Comscore Tracker

Eks Istri Jeff Bezos Sumbang Kekayaan Lebih dari Rp58 Triliun 

Wanita dermawan ini bernama Mackenzie Scott 

Jakarta, IDN Times – Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott, mengumumkan kontribusi amal besar keduanya tahun ini pada Selasa (15/12/2020). Dalam pengumuman itu ia mengatakan, telah memberikan hampir 4,2 miliar dolar atau lebih dari Rp58 triliun kepada 384 organisasi.

Sumbangan itu merupakan bagian dari rencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya, lapor CNN, Selasa.

“Pandemik telah menjadi bola perusak dalam kehidupan orang Amerika yang sudah menghadapi tantangan,” tulis Scott dalam postingannya di Medium. “Kerugian ekonomi dan dampak kesehatan sama-sama lebih buruk bagi wanita, orang kulit berwarna, dan orang yang hidup dalam kemiskinan. Sementara itu, hal itu secara substansial telah meningkatkan kekayaan para miliarder.”

Baca Juga: Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Dunia

1. Sumbangan sebelumnya 1,7 miliar dolar AS

Eks Istri Jeff Bezos Sumbang Kekayaan Lebih dari Rp58 Triliun Jeff Bezos dan Mackenzie Bezos. inc.com

Scott mengumumkan soal sumbangan tersebut hanya empat bulan setelah ia mengumumkan sumbangan lainnya yang juga bernilai sangat besar.

Sebelumnya pada bulan Juli, Scott menyumbangkan 1,7 miliar dolar AS kepada 116 organisasi, termasuk empat perguruan tinggi dan universitas kulit hitam (HBCU).

Bersama sumbangan terbaru, total dana yang telah disumbangkan oleh Scott kepada sejumlah organisasi di seluruh negeri dalam empat bulan terakhir berjumlah lebih dari 4,16 miliar dolar AS.

2. Penerima sumbangan

Eks Istri Jeff Bezos Sumbang Kekayaan Lebih dari Rp58 Triliun Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam postingannya, Scott memuat daftar yang diisi ratusan organisasi yang menerima dananya. Itu termasuk lembaga penyedia layanan keuangan untuk komunitas yang kekurangan sumber daya, pendidikan untuk individu yang secara historis terpinggirkan dan kurang terlayani, kelompok advokasi hak-hak sipil dan lembaga pembelaan hukum yang menangani diskriminasi kelembagaan.

Menurut laporan, Scott dan timnya memeriksa lebih dari 6.490 organisasi untuk menentukan kelompok mana yang akan menerima donasinya.

Proses tersebut menggabungkan data dengan saran dan perspektif ahli lapangan, penyandang dana dan pemimpin nirlaba serta relawan dengan pengalaman puluhan tahun, katanya.

“Kami melakukan penelitian ini dan ketekunan yang lebih dalam tidak hanya untuk mengidentifikasi organisasi dengan potensi dampak tinggi, tetapi juga untuk membuka jalan bagi hadiah yang tidak diminta dan tidak terduga yang diberikan dengan kepercayaan penuh dan tanpa pamrih,” kata Scott dalam postingannya. “Saat penelitian kami didorong oleh data dan ketat, proses memberi kami dilakukan secara manusiawi dan lembut.”

Baca Juga: Jeff Bezos Hibahkan Hampir Rp11 Triliun untuk Isu Perubahan Iklim

3. Orang terkaya ke-18 di dunia

Eks Istri Jeff Bezos Sumbang Kekayaan Lebih dari Rp58 Triliun Bill Gates, Warren Buffett, dan Melinda Gates. instagram.com/thisisbillgates

Scott, yang adalah seorang penulis, juga merupakan orang terkaya ke-18 di dunia. Kekayaan bersihnya mencapai 60,7 miliar dolar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Kekayaannya itu telah melonjak sebagian besar karena saham Amazon yang dimilikinya juga telah melonjak selama pandemik. Scott menerima seperempat saham Amazon dari Bezos setelah perceraian mereka pada tahun 2019.

Tahun lalu, Scott berkomitmen pada inisiatif Giving Pledge. Diluncurkan oleh Warren Buffett bersama Bill dan Melinda Gates, program ini mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya