih harus mengantre untuk bisa dilayani.

Dan bukan hal yang aneh lagi kalau mengantre di bank itu bisa berjam-jam lamanya. Karena urusan dari masing-masing orang berbeda. Beruntung bila urusan antara satu nasabah dengan nasabah lain tidak rumit sehingga antrean pun bisa cepat. Tapi kalau sudah ada yang rumit, maka akan memakan waktu lebih lama untuk antrean selanjutnya.

5. Membawa uang untuk pengisian saldo awal

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet DuluPexels.com/EVG photos

Untuk membuka rekening tabungan awal, nasabah biasanya diwajibkan untuk menaruh sejumlah uang pertamanya. Besarnya bervariasi tergantung kebijakan bank. Untuk Bank BCA misalnya, calon nasabah harus melakukan setoran awal Rp500.000 agar bisa membuka rekening tabungan.

Artinya, mau enggak mau calon nasabah sudah harus membawa uang dalam jumlah yang cukup banyak agar bisa membuka rekening tabungan. Padahal, membawa uang dalam jumlah banyak itu sangat rentan. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan. Bisa saja dompet ketinggalan atau malah dicopet.

Tapi sekarang semua itu sudah enggak perlu lagi karena bisa buka rekening tabungan dari smartphone saja

Berkat Teknologi, Buka Rekening Tabungan Sudah Enggak Seribet DuluYouTube.com/Solusi BCA

Beruntunglah kalian saat ini, terutama para generasi millennial dan Generasi Z karena sangat dimudahkan oleh kemajuan teknologi. Salah satunya adalah kemudahan untuk membuka rekening tabungan. Kemudahan ini seperti yang ditawarkan oleh salah satu bank terbesar di Indonesia, yaitu Bank BCA.

Dengan memanfaatkan teknologi, kini Bank BCA menghadirkan fitur-fitur baru yang membuat hidup kamu lebih simpel. Salah satunya seperti fitur yang memudahkan kamu untuk bisa Buka Tabungan di BCA Mobile. Apa? Asyik banget, kan? Itu artinya kamu enggak perlu capek-capek bangun pagi pergi ke bank cuma untuk buka rekening tabungan di BCA. Karena kamu sudah bisa buka rekening tabungan cukup melalui smartphone.

Caranya bagaimana sih?

Unduh aplikasi BCA Mobile: Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi BCA Mobile di smartphone kamu. Ingat, supaya proses membuka tabungan rekeningnya nanti berjalan lancar, kamu harus memastikan 6 hal berikut ini:

  1. Smartphone kamu didukung dengan operating system (OS) minimal iOS 8 atau Android 4.4.
  2. Kamu punya pulsa untuk sekali sms.
  3. Kamu memiliki kuota yang cukup dengan jaringan stabil antara 5-15 menit untuk video call.
  4. Nomor telepon kamu belum pernah didaftarkan untuk BCA Mobile.
  5. Kamu adalah WNI yang memiliki e-KTP
  6. Memiliki alamat email pribadi.
  7. Kalau semua itu sudah siap, maka kamu bisa ke tahap selanjutnya.

Ikuti langkah mudah berikut ini: Agar membuka rekeningnya tidak terkendala, kamu perlu untuk mengikuti prosedur-prosedurnya.

  • Bukalah aplikasi BCA Mobile.
  • Pilih menu Buka Rekening Baru.
  • Klik Buka Rekening.
  • Pada menu registrasi akan muncul pertanyaan apakah kamu sudah memiliki rekening BCA saat ini. Kamu pilih jawaban “tidak” jika belum memiliki dan kamu bisa memilih jawaban “ya” jika sudah punya.

Pilih jenis tabungan yang kamu inginkan: BCA akan menawarkan tiga pilihan tabungan yang bisa kamu pilih, yaitu Tahapan Xpresi, Tahapan, dan Tahapan Gold.

Sedikit informasi, Tahapan Xpresi ini cocok untuk kamu yang berjiwa muda karena kamu bisa mendesain kartu ATM sesuai dengan seleramu. Selain itu, setoran awal untuk Tahapan Xpresi ini sangat terangkau, yaitu hanya Rp50.000. Untuk biaya administrasinya per bulan pun sangat murah, hanya Rp5.000. Nah, jenis tabungan ini cocok banget buat kamu yang masih pelajar atau kuliah. Tapi, yang perlu diketahui kalau tabungan ini enggak dilengkapi buku rekening ya dan punya minimum saldo Rp10.000.

Sementara untuk informasi tabungan jenis Tahapan dan Tahapan Gold kamu bisa cari lebih lanjut di situs www.bca.co.id.

Verifikasi nomor handphone: Setelah memilih jenis tabungan, kamu akan diharuskan untuk memverifikasi nomor handphone. Verifikasi nomor telpon akan dilakukan dengan mengirimkan sms otomatis dari smartphone kamu. Inilah kenapa kamu perlu memiliki pulsa.

Membuat kode akses: Setelah nomor berhasil diverifikasi, kamu akan diminta untuk membuat kode akses. Perlu diingat ya, kode akses ini digunakan sebagai kunci masuk ke aplikasi M-Banking atau BCA Mobile kamu. Jadi, ini bukan kode akses seperti PIN ATM.

Lengkapi dokumen: Setelah itu, kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen. Tapi tenang, kamu enggak diminta untuk mengirimkan dokumen ke Bank BCA. Melainkan kamu hanya akan diminta untuk memfoto dokumen yang dibutuhkan. Di antaranya kamu akan diminta untuk memfoto e-KTP, foto diri kamu, foto tanda tangan kamu, dan foto kartu NPWP jika ada.Nah, penting banget untuk kamu tahu. Supaya enggak ditolak atau mengalami kendala, kamu perlu catat prosedur ini:

  1. Foto e-KTP harus jelas. Usahakan untuk mengambil foto di tempat terang. Ikuti juga lebar dan panjangnya sesuai dengan kotak yang tersedia di layar.
  2. Foto wajah harus jelas. Berfotolah di tempat terang dan jangan tutupi wajah dengan benda apa pun. Foto diambil sesuai dengan lingkaran yang tersedia.
  3. Foto tanda tangan harus sama dengan di e-KTP. Foto juga harus jelas dan mengikuti kotak yang tersedia.

Lengkapi informasi pribadi: Beberapa hal yang perlu kamu isi pada kolom ini adalah seperti tujuan membuka rekening, lalu nama Ibu kandung, status perkawinan, agama, status tempat tinggal, pendidikan terakhir, pekerjaan, dan sebagainya.

Pilih jenis kartu ATM yang diinginkan: Ada 3 jenis pilihan kartu ATM yang ditawarkan BCA dengan ragam keunggulan dan fitur yang tersedia. Ketiga kartu tersebut di antaranya Paspor Platinum, Paspor Gold, dan Paspor Blue. Setelah kamu memilih, isi alamat email untuk bisa mendapatkan layanan internet banking.

Pilih cabang Bank BCA: Setelah itu kamu akan diminta untuk memilih di cabang Bank BCA mana kamu terdaftar sebagai nasabah. Ada baiknya kamu mencari cabang yang terdekat dari rumah karena nantinya bila terjadi sesuatu kamu tak perlu mengurus jauh-jauh.

Review dan konfirmasi data yang telah diisi :Setelah selesai, kamu akan diperlihatkan kembali berbagai data yang sudah kamu isi sebelumnya. Lihatlah dan teliti lagi apakah ada data yang kurang lengkap atau salah agar pembukaan rekening tabunganmu tidak terkendala.

Setelah selesai mereview, checklist lah tiga kolom di bawah yang menyatakan kamu menyetujui segala syarat dan ketentuan. Dan memastikan bahwa data diri yang diisi sudah benar adanya.

Lakukan video call untuk verifikasi data: Karena kamu enggak perlu pergi ke bank untuk membuka tabungan, maka Bank BCA mengharuskan kamu untuk melakukan video call dengan customer service BCA. Tujuannya agar Bank BCA bisa benar-benar tahu bahwa data yang sudah kamu isi sesuai. Video call ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja lho. Bahkan, di tanggal merah sekali pun.

Buat PIN untuk transaksi internet dan M-Banking: Kalau video call sudah selesai dan tidak ada kendala, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan Aktivasi Mobile Banking.

Rekening telah aktif: Tinggal selangkah lagi nih. Kamu diharuskan membuat PIN yang akan kamu gunakan untuk melakukan transaksi internet dan M-Banking. Ingat lho, PIN harus terdiri dari 6 digit angka.

Setelah membuat PIN, maka rekening kamu pun sudah aktif nih. Dengan aktifnya rekening ini, berarti kamu pun bisa memakai seluruh fitur yang ada di BCA Mobile, seperti transfer uang, cek saldo, hingga tarik tunai tanpa kartu.

Bagaimana? Simpel banget, ‘kan? Jadi mulai sekarang kamu sudah enggak perlu ribet lagi untuk buka rekening tabungan. Karena sudah bisa kamu lakukan cukup dari smartphone. Kalau sudah begini, artinya kamu sudah resmi #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN. Karena di era serba teknologi seperti ini hidup harus dibawa simple dong!

Baca Juga: 6 Metode Mengatur Keuangan yang Menjamin Tabunganmu Tetap Aman

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You