Comscore Tracker

5 Pekerjaan yang Bisa Bantu Hasilkan Uang dari Rumah

Pekerjaan ini tidak memerlukan modal besar

Jakarta, IDN Times - Ketika virus corona (COVID-19) dinyatakan sebagai pandemik, banyak bisnis terpengaruh, beberapa kantor meminta karyawan bekerja dari jarak jauh. Hal ini membuktikan bahwa pekerjaan dari jarak jauh memang mungkin dilakukan.

Hal itu juga memungkinkan orang-orang punya peluang mendapat pekerjaan tanpa harus ke kantor, atau pekerjaan jarak jauh. Pekerjaan itu tidak melulu membuat kita terikat pada suatu perusahaan atau instansi, karena ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai sampingan.

Hal-hal ini mungkin terjadi karena adanya internet. Di era industri 4.0 ini hampir seluruh kegiatan, termasuk pekerjaan membutuhkan koneksi internet. Walhasil, banyak sekali peluang mendapatkan pekerjaan jarak jauh yang bisa dimanfaatkan.

Berikut adalah 5 pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak jauh dan hanya mengandalkan jaringan internet.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Tagihan Internet yang Melonjak karena WFH

1. Asisten virtual

5 Pekerjaan yang Bisa Bantu Hasilkan Uang dari RumahIlustrasi Bekerja (IDN Times/Sukma Shakti)

Asisten virtual melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan asisten pada umumnya, seperti tugas administratif yang membantu suatu perusahaan mengatur berbagai hal. Namun bedanya, seperti namanya, asisten virtual melakukan pekerjaan yang terhubung ke internet alias virtual.

Di tengah pandemik ini, ada banyak sekali perusahaan besar yang telah menggunakan jasa asisten virtual. Menurut Asosiasi Asisten Virtual Internasional, para pekerja ini adalah kontraktor independen yang (dari lokasi terpencil, biasanya rumah atau kantor mereka) mendukung banyak klien di berbagai industri dengan menyediakan layanan administratif, kreatif, dan teknis.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan asisten virtual termasuk menulis dan menanggapi email, membuat dan mendistribusikan dokumen terkait bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten, dan banyak lagi.

2. Ahli transkripsi medis

5 Pekerjaan yang Bisa Bantu Hasilkan Uang dari RumahIlustrasi bekerja di rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Medical Transcriptionist atau ahli transkripsi medis biasanya mengerjakan hal-hal terkait proses transkrip laporan medis yang disuarakan dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya.

Jenis pekerjaan ini sangat cocok untuk orang-orang dengan keterampilan mengetik dengan pengetahuan medis yang baik. Perusahaan yang menyewa untuk pekerjaan transkripsi medis dari rumah biasanya memerlukan pengalaman/sertifikasi. 

Laporan medis itu bisa berupa file suara, catatan selama kuliah atau materi lisan lainnya.

3. Penerjemah

5 Pekerjaan yang Bisa Bantu Hasilkan Uang dari RumahIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, sebagaimana dilaporkan The Simple Dollar, sebagian besar penerjemah melakukan pekerjaan mereka di rumah. Meski begitu, mereka biasanya memiliki tenggat waktu kerja yang ketat.

Untuk menjadi penerjemah pun sangat mudah, modalnya hanya berupa keahlian bahasa.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa Menyenangkan

4. Pengembang atau developer web

5 Pekerjaan yang Bisa Bantu Hasilkan Uang dari RumahIlustrasi pemakaian internet (IDN Times/Arief Rahmat)

Membangun situs web sendiri cukup mudah dilakukan, karena bisa dipelajari dari banyak kelas online gratis. Namun, tidak banyak orang yang memiliki kemampuan membangun situs mereka sendiri atau tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

Itulah sebabnya begitu banyak orang mencari nafkah dengan membangun situs web dan blog untuk orang lain.

Untuk melakukan pekerjaan ini, pengembang bisa melakukannya dari rumah atau di mana saja selama memiliki laptop dan koneksi internet yang cepat.

5. Penulis lepas

5 Pekerjaan yang Bisa Bantu Hasilkan Uang dari RumahIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Penulis lepas merupakan pekerjaan yang banyak dicari. Biasanya para penulis lepas (freelancer) diminta membuat artikel berita, membuat konten, dan menghasilkan ide-ide kreatif yang memenuhi halaman hampir setiap situs di Internet. Saat ini juga semakin banyak media yang menggunakan jasa penulis dan pembuat konten lepas.

Untuk dapat menjadi penulis lepas, hal utama yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis. Selain itu, dibutuhkan juga ambisi, kemampuan untuk menemukan sudut pandang unik tentang peristiwa yang terjadi setiap hari, dan pengalaman menulis. 

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Tagihan Internet yang Melonjak karena WFH

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya