Comscore Tracker

Asuransi Komersial: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Apa saja sih jenis asuransi komersial? 

Jakarta, IDN Times – Asuransi merupakan sebuah perlindungan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada perseorangan atau perusahaan yang memegang asuransi tersebut. Asuransi sendiri terdiri dari berbagai jenis mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pensiunan dan lain sebagainya.

Dari berbagai jenis asuransi yang beredar di Indonesia, bisa di kelompokkan menjadi 2 kelompok besar yaitu asuransi sosial dan asuransi komersial.

Melansir Lifepal, asuransi sosial pada umumnya dikelola oleh pemerintah dalam bentuk program untuk kesejahteraan rakyatnya seperti BPJS Kesehatan. Masyarakat wajib menjadi nasabah BPJS dan membayar iuran tetap tiap bulan agar dapat memanfaatkan program tersebut.

Sedangkan asuransi komersial, merupakan produk perlindungan di sektor finansial yang dikelola oleh perusahaan asuransi swasta dan dapat di miliki secara bebas dengan harga premi asuransi yang beragam.

Agar lebih memahami apa itu asuransi komersial, jenis-jenisnya, dan apa saja manfaatnya, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Galau Pilih Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan? Ini Jawabannya

1. Prinsip kerja asuransi komersial

Asuransi Komersial: Pengertian, Jenis dan Keunggulannyailustrasi asuransi (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan prinsipnya, asuransi komersial merupakan asuransi yang memberikan proteksi pada sektor finasial terhadap nasabahnya sekaligus menjalankan prinsip jual beli dan investasi pemegang saham, sehingga memberikan keuntungan bagi nasabah dan perusahaan pengembang asuransi.

Jika asuransi sosial bersifat wajib untuk semua masyarakat dengan membayarkan premi yang sama. Asuransi komersial ini memiliki sifat sukarela dengan biaya premi yang berbeda setiap individu maupun kelompok sesuai produk yang dibutuhkan.

Premi asuransi komersial biasanya ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, jenis penyakit dan lain sebagainya. Semakin tua usia calon nasabah, maka manfaat atau premi asuransi yang harus dibayarkan nasabah akan semakin besar karena tingginya risiko nasabah terkena serangan penyakit yang cukup besar.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Beli Asuransi Melahirkan

2. Jenis-jenis asuransi komersial

Asuransi Komersial: Pengertian, Jenis dan Keunggulannyailustrasi seorang pria sedang menjelaskan keunggulan produk asuransi syariah (pexels.com/Edmond Dantès)

Berdasarkan penerapannya, kegiatan asuransi komersial ini terbagi menjadi dua, yaitu asuransi konvensional dan syariah.

Asuransi konvensional merupakan perlindungan dari nasabah kepada pihak asuransi. Ketentuan asuransi ini bersifat jual beli. Jika terjadi klaim dari nasabah, maka perusahaan asuransi yang menanggung.

Premi asuransi yang dibayarkan tertanggung beserta keuntungan yang dihasilkan akan menjadi milik perusahaan asuransi. Jika terjadi pembatalan asuransi, maka tertanggung akan dikenakan denda tertetnu sesuai ketentuan dalam polis asuransi.

Selanjutnya ada asuransi syariah, berbeda dengan jenis sebelumnya, asuransi ini menerapkan sistem berbagi risiko di antara nasabah. Ketentuan yang diberlakukan bukan jual beli, melainkan tolong menolong.

Jika terjadi pengajuan klaim, maka dana ganti rugi akan di ambil dari kumpulan dana para nasabah. Sebagian premi yang nasabah bayarkan akan menjadi milik masing-masing, jika terdapat keuntungan maka akan dibagi antara pihak asuransi dan para nasabah, serta bagi nasabah yang ingin membatalkan asuransi tidak akan dikenakan denda.

Baca Juga: OJK Terbitkan Aturan Layanan Pialang Asuransi Digital, Apa Isinya?

3. Keunggulan asuransi komersial

Asuransi Komersial: Pengertian, Jenis dan KeunggulannyaIlustrasi asuransi (unsplash.com/Kostiantyn Li)

Dalam penyelenggaraannya asuransi komersial, setidaknya terdapat 4 keunggulan dari program asuransi ini, yaitu.

1. Manfaat pertanggungan yang lebih besar

Asuransi komersial pada umumnya menawarkan manfaat pertanggungan yang lebih besar dan lebih luas dibanding jenis asuransi sosial lain. Asuransi ini pun meng-cover berobat jalan, rawat inap, obat-obatan hingga pengobatan di luar negeri.

2. Peserta di luar negeri tertanggung

Asuransi komersial ini juga bisa digunakan saat nasabah sedang berada di luar negara asalnya. Umumnya, asuransi ini sudah melakukan kerja sama dengan beberapa negara sehingga jika ada peserta asuransi sedang di luar negeri masih dapat menerima manfaat asuransi ini.

3. Jenis produk asuransi lebih banyak

Asuransi komersial memiliki produk yang lebih beragam untuk mengatasi risiko finansial akibat kejadian tertentu. Perusahaan asuransi melihat berbagai risiko yang ada di masyarakat sebagai peluang untuk membuat produk asuransi.

Berbagai macam produk asuransi komersial antara lain:

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi properti
  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi pendidikan dan lain sebagainya

4. Mudah diklaim

Salah satu keunggulan dari asuransi komersial ini adalah kemudahan saat proses klaim asuransi yang lebih cepat dan fleksibel. Nasabah tidak perlu mengurusi berbagai dokumen yang dapat mengganggu jalannya proses pengobatan di rumah sakit.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya