Comscore Tracker

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single Moms

Bisa dilakukan sambil mengurus anak

Jakarta, IDN Times – Menjadi seorang single moms atau ibu tunggal bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Ini karena menjadi ibu tunggal berarti harus berperan ganda sebagai seorang ayah juga untuk anak-anaknya, termasuk dalam hal mencari nafkah.

Namun, menjadi single mom bukan berarti seorang perempuan akan sulit untuk mandiri secara finansial. Sebab, ada banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan oleh para single mom untuk menambah pundi-pundi.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis menguntungkan yang layak dicoba oleh single mom.

Baca Juga: 7 Persiapan agar Bisnis Makanan Online Bertahan, Eksis Terus

1. Social Media Influencer

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi perempuan (IDN Times/Arief Rahmat)

Media sosial saat ini bukan hanya menjadi platform berbagi keseharian saja. Dengan perkembangan teknologi dan jumlah penggunanya yang terus meningkat, media sosial bisa jadi tempat mendulang pundi-pundi rupiah.

Salah satu profesi yang sangat menjanjikan dan berasal dari media sosial adalah social media influencer. Seperti layaknya selebritis di TV, influencer merupakan sosok berpengaruh. Entah di Instagram, Facebook, Twitter atau Youtube sekalipun, influencer sangat diburu para pemilik bisnis dan brand-brand terkemuka.

Tentunya, semakin besar jumlah pengikut di media sosial, maka peluang brand untuk mengajak kerjasama makin tinggi, dan ini bisa mengarah pada masuknya penghasilan.

Untuk menjadi influencer pun tidak begitu sulit. Bisa dimulai dari menyuguhkan konten keseharian seperti mengenai kemandirian menjadi seorang single moms atau sekadar berbagi tips soal pengalaman menjadi ibu tunggal.

Tentu konten-konten seperti ini memiliki target pasar tersendiri. Dengan begini, single mom akan bisa menerima jasa endorsement dengan membuat konten iklan di rumah sambil mengawasi buah hati.

2. Bimbingan Belajar

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Ide bisnis berikutnya yang sangat cocok untuk single moms adalah dengan menyediakan jasa bimbingan belajar alias bimbel. Seorang single mom bisa menawarkan jasa bimbel ini di rumah ketika sore atau petang, dengan target anak-anak di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Meski sudah ada banyak lembaga yang jauh lebih besar atau bahkan online, bukan berarti peluang bisnis bimbel rumahan tidak akan menarik. Ini cukup menjanjikan karena orang tua biasanya merasa jauh lebih nyaman jika orang yang mereka kenal yang mengajari buah hati, apalagi jika pengajar mempunyai gelar sarjana pendidikan.

3. Online Shop

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi Belanja Online/Belanja di e-commerce. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lewat online shop yang tidak memerlukan toko fisik dan modal besar, seorang single mom bisa menyediakan berbagai kebutuhan konsumen melalui internet. Syaratnya pun tidak sulit, hanya perlu memiliki smartphone untuk mempromosikan produk yang dijual di media sosial atau marketplace.

Ada banyak sekali produk yang bisa dijual online, mulai dari sepatu, tas, busana, alat elektronik, hingga produk-produk kecantikan atau kesehatan.

Apabila tidak memiliki modal, maka bisa mulai dengan menjadi dropshipper. Jangan lupa juga pastikan untuk menawarkan produk yang benar-benar berkualitas, harga kompetitif dan layanan memuaskan agar jualan laris.

4. Konsultan

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi Bank. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika mempunyai banyak pengalaman dan sudah pernah menjadi wanita karier sebelumnya, seorang single mom bisa saja mempertimbangkan membuka jasa konsultan. Bisnis konsultan ini bisa dilakukan dengan waktu yang cukup fleksibel dan tentunya masih memungkinakan untuk fokus merawat buah hati.

Namun, supaya sukses dalam profesi ini, tentunya harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan. Misalkan, apabila lulusan psikologi, maka bisa menjadi seorang Psikolog. Namun tentunya setelah memperoleh izin praktik.

Selain itu, bisa juga menjadi konsultan PR, Media Relations & Event Management, atau bidang lainnya seperti keuangan, karier, hingga pernikahan.

5. Menjual Kue Rumahan

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah satu bisnis yang begitu digandrungi single moms yang hobi memasak adalah membuat kue rumahan. Berawal dari hobi, membuat kue bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Produksinya juga bisa dilakukan di rumah, dan bahkan hasilnya bisa turut dinikmati buah hati.

Saat memulai bisnis ini, bisa dengan menjajakan kue-kue basah tradisional yang dijual di etalase depan rumah atau dititipkan ke toko-toko. Namun, jika ingin bisnis ini makin berkembang, cobalah mempelajari aneka kue kekinian dengan topping yang menggugah selera seperti contohnya tart atau cupcake karakter.

Semakin unik ide kue yang ditawarkan, tentu akan bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. Jangan lupa juga manfaatkan media sosial untuk menjual kue-kue yang dibuat kepada calon konsumen. Jika bisnis berkembang, maka akan ada peluang untuk membuka lowongan pekerjaan dan merekrut karyawan.

6. Content Writer

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Seorang perempuan yang memiliki kemampuan dalam dunia penulisan tidaklah bisa diremehkan. Sebab, menulis mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Salah satu profesi yang layak dicoba oleh single mom yang suka menulis adalah content writer. Seperti namanya, menjadi content writer berarti akan menjadi seorang penulis konten baik di blog pribadi, website orang lain atau menawarkan jasa-jasa penulisan di situs freelancer.

Menjadi seorang content writer tidaklah memerlukan waktu sepanjang hari seperti layaknya jadi penulis di media. Ini bisa dilakukan di rumah ketika anak-anak berangkat sekolah atau sedang istirahat.

Jika mampu membagi waktu dengan tepat dan selalu memperhatikan deadline, jadwal menulis pun tak akan mengganggu quality time bersama anak tercinta.

Baca Juga: Tips bagi Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis Online

7. Penjahit

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi Suku Bunga (IDN Times/Aditya Pratama)

Hobi lain yang bisa menjadi ladang penghasilan single mom adalah menjahit. Asalkan tekun dan selalu mau belajar, tentu bisnis jahit pakaian akan mencukupi kebutuhan finansial keluarga.

Ada banyak sekali ibu tunggal yang menawarkan jasa menjahit dan mampu menyekolahkan buah hati mereka hingga perguruan tinggi.

Supaya bisa menjadi seorang penjahit yang sukses, ada baiknya untuk mengikuti program pelatihan dan terus mengembangkan kemampuan. Ketika bisnis sudah berjalan, jangan lupa untuk fokus pada jasa jahit yang ditawarkan seperti khusus busana muslimah, seragam sekolah, hingga menerima aneka pesanan jahitan.

8. Agen Pulsa

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi transaksi (IDN Times/Aditya Pratama)

Bisnis lain yang bisa dicoba adalah menjadi agen pulsa. Ini mudah dilakukan oleh siapa saja. Namun, sekalipun konter pulsa menjamur, bisnis jual-beli pulsa tidak pernah ada kata bangkrut jika dijalankan dengan bertanggung jawab.

Untuk menjadi seorang agen pulsa, tentu harus memilih distributor yang berkualitas. Pastikan distributor menyediakan berbagai produk pulsa hingga produk tambahan seperti token PLN, pulsa data internet, pembayaran PPOB hingga keperluan e-money atau e-wallet.

Alasan utama kenapa bisnis pulsa sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah karena modal awal yang dibutuhkan sangatlah terjangkau. Beberapa distributor pulsa menerima deposit awal mulai nominal Rp100 ribu.

9. Make Up Artist

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single Momsilustrasi bisnis (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika tertarik dengan bisnis di bidang kecantikan tapi belum sanggup membeli alat-alat salon, maka bisa mempertimbangkan untuk menjalani profesi sebagai MUA (Make Up Artist).

Jangan lupa untuk terus belajar merias yang kini bisa dilakukan secara daring dan gratis melalui berbagai media sosial seperti YouTube. Jangan lupa juga untuk menabung agar mampu memiliki produk-produk kecantikan dan tools make up sendiri di kemudian hari.

Menjadi MUA sangat menggiurkan. Ini karena seorang MUA yang sudah populer biasanya bisa mematok tarif belasan juta rupiah untuk sekali make up.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis dengan Modal Rp1 Juta

10. Katering

10 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Single MomsIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Bisnis ini bisa dibilang mudah untuk seorang ibu yang hobi memasak. Jika cukup percaya diri dengan hasil masakan maka bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis katering.

Bisnis ini sendiri tidak memerlukan modal besar. bisa dimulai dari skala kecil dan menjualnya secara online. Selain itu, bisa juga menawarkan bisnis katering kepada tetangga-tetangga atau perkantoran yang berada di dekat rumah.

Kunci sukses dari bisnis katering adalah mampu menjaga kualitas rasa serta kebersihan produk. Selain itu, jadilah spesifik, misalnya fokus katering khusus pegawai kantoran, katering khusus anak kos hingga katering sehat untuk diet. Jangan lupa juga gunakan bahan-bahan masak terbaik supaya produk yang dihasilkan selalu terjaga kualitasnya.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya