Comscore Tracker

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!

Penting untuk dilakukan agar bisa meminimalisir kerugian

Jakarta, IDN Times – Memulai usaha sendiri bisa jadi pilihan untuk mendapatkan pemasukan. Apalagi di tengah pandemik COVID-19 saat ini, di mana banyak orang sulit mencari pekerjaan.

Namun, memulai usaha tidak bisa sembarangan dilakukan. Ini karena jika dilakukan tanpa persiapan yang matang, maka ada potensi mengalami kerugian hingga kesulitan melanjutkan usaha. Untuk itu, penting sekali dalam memulai usaha untuk mengetahui sejumlah hal, seperti melakukan riset pasar.

Riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan pasar, pesaing, hingga bagaimana kondisi target pasar. Penting untuk memahami mengenai pasar yang akan dimasuki dalam bisnis supaya dapat bersaing dan tidak kaget saat mulai berbisnis.

Riset pasar ini perlu dilakukan pada awal saat hendak melakukan bisnis. Namun, penting juga untuk diingat bahwa jika ingin terus bertahan dalam bisnis, maka harus tetap melakukan riset pasar secara berkelanjutan.

Lalu, apa saja manfaat dari riset pasar selain hal-hal di atas? Berikut jawabannya.

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Riset Pasar, Awal dari Langkah Bisnismu!

1. Memberikan informasi kepada para calon pelanggan

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan melakukan riset pasar ini, kita akan mendapatkan informasi mengenai calon pelanggan pada usaha yang akan dijalani nantinya. Setelah mengetahui siapa saja yang berpotensi menjadi pelanggan, kita akan menjadi tahu bagaimana caranya berkomunikasi secara baik dengan mereka.

Interaksi dengan pelanggan ini sangatlah penting karena kita jadi tahu sebenarnya apa yang para pelanggan butuhkan dan belum dapatkan dari produk lainnya.

2. Mengidentifikasi peluang pasar

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Peluang pasar ini sangatlah penting karena dengan ini kita bisa tahu seberapa besar kemungkinan kita untuk sukses dalam pasar tersebut.

Dengan memahami ini, kita tidak hanya menawarkan produk, namun juga memberikan solusi kepada para pelanggan.

3. Meminimalkan risiko

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Menabung. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan melakukan riset pasar, kita akan menemukan semua informasi yang ada di pasar. Karena sudah mengetahui sebagian besar informasi yang ada di pasar, kita akan dapat meminimalkan risiko pada bisnis.

Misalnya saja, setelah melakukan riset pasar di daerah yang akan menjadi tempat bisnis, kita menemukan memang belum ada produk seperti yang akan kita jual. Namun ternyata, itu alasannya adalah karena pasar memang tidak membutuhkannya sehingga semua usaha seperti yang akan kita bangun biasanya akan kolaps di tempat itu.

Nah, setelah kita mengetahui hal ini maka pilihan kita ada dua, yaitu pindah tempat atau ganti produk supaya tidak menerima risiko yang berat nantinya.

4. Mengukur reputasi

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelah melakukan riset pemasaran, kita juga akan dapat mengukur seberapa besar reputasi dan pengaruh kita di pasar tersebut. Apakah kita termasuk dalam bisnis yang ditakuti oleh pesaing atau malah seperti tidak dianggap.

Dengan ini, kita dapat membangung persepsi kepada para pesaing dan para pelanggan.

5. Mengidentifikasi potensi masalah

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Belanja Online/Belanja di e-commerce. (IDN Times/Aditya Pratama)

Manfaat lain dari riset pasar ini adalah mampu mengidentifikasi potensi masalah yang ada di pasar jika membangun bisnis di dalamnya.

Kita juga bisa berekspektasi pada respon dari para pelanggan terhadap produk sebelum meluncurkan produk baru. Jadi, kita akan dapat merencanakan solusi pada masalah yang mungkin akan dihadapi.

6. Merencanakan ke depan dengan lebih baik

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Belanja Online/Belanja di e-commerce. (IDN Times/Aditya Pratama)

Riset pemasaran juga akan membantu dalam merencanakan bisnis ke depan supaya lebih baik.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, riset pasar ini tidak hanya dilakukan pada awal bisnis dibangun, namun juga harus dilakukan secara terus menerus supaya mengetahui kondisi terkini yang ada di pasar. Tujuannya adalah supaya bisnis bisa tetap bertahan.

7. Membangun tren

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika melakukan riset pasar ini secara rutin dan terus-menerus, maka kita akan mendapatkan data yang akurat. Dengan data ini, kita akan tahu kira-kira apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

Keuntungan dari memiliki data pasar ini adalah kita dapat mempengaruhi dan membangun tren di pasar tersebut sehingga kita akan mendapatkan profit maksimal dan mampu mempertahankan bisnis.

8. Membangun posisi di pasar

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Melakukan riset pasar juga sangat penting untuk mengetahui seberapa jauh posisi bisnis kita di pasar. Informasi yang didapatkan dari riset pasar ini dapat membantu kita menentukan posisi yang kita mau dan ini tentunya harus dibarengi dengan sumber daya yang cukup.

Setelah mengetahui posisi bisnis kita di pasar, kita dapat menentukan tindakan apa yang benar dan harus dilakukan.

9. Melakukan hal persuasif

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Setiap produk pasti membutuhkan logo, tagline dan hal-hal lain yang bersifat persuasif atau mengajak para pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Jadi, dengan melakukan riset pasar ini kita akan dapat menemukan banyak hal yang persuasif, namun tetap memenuhi kebutuhan para pelanggan. Perlu diingat, bahkan hal kecil seperti nama merek yang digunakan juga bisa berpengaruh besar pada calon pembeli.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum Berbisnis

10. Menemukan kompromi

10 Manfaat Riset Pasar Bagi Keberlangsungan Bisnis Kamu, Yuk Lakukan!Ilustrasi Pebisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kita juga bisa melakukan berbagai kompromi dengan melakukan riset pasar.

Kompromi sangat penting supaya kita bisa membangun persepsi dan posisi di pasar nantinya. Kita juga bisa melakukan kompromi dengan para pesaing dan para calon pelanggan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Sistem Pembayaran yang Sering Dipakai di Indonesia 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya