Comscore Tracker

Baru Mulai Investasi Bitcoin Cs? Begini Cara Belinya

Bisa beli melalui bursa cryptocurrency, lho!

Jakarta, IDN Times – Berinvestasi dalam Bitcoin atau mata uang digital (cryptocurrency) lainnya merupakan hal yang menarik dilakukan karena bisa memberikan pengembalian yang sangat tinggi dalam waktu singkat.

Namun, bagaimana cara membeli Bitcoin dan cryptocurrency lainnya? Berikut adalah tips untuk membeli Bitcoin cs dengan mudah melalui bursa crypto.

Baca Juga: Selain Bitcoin, Ini 5 Cryptocurrency yang Juga Populer

1. Cari bursa crypto yang tepat

Baru Mulai Investasi Bitcoin Cs? Begini Cara BelinyaZipmex (Sc: Rehia Sebayang)

Bursa merupakan tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli aset investasi. Seperti bursa pada umumnya, bursa cryptocurrency bertindak sebagai wadah untuk menaungi jual-beli cryptocurrency.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan perdagangan cryptocurrency. Namun, baru 13 yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Mereka yaitu PT Crypto Indonesia Berkat, PT Upbit Exchange Indonesia, PT Tiga Inti Utama, PT Indodax Nasional Indonesia, PT Pintu Kemana Saja, dan PT Zipmex Exchange Indonesia.

Kemudian ada PT Bursa Cripto Prima, PT Luno Indonesia LTD, PT Rekeningku Dotcom Indonesia, PT Indonesia Digital Exchange, PT Cipta Koin Digital, PT Trinity Investama Berkat, dan PT Plutonext Digital Aset.

2. Bandingkan tiap bursa

Baru Mulai Investasi Bitcoin Cs? Begini Cara BelinyaBinance.com

Sebelum membeli aset crypto, ada baiknya memperhatikan setiap ketentuan yang ada di masing-masing bursa. Biasanya ada beberapa hal yang berbeda dalam tiap platform jual-beli cryptocurrency, misalnya seperti koin apa saja yang diperjual-belikan.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan biaya dalam transaksi hingga ketersediaan layanan pelanggan karena tiap bursa memiliki aturan yang berbeda-beda.

3. Buat sebuah akun

Baru Mulai Investasi Bitcoin Cs? Begini Cara BelinyaIlustrasi Mata Uang Kripto/Cryptocurrency. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jika sudah menemukan bursa cryptocurrency yang tepat, hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membuat akun di bursa tersebut.

Dalam pembuatan akun, biasanya akan perlu memverifikasi alamat email dan identitas. Layaknya mendaftar ke bank secara online. Oleh karenanya, perlu untuk menyiapkan foto identitas diri dan ponsel dengan jaringan internet yang baik.

4. Lakukan deposit

Baru Mulai Investasi Bitcoin Cs? Begini Cara BelinyaBCA Mobile (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Setelah akun diverifikasi, pengguna/nasabah dapat menyetor dana yang ingin diinvestasikan ke dalam cryptocurrency.

Dana yang disetor dalam bentuk mata uang fiat atau mata uang yang biasa digunakan sehari-hari. Metode pengisian dana ini bisa dilakukan melalui transfer bank, kartu debit, hingga kartu kredit, tergantung layanan yang disediakan masing-masing bursa.

Baca Juga: Sederet Penyebab Harga Cryptocurrency Tumbang, Ada Larangan Tiongkok!

5. Saatnya beli Bitcoin cs

Baru Mulai Investasi Bitcoin Cs? Begini Cara BelinyaPixabay/tom bark

Setelah dana berhasil ditransfer, hal selanjutnya yaitu melakukan pembelian cryptocurrency yang diinginkan. Biasanya, bursa cryptocurrency memungkinkan pembelian kecil, misalnya mulai dari senilai Rp100 ribu saja.

Proses pembelian cryptocurrency menggunakan bursa digital pun tidak sulit, cukup meng-klik tombol beli dan mengisi data pembelian, seperti jenis koin digital yang dibeli hingga berapa banyak dana yang ingin dihabiskan untuk koin itu.

Namun perlu dicatat, pergerakan cryptocurrency sangatlah cepat. Oleh karenanya disarankan untuk cermat sebelum membeli, dan ada baiknya melakukan pembelian di saat harganya sedang rendah.

Baca Juga: Sebelum Membeli Dogecoin, Pertimbangkan 3 Hal Ini

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya