Comscore Tracker

5 Cara Manfaatkan THR Akhir Tahun secara Optimal

Bisa diinvestasikan agar dana bertambah

Jakarta, IDN Times – Hari besar bisa jadi sumber uang besar bagi sejumlah orang karena adanya tunjangan hari raya (THR). Salah satu hari di mana THR cair termasuk di akhir tahun seperti sekarang ini.

Sayangnya, di akhir tahun juga sering banyak toko-toko memajang produk dengan potongan harga alias diskon besar, membuat THR cepat menguap. Untuk menghindari hal itu terjadi, berikut ada lima tips yang bisa dilakukan agar uang THR tidak sekedar lewat, menurut Lifepal.co.id.

Baca Juga: Pajak THR dan Cara Menghitungnya 

1. Lunasi utang konsumtif

5 Cara Manfaatkan THR Akhir Tahun secara OptimalIlustrasi uang, rupiah (IDN Times/Shemi)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Melunasi utang adalah salah satu hal paling bermanfaat yang bisa dilakukan dengan uang THR. Apalagi jika bunga utang itu besar. Sebab jika dibiarkan, utang konsumtif tidak akan menambah nilai aset, yang ada malah akan menciptakan pengeluaran pasif.

Utang konsumtif berbunga besar bisa termasuk payday loan dari perusahaan fintech pinjaman online, utang kartu kredit, atau utang lain yang ditujukan untuk kegiatan konsumtif.

Namun, saat melunasi utang, jangan lupa untuk perhatikan pula biaya penalti yang akan dikenakan pihak pemberi kredit. Hal ini penting dilakukan agar jangan sampai biaya penalti yang dibayarkan terlampau tinggi dan akhirnya membuat pengeluaran menjadi jauh lebih besar lagi.

2.Menabung untuk dana darurat

5 Cara Manfaatkan THR Akhir Tahun secara OptimalIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Dana darurat adalah dana tabungan yang wajib dimiliki semua orang karena siapapun pasti akan dihadapkan pada hal-hal tidak terduga, yang bisa jadi menelan banyak dana. Untuk itu, memiliki tabungan dana darurat adalah hal yang penting. Semakin besar jumlahnya, maka akan semakin baik pula.

Menurut laporan, jumlah dana darurat yang tepat untuk dimiliki tiap orang adalah sekitar 15 hingga 20 persen dari kekayaan bersih.

“Bila jumlahnya sudah mencapai 15 hingga 20 persen dari kekayaan bersih, maka tandanya sudah sehat, namun jika belum gunakan saja beberapa persen dari dana THR untuk menambah tabungan kamu,” jelas Lifepal.

Baca Juga: 5 Tips supaya Kamu Gak Bokek di Akhir Tahun 

3. Mendaftar asuransi jiwa

5 Cara Manfaatkan THR Akhir Tahun secara OptimalIlustrasi uang, rupiah (IDN Times/Shemi)

Mendaftarkan diri untuk memiliki asuransi jiwa adalah bentuk melindungi diri terbaik. Bahkan menurut Lifepal, ini merupakan sebuah kewajiban, dan menggunakan uang THR untuk asuransi juga merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Namun demikian, dalam memilih asuransi jiwa, perlu diperhatikan besaran akan kebutuhan uang pertanggungan. Jangan lupa juga pilih asuransi jiwa yang memang sesuai dengan kebutuhan, termasuk besaran preminya.

Premi biasanya bisa dibayarkan dengan berbagai cara, baik tahunan maupun bulanan. Ketika membayar secara tahunan, biasanya ada peluang untuk mendapatkan harga premi yang lebih murah. Oleh karenanya bisa gunakan uang THR untuk membayar premi tersebut.

Tapi, bila sudah memiliki asuransi jiwa, maka lakukan bedah polis untuk mengetahui apakah manfaatnya sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Jika sudah, coba tinjau ulang kebutuhan proteksi dari segi lain, seperti standarnya dan hal lainnya.

4. Berinvestasi

5 Cara Manfaatkan THR Akhir Tahun secara OptimalIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Berinvestasi jelas lebih baik daripada menghamburkan uang untuk bersenang-senang di akhir tahun. Sebab dengan berinvestasi, ada kemungkinan uang THR akan bertambah.

Saat ini sudah ada banyak sekali cara mudah untuk berinvestasi, yaitu bisa melalui bank ataupun langsung melalui aplikasi yang banyak tersedia. Beberapa aset yang bisa dipilih untuk investasi termasuk reksa dana, saham, logam mulia, dan aset-aset lain yang nilainya akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Akan tetapi, ketahui bahwa investasi sebaiknya dilakukan setelah dana darurat dan proteksi sudah dimiliki. Pastikan juga bahwa aset-aset yang dibeli sudah didasari pada tujuan investasinya ataupun jangka waktunya, baik jangka pendek, menengah, atau panjang.

Baca Juga: Takut Investasi Bodong? Coba Investasi di Sukuk Ritel SR013

5. Gunakan untuk perayaan penting

5 Cara Manfaatkan THR Akhir Tahun secara OptimalIlustrasi Keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Jika sudah bisa melakukan keempat tips di atas dan masih ada dana tersisa, maka lebih baik gunakan untuk dihabiskan dengan keluarga. Misalnya untuk mengadakan pesta keluarga di malam tahun baru, bertukar kado, jalan-jalan di akhir tahun, ataupun membeli barang yang terkait hobi.

Hal-hal semacam itu perlu dilakukan sesekali karena bisa membuat bahagia. Namun demikian, jangan lupa untuk menghitung secara rinci pengeluaran yang dibutuhkan agar tidak sampai kebablasan apalagi sampai harus meminjam dari orang lain.

“Patut diketahui pula bahwa, di masa pandemi aktivitas jalan-jalan di akhir tahun bisa saja Anda singkirkan sementara waktu mengingat penyebaran wabah COVID-19 juga masih tinggi. Di samping itu, pengeluaran Anda untuk bepergian juga diprediksi lebih tinggi karena adanya kewajiban tes COVID-19,” jelas Lifepal.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya