Comscore Tracker

Dikabarkan Mau Merger dengan Bridgetown, Apa Kata Tokopedia?

Tokopedia merupakan salah satu raksasa e-commerce Indonesia

Jakarta, IDN Times - Bridgetown Holdings Ltd., perusahaan blank-check yang didukung  miliarder Richard Li dan Peter Thiel, sedang mempertimbangkan kemungkinan merger dengan raksasa e-commerce Indonesia PT Tokopedia, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Sumber itu mengatakan perusahaan sedang menjajaki struktur dan kelayakan kesepakatan dengan Tokopedia, sebagaimana dilaporkan Bloomberg, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga: Gedung DPR Dijual di E-commerce, Ini Kata Bukalapak dan Tokopedia

1. Tanggapan Tokopedia

Dikabarkan Mau Merger dengan Bridgetown, Apa Kata Tokopedia?Tokopedia.com

Tokopedia  sendiri telah  mendapatkan dukungan investasi dari berbagai sumber, termasuk SoftBank Group Corp. Sumber-sumber itu mengatakan Tokopedia dapat dihargai senilai 8 miliar-10 miliar dolar AS dalam sekali transaksi.

Saat ditanya tanggapannya atas rencana merger ini, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan tidak bisa memberikan komentar.

“Kami tidak berkomentar untuk spekulasi atau rumor pasar,” katanya dalam sebuah pernyataan kepada IDN Times, Rabu.

2. Pembicaraan masih tahap awal

Dikabarkan Mau Merger dengan Bridgetown, Apa Kata Tokopedia?Tokopedia. (Dok.IDN Times)

Sumber-sumber itu melanjutkan bahwa meski Tokopedia masuk dalam target merger, namun pembicaraan mereka masih berada pada tahap awal dan Bridgetown masih bisa mencari target potensial lainnya.

Miliarder Hong Kong Li sebelumnya telah menjadi investor minoritas di Tokopedia, tambah para sumber. Li merupakan pemimpin dari Pacific Century Group, pemilik mayoritas perusahaan asuransi jiwa FWD Group Ltd.

Sementara itu Peter Thiel merupakan pengusaha Amerika yang juga merupakan salah satu pendiri PayPal.

Baca Juga: Cara Mudah Ganti Nama Toko di Tokopedia  

3. Saham Bridgetown melonjak tajam

Dikabarkan Mau Merger dengan Bridgetown, Apa Kata Tokopedia?Ilustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Pengumuman itu membawa dampak yang besar pada harga saham Bridgetownyang  sempat melonjak sebanyak 31,5 persen di bursa New York pada hari Selasa. Ini adalah kenaikan terbesar yang pernah ada. Namun saham kemudian ditutup hanya naik 25,7 persen.

Bridgetown melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di bursa AS pada bulan Oktober. Pada saat itu perusahaan mengumpulkan 550 juta dolar AS.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Umi Kalsum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya